BMKG: Cuaca saat Pencoblosan di NTB Cerah Berawan hingga Hujan Sedang

BMKG sebut kabupaten/kota yang berpotensi diguyur hujan

Mataram, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Lombok memperkirakan cuaca saat hari pencoblosan pada 14 Februari 2024, cerah berawan hingga hujan sedang. Cuaca yang cerah berawan hingga hujan dlsedang berpotensi terjadi dari siang hingga malam hari.

"Berdasarkan data model untuk prakiraan cuaca di tanggal 14 Februari 2024 berpotensi cerah berawan hingga hujan sedang di wilayah NTB," kata Prakirawan BMKG Stasiun ZAM Lombok, Ari Wibianto dikonfirmasi IDN Times, Jumat (9/2/2024).

1. Hujan berpotensi turun di tujuh kabupaten di wilayah NTB

BMKG: Cuaca saat Pencoblosan di NTB Cerah Berawan hingga Hujan SedangIlustrasi hujan disertai angin kencang. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ari menyebut ada tujuh kabupaten/kota yang berpotensi turun hujan pada hari pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang. Ketujuh daerah itu adalah Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima.

BMKG Stasiun ZAM Lombok juga sebelumnya mengeluarkan peringatan dini kondisi cuaca selama sepekan ke depan mulai 8 - 14 Februari 2024. Pada 8 - 10 Februari 2024, cuaca umumnya diprakirakan cerah berawan hingga hujan lebat.

Hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Kota Mataram, Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima dan Kota Bima.

Suhu udara berkisar antara 23°C - 34°C. Angin permukaan bertiup dengan variasi arah dominan dari Selatan Barat Laut, dengan kecepatan angin maksimum mencapai 37 km/jam.

Baca Juga: 20 Juta Surat Suara Didistribusikan, NTB Siap Gelar Pemilu 2024

2. Prakiraan cuaca pada 11 - 14 Februari 2024

BMKG: Cuaca saat Pencoblosan di NTB Cerah Berawan hingga Hujan Sedangrain/pexels.com/Nur Andi Ravsanjani

Sedangkan pada 11 - 14 Februari 2024, cuaca di NTB diprakirakan cerah berawan hingga hujan lebat. Hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima dan Kota Bima.

"Suhu udara berkisar 23°C-33°C. Angin permukaan bertiup dengan variasi arah dominan dari Barat Daya – Barat Laut, dengan kecepatan angin maksimum mencapai 37 km/jam," terangnya.

3. Peringatan dini curah hujan tinggi

BMKG: Cuaca saat Pencoblosan di NTB Cerah Berawan hingga Hujan Sedangpixabay

Sementara, BMKG Stasiun Klimatologi NTB telah mengeluarkan peringatan dini curah hujan tinggi pada dasarian I Februari 2024. Sebagian besar wilayah NTB terpantau telah memasuki musim hujan 2023/2024 dan sebagian masih berada pada masa peralihan.

Untuk itu, masyarakat perlu mewaspadai adanya potensi bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat disertai angin kencang yang dapat terjadi secara tiba – tiba dan bersifat lokal, banjir dan tanah longsor.

Pada dasarian I Februari 2024 (1 – 10 Februari 2024) diprakirakan curah hujan dengan intensitas di atas 20 - 50 mm/dasarian dengan probabilitas kejadian di atas 90% berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi NTB.

Sedangkan peluang curah hujan di atas 100mm/dasarian berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Pulau Lombok bagian utara, Sumbawa bagian utara serta Bima bagian utara dengan probabilitas kejadian 50 – 90%.

Kemudian peluang curah hujan dengan intensitas di atas 150mm/dasarian dengan probabilitas kejadian sebesar 40-50% berpeluang terjadi di Tambora.

Baca Juga: 10 Pemda di NTB Usulkan 12.674 Formasi CPNS dan PPPK 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya