Amankan Tiket Pilgub NTB, Rohmi-Firin segera Rampungkan Koalisi Parpol

Koalisi Perindo, PDI-P dan PPP cukup mengusung Cagub NTB

Mataram, IDN Times - Bakal pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah - W. Musyafirin atau Rohmi-Firin segera merampungkan koalisi partai politik (parpol) untuk mengamankan tiket maju Pilgub NTB 2024.

Bakal Calon Wakil Gubernur NTB W. Musyafirin mengatakan saat ini pihaknya sedang merampungkan koalisi dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Dengan dasar itu, koalisi akan selesai. Tapi dalam proses. Kita berharap, insyaallah minggu-minggu depan sudah bisa clear," kata Musyafirin di Mataram, Senin (24/6/2024).

1. Koalisi tiga parpol cukup untuk mengusung Rohmi-Firin

Amankan Tiket Pilgub NTB, Rohmi-Firin segera Rampungkan Koalisi ParpolBakal calon Gubernur NTB, Siti Rohmi Djalilah (Screenshot Video/Istimewa)

Musyafirin menjelaskan koalisi tiga parpol cukup untuk mengusung pasangan Rohmi-Firin maju pada Pilgub NTB 2024. Tiga parpol koalisi yang digadang-gadang mengusung Rohmi-Firin adalah Partai Perindo, PDI Perjuangan dan PPP.

Berdasarkan hasil pemilihan legislatif (Pileg) 2024, Perindo mendapatkan tiga kursi di DPRD NTB. Sedangkan PDI Perjuangan dan PPP maaing-masing empat dan tujuh kursi.

Sehingga, totalnya ada 14 kursi dari koalisi tiga parpol tersebut. Sementara syarat mengusung pasangan Cagub dan Cawagub NTB pada Pilgub 2024 minimal 13 kursi.

Baca Juga: Agus Fatoni Jadi Pj Gubernur Sumut, Hassanudin Dipindah ke NTB

2. Bangun komunikasi dengan Gerindra

Amankan Tiket Pilgub NTB, Rohmi-Firin segera Rampungkan Koalisi ParpolBakal pasangan calon Gubernur NTB, Rohmi Firin (dok. Istimewa)

Bupati Kabupaten Sumbawa Barat ini mengatakan pihaknya sedang intens membangun komunikasi dengan PPP. Selain itu juga membangun komunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ia juga mengungkapkan membangun komunikasi dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). "Kita tidak bisa memutuskan dengan ini tapi semua kita bangun komunikasi termasuk dengan Gerindra. Tak mungkin menurut orang, tapi menurut kita bisa saja," ujar Musyafirin.

3. Klaim elektabilitas Rohmi-Firin melonjak

Amankan Tiket Pilgub NTB, Rohmi-Firin segera Rampungkan Koalisi ParpolBupati KSB Musyafirin saat bertemu eks Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah. (dok. Istimewa)

Politisi PDI Perjuangan NTB ini menambahkan pihaknya sudah membentuk tim pemenangan dan tim pakar. Namun nanti diumumkan ketika koalisi parpol pengusung sudah lengkap.

Tetapi, lanjut Musyafirin, tim pemenangan Rohmi-Firin sudah bergerak di lapangan.
Dia juga menyatakan sudah ada hasil survei terbaru terkait elektabilitas pasangan Rohmi-Firin.

Survei dilakukan sejak 31 Mei sampai 7 Juni 2024, tetapi kata Musyafirin belum dipublikasikan. Musyafirin mengklaim sejak diumumkan pasangan Rohmi-Firin pada 28 Mei 2024, elektabilitasnya melejit. Sebelum Sitti Rohmi mengumumkan pasangan Rohmi-Firin diakuinya memang elektabilitas di bawah pasangan yang lain.

"Setelah 28 Mei, terjadi lonjakan dibandingkan survei LSI tanggal 1-17 Mei. Itu belum Ibu Rohmi mengumumkan pasangan Rohmi-Firin. Survei bulan Juni menjadi terbalik, tejadi lonjakan," tandas Musyafirin.

Sebagaimana diketahui, saat ini sejumlah kandidat bakal calon Gubernur NTB yang sudah muncul. Antara lain, pasangan Zulkieflimansyah - Suhaili FT (Zul - Uhel), pasangan Rohmi-Firin, pasangan Lalu Gita Ariadi - Sukiman Azmy (Gita-Sukiman) dan Lalu Muhamad Iqbal.

Saat ini, hanya Lalu Muhamad Iqbal yang belum mendeklarasikan pasangannya pada Pilgub NTB 2024. 

Baca Juga: Gita Ariadi Diganti, Renovasi Kantor Gubernur NTB Rp40 M Tetap Lanjut

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya