Calon Pengantin Perempuan di Lombok Ternyata Seorang Pria  

Identitas terbongkar setelah prosesi adat nyelabar

Lombok Tengah, IDN Times - Pernikahan warga Dusun Bunsalak Desa Jago Kecamatan Praya Lombok Tengah di Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah bikin heboh. Bagaimana tidak, calon pengantin perempuan bernama Nisa Erlina (18) ternyata bukanlah wanita sejati, tetapi seorang pria. 

Mempelai pria inisial N (30) memperkenalkan pasangannya untuk dinikahi pada Kamis 7 September 2023 lalu. Hingga terbongkar bahwa pasangannya ini adalah seorang pria yang membuat pernikahan dibatalkan.  

Dalam foto-foto yang beredar, Nisa Erlina terlihat seperti seorang perempuan pada umumnya. Ia mengenakan jilbab lebar dan kosmetik cukup tebal hingga diketahui nama sebenarnya adalah Zaki yang berdomisili di Desa Krame Jati Kecamatan Pujut Lombok Tengah.

1. Penyamaran identitas pengantin palsu ketahuan saat prosesi Nyelabar

Calon Pengantin Perempuan di Lombok Ternyata Seorang Pria  Kepala Dusun Bunsalak Desa Jago Muhammad Toha. (dok. Istimewa)

Kepala Dusun Bunsalak Desa Jago Muhammad Toha mengatakan, identitas calon pengantin palsu ini terungkap saat keluarga menggelar prosesi Nyelabar

Nyelabar merupakan ritual adat di Pulau Lombok ketika ada warga akan melaksanakan pernikahan. Keluarga mempelai pria bersama kepala dusun dan tokoh adat mendatangi kediaman mempelai perempuan guna mengabarkan anaknya akan menikah. 

Proses adat sempat tertunda dua pada Jumat (8/9/2023) dan Sabtu (9/9/2023) hingga teralisasi pada Minggu (10/9/2023) lalu. 

Rombongan mempelai pria mengunjungi rumah keluarga mempelai perempuan di Desa Krame Jati Kecamatan Pujut Lombok Tengah. Sebelumnya, mereka sudah mengonfirmasi kesediaan pasangan mempelai melangsungkan pernikahan tanpa ada paksaan. 

Baca Juga: Jasad Bayi Malang Ditemukan di Pinggiran Sungai di Sumbawa Barat  

2. Identitas calon pengantin wanita terbongkar

Calon Pengantin Perempuan di Lombok Ternyata Seorang Pria  Calon pengantin mempelai wanita yang ternyata seorang pria. (dok. Istimewa)

Prosesi Nyelabar ini akhirnya bisa mengungkap identitas Nisa Erlina yang sesungguhnya seorang pria bernama Zaki. Masyarakat di Desa Krama Jati tidak ada yang mengenal warganya bernama Nisa Erlina. 

Keluarga menempati rumah sesuai alamat mempelai perempuan mengaku tidak mengenal perempuan bernama Nisa Erlina. Selama ini, keluarga ini hanya memiliki seorang anak bernama Zaki yang identitas fisiknya identik dengan Nisa Erlina. 

Dari situlah ketahuan bahwa kedua nama berbeda ini sebenarnya adalah satu orang yang sama. 

3. Orangtua mengaku anaknya sempat hilang dua hari

Calon Pengantin Perempuan di Lombok Ternyata Seorang Pria  ilustrasi perkawinan (IDN Times/Aditya Pratama)

Karena penasaran sekaligus memastikan, Toha pun berinisiatif melakukan panggilan video dengan Nisa Erlina yang berada di rumah mempelai pria. Namun ia sepertinya ketakutan sekaligus menghindar agar wajahnya tidak tayang di layar telepon. 

Nisa Erlina terus menutupi wajahnya agar tidak dikenali. 

Hal tersebut makin meyakinkan rombongan mempelai pria untuk membatalkan rencana pernikahannya dengan pasangannya. Pengantin pria curiga calon mempelainya bukanlah perempuan sejati seperti pengakuannya selama ini. 

"Bapaknya bilang tidak ada anaknya perempuan. Tidak ada yang namanya Nisa Erlina. Kemudian diceritakan anaknya yang hilang sejak Jumat, dua hari yang lalu. Jangan-jangan Zaki," tuturnya.

Baca Juga: Pendaki Tewas di Gunung Rinjani Diduga karena Kelelahan 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya