Cetak Pembalap Nasional, NTB Gelar Lombok Sumbawa Motocross 2023

Dimeriahkan event trabas dengan ribuan peserta

Jakarta, IDN Times - Dinas Pariwisata NTB bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) akan menggelar event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023. Ajang balap motocross tingkat nasional itu diharapkan dapat mencetak pembalap-pembalap Indonesia yang mampu bersaing di tingkat regional dan internasional.

Apalagi, NTB sejak dua tahun terakhir menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP). Pada 2023, dua seri gelaran MXGP digelar di Sirkuit Samota Sumbawa dan Sirkuit Selaparang Kota Mataram.

1. Lahirkan pembalap nasional

Cetak Pembalap Nasional, NTB Gelar Lombok Sumbawa Motocross 2023Kick Off event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 di Sarinah Jakarta, Rabu malam (8/11/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat Eddy Saputra mengatakan beberapa kali NTB sudah menggelar event MXGP. Penyelenggaraan event balap motocross bergengsi di dunia itu memang tidak mudah. Tetapi NTB mampu menjadi tuan rumah yang baik untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

"Kegiatan Lombok Sumbawa Motocross Competition ini akan melahirkan pembalap berkelas di tingkat nasional. IMI terus mendidik tenaga lokal menjadi bagian balap motor ini," kata Eddy saat Kick Off Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 di Sarinah Jakarta, Rabu malam (8/11/2023).

Pada gelaran event balap baik MXGP dan MotoGP, kata Eddy, sekitar 99 persen marshal merupakan tenaga lokal yang berasal dari NTB dan Indonesia. IMI menargetkan nantinya 100 persen Marshal merupakan tenaga lokal.

Baca Juga: Perputaran Uang saat Event MXGP di NTB Sebesar Rp169,42 Miliar 

2. Sasar 4 kota besar di Pulau Jawa

Cetak Pembalap Nasional, NTB Gelar Lombok Sumbawa Motocross 2023Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi mengatakan event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 akan dilaksanakan pada 24 - 26 November mendatang. Para peserta berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Untuk meramaikan event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023, Jamaluddin mengatakan dilakukan promosi di empat kota besar yang berada di Pulau Jawa yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

"Maksudnya apa dilakukan begini? Karena ini event balap motocross nasional. Tentu harapan kami pada saat kita melaksanakan event motocross nanti pesertanya banyak datang dari seluruh nusantara," terang Jamaluddin.

3. Targetkan event trabas motor trail diikuti ribuan peserta

Cetak Pembalap Nasional, NTB Gelar Lombok Sumbawa Motocross 2023Trabasan lautan pasir Bromo bersama Yamaha. (Dok. Moto East Java)

Untuk memeriahkan Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023, pihaknya juga menggelar side event trabas motor trail. Side event trabas ini juga akan diikuti peserta dari seluruh Indonesia tanpa dipungut biaya pendaftaran.

Biasanya, peserta dipungut biaya pendaftaran sebesar Rp400 ribu sampai Rp500 ribu per orang. Kegiatan trabas ini akan melewati sejumlah destinasi wisata NTB mulai dari Sembalun Lombok Timur dan finish di eks Bandara Selaparang Kota Mataram.

"Tujuannya supaya destinasi wisata kita di pulau Lombok yang begitu banyak dapat dieksplor oleh para peserta. Pendaftaran itu kita ganti mereka wajib punya video pendek terkait destinasi wisata dan dishare di media sosial," terang Jamaluddin.

Pihaknya menargetkan jumlah peserta yang ikut trabas sekitar 2.000 sampai 3.000 orang. "Belum lagi kegiatan touring komunitas motor di Sumbawa. Sama juga dapat door prize. Finish di pantai Seliper Ate Sumbawa," ucap Jamaluddin.

Plt. Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf Ni Komang Ayu Astiti menyambut event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023. Menurutnya, kegiatan event olahraga yang digelar di NTB semakin memperkuat NTB sebagai destinasi sport tourism di Indonesia.

Ia berharap event sport tourism yang digelar di NTB dapat terus berkelanjutan. Untuk itu, perlu promosi yang masif kepada masyarakat agar lebih banyak penonton yang datang ke NTB. Penonton yang datang ke NTB bukan hanya menyaksikan event balap motocross tetapi juga menikmati desa wisata dan budaya.

Baca Juga: Suspek Cacar Monyet di Lombok, Dinkes NTB Kirim Sampel ke Kemenkes 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya