Beasiswa BIB dan Double Degree UIN Mataram, Ini Link Pendaftarannya!  

Beasiswa double degree bekerja sama dengan UUM Malaysia

Mataram, IDN Times - Kementerian Agama menunjuk Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai pengelola Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) dan Double Degree Tahun 2023.

UIN Mataram merupakan universitas yang kerja sama dengan Kemenag dan LPDP Kementerian Keuangan dalam membantu mahasiswa terkendala biaya. 

Rektor UIN Mataram Masnun mengatakan, BIB merupakan bentuk beasiswa skema penuh kolaborasi Kemenag RI dan LPDP Kemenkeu bagi pendaftar terpilih. BIB berupa pembiayaan program gelar (degree program) dan program gelar ganda (double degree) bagi para penerima potensial.

1. Program BIB untuk jenjang S1, S2 dan S3

Beasiswa BIB dan Double Degree UIN Mataram, Ini Link Pendaftarannya!  Rektor UIN Mataram Prof. Masnun. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Masnun menjelaskan, penetapan UIN Mataram sebagai pengelola BIB dan double degree berdasarkan keputusan Kementerian Agama RI, melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI.

Koordinasi Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag RI yang diselenggarakan Subdit Ketenagaan dengan Projec Managemen Unit (PMU) BIB.

"Program BIB di UIN Mataram diperuntukkan bagi jenjang S1 (Sarjana), S2 (Magister), dan S3 (Doktor). Sedangkan Program Double Degree untuk jenjang S2 (Magister) saja. Dan UIN Mataram saat ini tengah menyiapkan pengelolaan beasiswa tersebut," terang Masnun.

Baca Juga: Wisatawan Nakal Kebut-kebutan, Sepeda Listrik di Gili Trawangan Disita

2. Program studi pendaftaran BIB dan Double Degree di UIN Mataram

Beasiswa BIB dan Double Degree UIN Mataram, Ini Link Pendaftarannya!  Laman resmi kementrian agama Indonesia

Program studi di UIN Mataram pada pendaftaran beasiswa terdapat 4 prodi, di antaranya S1 Pendidikan Agama Islam (S1 PAI), S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah  (S1 PGMI), S2 Hukum Keluarga Islam (S2 HKI), dan S3 Pendidikan Agama Islam (S3 PAI).

Keempat prodi tersebut terakreditasi unggul di UIN Mataram.

Sedangkan untuk program beasiswa Double Degree di UIN Mataram yaitu Prodi Magister Pendidikan Agama Islam (S2 PAI), Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam (S2 MPI), Magister Ekonomi Syariah (S2 ES), dan Prodi S2 Komunikasi Penyiaran Islam (S2 KPI).

Program magister double degree ini, kata Masnun, bekerja sama dengan salah satu universitas terkemuka di Malaysia, yaitu Universiti Utara Malaysia (UUM).

3. Link pendaftaran beasiswa BIB dan Double Degree 2023

Beasiswa BIB dan Double Degree UIN Mataram, Ini Link Pendaftarannya!  Logo UIN Mataram

Sementara itu, Direktur Pascasarjana UIN Mataram Fahrurrozi menjelaskan, terpilihnya UUM karena memiliki pengelolaan yang baik. Termasuk pula penilaian tentang prestasi, memiliki peringkat tinggi, reputasi internasional bagus, dan sarana prasarana yang sangat lengkap.

“Untuk mendapatkan pendidikan tinggi bermutu di dalam dan luar negeri dalam waktu bersamaan silakan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa magister double degree, dan pendaftarannya di Pascasarjana UIN Mataram sudah dibuka tahun 2023 ini," kata Fahrurozi.

Program BIB dan magister double degree di UIN Mataram diperuntukkan bagi para pendidik, tenaga kependidikan, siswa, santri dan pemangku kepentingan di lingkungan Kemenag.

Program ini diharapkan dapat membantu Indonesia dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Era Revolusi Industri 4.0, sehingga pendaftarannya untuk masyarakat umum.

Para pendaftar beasiswa bisa mengakses https://beasiswa.kemenag.go.id/#. 

Baca Juga: Selain Smelter, AMNT Targetkan Pembangunan Bandara Tuntas 2024 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya