Astindo NTB Jual Paket Nonton MotoGP Mandalika 2024 Mulai Rp4 Juta

Pemda NTB diminta kendalikan tarif kamar hotel

Mataram, IDN Times - Pelaku wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai menyiapkan paket nonton MotoGP Mandalika 2024 usai peluncuran dan pengumuman harga tiket yang dilakukan Mandalika Grand Prix Assiciation (MGPA). Dengan pengumuman harga tiket MotoGP Mandalika 2024 yang lebih awal, DPD Astindo NTB optimistis jumlah penonton akan semakin banyak dari luar NTB dan luar negeri.

Ketua DPD Astindo NTB, Sahlan yang dikonfirmasi di Mataram, Senin (26/2/2024), mengatakan pihaknya sudah menyiapkan paket nonton dan wisata bagi para penonton MotoGP Mandalika 2024. Paket yang ditawarkan sudah termasuk harga tiket dan wisata.

"Kalau standar hotel bintang 3 itu termasuk tiket nonton MotoGP seharga Rp4 juta sampai kelas eksekutif di harga Rp18 juta. Itu menginap empat hari tiga malam," kata Sahlan.

1. Tidak ada batasan kuota tiket

Astindo NTB Jual Paket Nonton MotoGP Mandalika 2024 Mulai Rp4 JutaKetua DPD Astindo NTB Sahlan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sahlan menjelaskan pihaknya sudah ada nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan MGPA terkait penjualan paket nonton MotoGP Mandalika. Dikatakan, tidak ada kuota khusus tiket MotoGP yang dijual Astindo dalam bentuk paket wisata.

Ia mengatakan paket nonton MotoGP yang dijual Astindo sebanyak-banyaknya. Bagaimana agar penjualan tiket MotoGP Mandalika 2024, pembelinya lebih banyak dari luar NTB bahkan luar negeri.

"Karena melihat 2023, penontonnya lebih banyak orang lokal. Dengan tiket MotoGP Mandalika 2024 dilaunching lebih awal, kita targetkan lebih banyak orang luar NTB yang menonton. Karena sesuai tujuannya mendatangkan wisatawan," kata Sahlan.

Baca Juga: Daftar Harga Tiket Balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika 2024

2. Targetkan transaksi Rp50 miliar di Astindo Travel Fair 2024

Astindo NTB Jual Paket Nonton MotoGP Mandalika 2024 Mulai Rp4 JutaMandalika Travel Mart 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sahlan mengaku optimistis penonton MotoGP Mandalika 2024 akan banyak dari luar NTB. Karena sekarang fasilitas dan infrastruktur di kawasan Mandalika semakin baik.

Dikatakan, pada 29 Februari sampai 3 Maret 2024, akan digelar Astindo Travel Fair di ICE BSD Tangerang. Kegiatan ini akan digunakan untuk menjual paket nonton MotoGP Mandalika 2024.

"Itu menjadi media jualan kita untuk bagaimana penonton MotoGP terus meningkat. Target kita transaksinya Rp50 miliar dengan jualan paket nonton MotoGP Mandalika 2024," sebutnya.

Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan partner luar negeri seperti Malaysia, Singapura dan Italia. Partner luar negeri meminta supaya paket nonton MotoGP Mandalika 2024 disiapkan lebih awal.

"Tahun 2023 karena launching tiket MotoGP Mandalika satu bulan sebelum event maka sangat kecil sekali kita mendapatkan tamu dari luar negeri. Kemarin hanya sekitar 20 orang dari luar negeri. Tahun ini kita optimis akan meningkat," ucapnya.

3. Pemda NTB harus kendalikan tarif hotel jelang MotoGP

Astindo NTB Jual Paket Nonton MotoGP Mandalika 2024 Mulai Rp4 JutaHotel Pullman Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sahlan meminta Pemprov NTB agar melakukan promosi secara masif tentang MotoGP Mandalika 2024. Pemprov NTB disarankan menggelar promosi di sejumlah kota-kota besar yang ada di Indonesia. Karena menurutnya, Pemda tidak bisa hanya mengandalkan pelaku wisata atau pihak swasta.

Ia juga meminta Pemda NTB untuk megatur tarif hotel yang tidak terkendali setiap event MotoGP. Tidak terkendalinya tarif kamar hotel akan merusak pariwisata NTB khususnya ketika event MotoGP.

"Masalah tarif hotel ini sangat melambung jauh sehingga membatasi kemampuan penonton atau wisatawan yang datang menonton MotoGP di Mandalika," kata Sahlan.

MGPA telah merilis harga tiket MotoGP Mandalika 2024. Ada empat kategori tiket MotoGP Mandalika 2024, yaitu VIP Class (Premier, Deluxe), Premium Grandstand (Zone A, B, J, K), Regular Grandstand (Zone C, D, E, F, G, H, I), dan Festival/General Admission.

Tiket kelas Festival (Sabtu - Minggu) dijual dengan harga Rp 700.000, Regular Grandstand Zone E, F, G (Sabtu - Minggu) Rp 800.000, dan Regular Grandstand Zone C, D, H, I (Sabtu - Minggu) Rp 1.000.000.

Kemudian, Premium Grandstand Zone J, K (Sabtu - Minggu) Rp 2.000.000, Premium Grandstand Zone B (Sabtu - Minggu) Rp 2.300.000, Premium Grandstand Zone B (Sabtu - Minggu) Rp 2.500.000, VIP Deluxe Class (Jumat - Minggu) Rp 15.000.000, dan VIP Premiere Class (Jumat - Minggu) Rp 20.000.000.

Baca Juga: BNN NTB Ringkus 2 Pelaku dan Sita Paket Tanaman Ganja Seberat 1,1 Kg

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya