Astindo NTB Targetkan Penjualan Tiket MotoGP Mandalika Rp10 Miliar 

Tiket kelas premiere dan deluxe ludes terjual

Mataram, IDN Times - Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menargetkan penjualan tiket MotoGP Mandalika 2024 sebesar Rp10 miliar. Hingga saat ini, penjualan tiket yang dilakukan oleh Astindo NTB telah mencapai angka Rp2 miliar.

"Penjualan tiket MotoGP oleh Astindo sudah mencapai Rp2 miliar, dengan sekitar 4.000 tiket terjual untuk semua kelas," ujar Ketua Astindo NTB, Sahlan M. Saleh, saat dikonfirmasi di Mataram, Sabtu (24/8/2024).

1. Target penjualan 10 ribu tiket MotoGP

Astindo NTB Targetkan Penjualan Tiket MotoGP Mandalika Rp10 Miliar Marc Marquez saat menjalani pekan balap GP Austria 2024. (gresiniracing.com)

Sahlan menjelaskan bahwa Astindo NTB menargetkan penjualan tiket MotoGP Mandalika 2024 sebesar Rp10 miliar, atau sekitar 10.000 tiket. Pihaknya akan terus meningkatkan promosi dan memperluas kerja sama dengan pelaku wisata untuk mencapai target tersebut.

Menurutnya, harga tiket pesawat yang masih mahal menuju Lombok menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penjualan tiket MotoGP Mandalika. Terlebih, penjualan tiket ini bersaing dengan tiket seri MotoGP lainnya seperti Malaysia dan Thailand.

Baca Juga: Demo Memanas, Mahasiswa Berupaya Dobrak Gerbang DPRD NTB

2. Harga paket nonton MotoGP Sepang Malaysia lebih murah

Astindo NTB Targetkan Penjualan Tiket MotoGP Mandalika Rp10 Miliar Sirkuit Mandalika di kawasan Mandalika, Lombok, NTB (IDN Times/Sunariyah)

Sahlan mengungkapkan bahwa harga paket nonton MotoGP di Sepang, Malaysia, jauh lebih murah dibandingkan dengan di Mandalika. "Harga paket nonton MotoGP Sepang Malaysia sekitar Rp5 juta, sudah termasuk tiket pesawat dan akomodasi," ungkapnya.

Sebaliknya, paket nonton MotoGP Mandalika berkisar antara Rp10 juta hingga Rp12 juta, yang dipengaruhi oleh tingginya harga tiket pesawat ke Lombok.

"Strategi kami adalah memperbanyak promosi dan kerja sama dengan organisasi pariwisata untuk meningkatkan jumlah penonton MotoGP Mandalika. Kami berharap industri pariwisata bisa tumbuh kembali seperti sebelum pandemi COVID-19," harapnya.

3. Tiket kelas premier dan deluxe sudah habis terjual

Astindo NTB Targetkan Penjualan Tiket MotoGP Mandalika Rp10 Miliar Francesco Bagnaia berfoto usai sesi kualifikasi GP Austria 2024. (motogp.com)

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB ini juga menyebutkan bahwa tiket kelas Premier dan Deluxe sudah habis terjual. Saat ini, yang masih tersedia adalah tiket untuk kelas Premium Grandstand, Regular Grandstand, dan Festival.

"Untuk kelas Premier dan Deluxe sudah sold out. Harga termurah adalah Rp700 ribu untuk kelas Festival," jelasnya.

Dari total penjualan tiket senilai Rp2 miliar yang dilakukan oleh Astindo, sekitar 90 persen di antaranya dibeli oleh penonton domestik. Sementara itu, 10 persen sisanya adalah penonton dari luar negeri, seperti Malaysia, Australia, dan Singapura.

"Kami berharap animo masyarakat domestik tetap tinggi, sehingga memberikan dampak ekonomi yang signifikan. Masih banyak kamar hotel yang tersedia untuk menampung penonton MotoGP," tambahnya.

4. Kategori dan harga tiket MotoGP Mandalika 2024

Astindo NTB Targetkan Penjualan Tiket MotoGP Mandalika Rp10 Miliar CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Ada empat kategori tiket MotoGP Mandalika 2024, yaitu VIP Class (Premier, Deluxe), Premium Grandstand (Zona A, B, J, K), Regular Grandstand (Zona C, D, E, F, G, H, I), dan Festival/General Admission.

Harga normal tiket kelas Festival (Sabtu-Minggu) dijual seharga Rp700.000. Regular Grandstand Zona E, F, G (Sabtu-Minggu) dijual seharga Rp800.000, dan Regular Grandstand Zona C, D, H, I (Sabtu-Minggu) dijual seharga Rp1.000.000.

Premium Grandstand Zona J, K (Sabtu-Minggu) dijual seharga Rp2.000.000, Premium Grandstand Zona B (Sabtu-Minggu) dijual seharga Rp2.300.000, dan Premium Grandstand Zona A (Sabtu-Minggu) dijual seharga Rp2.500.000.

Untuk kelas VIP, tiket Deluxe Class (Jumat-Minggu) dijual seharga Rp15.000.000, dan VIP Premier Class (Jumat-Minggu) dijual seharga Rp20.000.000.

Baca Juga: KPU NTB Buka Pendaftaran Pilgub, Tiga Kandidat Siap Bertarung

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya