Alumni UGM Buka Layanan Konsultasi Psikologi bagi Caleg Stres di NTB

Layanan dibuka mulai 15 - 28 Februari 2024

Mataram, IDN Times - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) membuka layanan psikologi bagi calon legislatif (caleg) yang stres pada Pileg 2024. Layanan konsultasi psikologi dibuka secara online dan offline tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

"Setelah Pemilu ini semua orang pasti lelah. Caleg yang menang atau kalah semua pasti lelah, stres. Jadi mereka butuh pertolongan dari psikolog profesional. Maka kita menyiapkan psikolog yang merupakan alumni UGM," kata Ketua Harian Kagama NTB dr. Nurhandini Eka Dewi di Mataram, Rabu (15/2/2024).

1. Layanan dibuka selama 9 hari

Alumni UGM Buka Layanan Konsultasi Psikologi bagi Caleg Stres di NTBilustrsi stres (freepik.com/stockking)

Eka menjelaskan layanan psikologi bagi Caleg yang stres pada Pileg 2024, mulai dibuka Kamis, 15 Februari 2024 sampai 28 Februari mendatang. Layanan ini akan dibuka selama 9 hari dalam program yang bertajuk Kagama NTB Care.

"Ini yang bisa kita sumbangkan kepada teman-teman yang membutuhkan pertolongan psikologi. Kita buka layanan online dan offline," terangnya.

Layanan konsultasi psikologi ini, lanjut Eka, dibuk mulai pukul 10.00 - 18.00 WITA. "Mungkin banyak yang tidak mau bertemu secara langsung untuk konsultasi tapi dia butuh curhat dan lainnya, jadi bisa secara online," tambahnya.

Baca Juga: Pj Gubernur NTB Minta Masyarakat Tak Euforia Sikapi Hasil Quick Count

2. Dilayani psikolog profesional

Alumni UGM Buka Layanan Konsultasi Psikologi bagi Caleg Stres di NTBilustrasi konsultasi dengan psikolog (pexels.com/SHVETS Production)

Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi NTB ini menambahkan layanan psikologi yang diberikan merupakan tahap awal. Tujuannya untuk mengurangi beban-beban berat para Caleg setelah bertarung di Pileg 2024.

"Kalau curhat kepada tenaga psikolog yang profesional kan lain. Lebih nyaman, dan lebih enak. Kalau curhat kepada yang tidak profesional malah jadi bahan bullying dan sebagainya. Nanti mereka dilayani psikolog-psikolog lulusan UGM," terang Eka.

3. Tempat layanan offline konsultasi psikologi bagi Caleg stres

Alumni UGM Buka Layanan Konsultasi Psikologi bagi Caleg Stres di NTBSeorang petugas Satpol PP NTB melihat contoh surat suara Pemilu 2024 di TPS 12 Lingkungan Karang Teruna Kota Mataram, Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Untuk layanan konsultasi psikologi secara offline, kata Eka dilayani di Perum Elit Rinjani Asri Jatisela, Kabupaten Lombok Barat. Layanan dibuka mulai pukul 10.00 - 18.00 WITA.

Eka menjelaskan layanan psikologi bagi Caleg yang stres setelah bertarung di Pileg 2024, baru pertama dilakukan Kagama NTB. Program Kagama NTB Care bergerak di bidang sosial.

"Kadang-kadang orang hanya butuh didengarkan saja. Butuh didengarkan curhatannya," tandas Eka.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 933 caleg masuk Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD NTB pada Pileg 2024. Sebanyak 933 caleg tersebut akan memperebutkan 65 kursi DPRD NTB. Artinya, lebih dari 800 caleg anggota DPRD NTB yang akan terpental pada Pileg 2024.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Menang Telak di TPS Timnas AMIN dan Ganjar-Mahfud

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya