Bang Zul Dapat Rekomendasi DPP Nasdem sebagai Bacagub NTB 

Pertimbangan DPP Nasdem berikan rekomendasi ke Bang Zul

Mataram, IDN Times - Eks Gubernur NTB Zulkieflimansyah mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Nasdem sebagai Calon Gubernur NTB pada Pilkada 2024. Surat rekomendasi diserahkan DPP Partai Nasdem kepada Bang Zul di Nasdem Tower Kantor DPP Partai Nasdem Jakarta, Rabu (26/6/2024) sore.

"Tadi sore telah diserahkan rekomendasi di Nasdem Tower Kantor DPP Partai Nasdem kepada Bang Zul secara tunggal. Gak berpasangan, nama tunggal sebagai Calon Gubernur NTB," kata Sekretaris DPW Partai Nasdem NTB Wahidjan, Rabu (26/6/2024).

Baca Juga: Dilantik 2 September 2024, 7 Perempuan Melenggang ke Kantor DPRD NTB  

1. Bekal awal untuk melakukan konsolidasi politik

Bang Zul Dapat Rekomendasi DPP Nasdem sebagai Bacagub NTB Zulkieflimansyah saat bersama Sitti Rohmi Djalilah. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Wahidjan menjelaskan dengan keluarnya surat rekomendasi tersebut, menjadi bekal awal untuk melakukan konsolidasi politik dengan partai politik pengusung lainnya.

Sebelumnya, Bang Zul telah menerima surat rekomendasi dari DPP Partai Hanura pada 22 Mei lalu.
Bang Zul juga telah menerima surat rekomendasi dari DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai Calon Gubernur NTB pada Pilkada 2024.

"Dengan adanya surat rekomendasi ini bekal awal untuk melakukan konsolidasi politik dengan partai pengusung lainnya untuk menuju B.1-KWK," tambah Wahidjan.

Baca Juga: Zulkieflimansyah Tanggapi Paket Zul - Suhaili di Pilgub NTB 2024

2. Alasan DPP Nasdem berikan rekomendasi ke Bang Zul

Bang Zul Dapat Rekomendasi DPP Nasdem sebagai Bacagub NTB Eks Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat menerima surat rekomendasi sebagai calon gubernur NTB dari DPP Nasdem di Jakarta, Rabu (26/6/2024). (facebook.com/Bang Zul Zulkieflimansyah)

Ditanya alasan DPP Partai Nasdem memberikan rekomendasi kepada Bang Zul, Wahidjan mengatakan secara umum ada kalkulasi organisasi dan politik. Kemudian DPP Partai Nasdem juga melihat potensi kemenangan dari Bang Zul pada Pilkada NTB 2024.

"Kewenangan memutuskan beserta pertimbangannya ada di DPP. Termasuk juga hasil survei yang didalami dan diamati oleh DPP," terangnya.

3. DPP Nasdem belum keluarkan rekomendasi untuk Pilkada di lima kabupaten/kota

Bang Zul Dapat Rekomendasi DPP Nasdem sebagai Bacagub NTB Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh ungkap isi pertemuan bareng Presiden Jokowi. (IDN Times/Amir Faisol)

Wahidjan menyebutkan DPP Partai Nasdem telah mengeluarkan enam rekomendasi untuk calon kepala daerah di NTB. Yaitu, rekomendasi untuk Calon Gubernur NTB, Calon Bupati Lombok Timur, Calon Bupati Lombok Barat, Calon Bupati Dompu, Calon Bupati Sumbawa, dan Calon Bupati Sumbawa Barat.

"Tinggal Bima, Kota Bima, Lombok Utara, Kota Mataram dan Lombok Tengah," sebutnya.

Sebelumnya DPW Partai Nasdem NTB telah mengajukan 7 nama ke DPP Partai Nasdem di Jakarta sebagai kandidat calon gubernur dan calon wakil gubernur NTB pada Pilgub 2024.

Tujuh nama bakal calon yang diusulkan antara lain:

Zulkieflimansyah sebagai Calon Gubernur NTB
M. Sukiman Azmy sebagai Calon Gubernur NTB
Lalu Gita Ariadi sebagai Calon Gubernur NTB
Lalu Muhamad Iqbal sebagai Calon Gubernur NTB
Moh. Suhaili Fadil Tohir sebagai Calon Gubernur NTB
Lalu Pathul Bahri sebagai Calon Gubernur NTB
drg. Asrul Sani sebagai Calon Wakil Gubernur NTB

Baca Juga: Zulkieflimansyah dan Rohmi akan Berpisah di Pilgub NTB 2024 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya