Bule Jerman Jatuh dari Tebing Air Terjun di Lombok, Alami Patah Tulang

Korban jatuh di tebing yang curam

Lombok Utara, IDN Times - Seorang bule berkebangsaan Jerman inisial AM (72) jatuh dari tebing Air Terjun Kertagangga, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (19/4/2023). Akibat peristiwa tersebut membuat korban mengalami patah tulang.

Kapolres Lombok Utara Ajun Komisaris Besar Pol I Wayan Sudarmanta mengatakan, polisi menerima peristiwa nahas tersebut sehingga anggota Satuan Samapta melakukan respons cepat. Polisi bersama tim SAR dan tim medis langsung menuju tempat kejadian bencana. 

1. Warga mendengar suara teriakan minta tolong

Bule Jerman Jatuh dari Tebing Air Terjun di Lombok, Alami Patah TulangProses evakuasi korban. (dok. Polres Lombok Utara)

Kronologi peristiwa tersebut bermula saat warga bernama Agus Budiawan mendengar suara teriakan meminta tolong. Kebetulan saat itu saksi ini sedang berada di sekitar tempat kejadian perkara (TKP). 

Kemudian Agus Budiawan melakukan pengecekan dan melihat seorang bule perempuan yang jatuh dari jalan tangga kayu ke tebing air terjun. Karena tebing yang sempit, Agus Budiawan memanggil warga Dusun Kerta Raharja dan menghubungi aparat kepolisian, tim SAR dan medis.

Baca Juga: Warga Muhammadiyah Kota Mataram Padati Salat Id di Kampus UMMAT  

2. Korban dievakuasi dari tebing yang curam

Bule Jerman Jatuh dari Tebing Air Terjun di Lombok, Alami Patah TulangPolisi bersama Tim SAR dan Tim Medis mengevakuasi korban. (dok. Polres Lombok Utara)

Selanjutnya, tim SAR mencoba mengevakuasi korban secara hati-hati mengingat lokasi kejadian sempit dan curam. 

Saat dievakuasi, posisi korban berada di bawah jurang sempit di bawah jembatan kayu. Kemudian Satuan Samapta, tim SAR, dan medis berhasil melakukan evakuasi terhadap korban sekitar pukul 11.00 Wita. Korban dievakuasi ke lokasi yang datar.

3. Korban mengalami patah tulang

Bule Jerman Jatuh dari Tebing Air Terjun di Lombok, Alami Patah Tulangilustrasi patah tulang (unsplash.com/Harlie Raethel)

Akibat kejadian itu, korban mengalami patah tulang pada bahu sebelah kiri. Korban juga mengalami patah tulang pada kaki kiri karena korban terjatuh dari tebing yang curam dan banyak bebatuan.

"Pukul 11.11 Wita, guna memberikan pelayanan Polri kepada masyarakat, Satuan Samapta bersama tim langsung membawa korban ke Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung guna mendapat pertolongan pertama," terangnya.

Baca Juga: Penumpang Bandara Lombok Melonjak 32 Persen Jelang Lebaran

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya