Banjir Bandang Terjang Sumbawa Barat, Ribuan Jiwa Terdampak 

Waspadai hujan lebat dan gelombang tinggi pada 28 - 30 April

Sumbawa Barat, IDN Times - Bencana banjir bandang menerjang Desa Seloto, Kecamatan Barang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, Jumat (28/4/2023). Banjir Bandang disebabkan curah hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Sumbawa Barat sekitar pukul 13.45 Wita.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa Barat Abdul Hamid Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sumbawa Barat saat ini sedang berada di lokasi banjir.

"Akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mulai pukul 13.45 Wita menyebabkan banjir bandang di Desa Seloto Kecamatan Brang Rea. Banjir melanda Desa Seloto mulai pukul 14.45 Wita sesuai dengan pantauan dan laporan anggota Satgas TRC BPBD yang saat itu berada di lokasi banjir," kata Hamid, Jumat (28/4/2023) sore.

1. Ribuan jiwa terdampak banjir bandang

Banjir  Bandang Terjang Sumbawa Barat, Ribuan Jiwa Terdampak Pemukiman warga di Desa Seloto Kecamatan Brang Rea Sumbawa Barat yang diterjang banjir bandang, Jumat (28/4/2023). (dok. BPBD Sumbawa Barat)

Ia menyebutkan banjir bandang melanda sembilan RT di Desa Seloto. Yaitu, yaitu RT. 01, RT. 06, RT. 09, RT. 10, RT. 11, 12, 13, 14 dan RT. 15. Adapun jumlah warga yang terdampak kurang lebih 500 Kepala Keluarga (KK) atau 1.500 jiwa.

"Laporan sementara, warga yang terdampak kurang lebih 500 KK atau kurang lebih 1.500 Jiwa. Adapun kerusakan masih dalam proses pendataan," sebut Hamid.

Baca Juga: Dianiaya, TKW NTB di Irak Minta Pertolongan Presiden dan Gubernur 

2. Banjir merendam rumah warga

Banjir  Bandang Terjang Sumbawa Barat, Ribuan Jiwa Terdampak Ilustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Banjir bandang yang terjadi merendam rumah warga. Namun, BPBD Sumbawa Barat masih melakukan pendataan rumah warga yang terendam banjir. Ketinggian air sampai di atas lutut orang dewasa.

BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid mengeluarkan peringatan dini hujan lebat disertai angin kencang selama periode 28 - 30 April 2023. Masyarakat diminta mewaspadai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok, Utara, Lombok Tengah, LombokTimur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota, Bima dan Dompu pada 28 - 29 April 2023.

Kemudian pada 30 April 2023, masyarakat diminta mewaspadai adanya potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, LombokTimur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima dan Dompu, Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok, Lombok Utara, dan Sumbawa Barat.

3. Masyarakat pesisir diminta waspada

Banjir  Bandang Terjang Sumbawa Barat, Ribuan Jiwa Terdampak Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Dengan adanya potensi terjadinya hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan arah angin bertiup dari tenggara - barat laut dengan kecepatan angin maksimum mencapai 35 km per jam. Masyarakat diminta untuk selalu tetap waspada dan berhati-hati dengan dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjr, tanah longsor, genangan air, angin kencang dan pohon tumbang.

Selain itu, pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, wisata bahari dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir supaya mewaspadai tinggi gelombang yang mencapai 2 meter di Selat Lombok bagian Selatan, Selat Alas bagIan Selatan, dan Samudera Hindia Selatan NTB dengan arah arus bervariasi menuju selatan - barat dengan kecepatan arus maksimum mencapai 1,8 m/s.

Baca Juga: 30 Mahasiswa NTB Dipulangkan dari Sudan karena Situasi Perang

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya