60 Tim Lolos Inspeksi Teknis Shell Eco-marathon 2024 di Mandalika

78 tim mendaftar di Shell Eco-marathon 2024

Lombok Tengah, IDN Times - Sebanyak 60 tim lolos dalam proses inspeksi teknis yang ketat untuk bersaing di Sirkuit Mandalika pada kompetisi Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2024. Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2024 merupakan program berskala regional yang diadakan di Indonesia.

Selama inspeksi teknis, tim harus memenuhi serangkaian pemeriksaan, termasuk keselamatan, untuk memenuhi syarat dalam kompetisi di lintasan.

Tim yang lolos inspeksi teknis akan bertanding dalam dua kategori yaitu prototype dan irban concept, untuk menentukan tim mana yang mampu menempuh jarak terjauh dengan bahan bakar paling hemat. Kedua kategori tersebut resmi dimulai pada hari Kamis (4/7/2024).

1. 78 tim mendaftar di Shell Eco-marathon Asia Pasifik dan Timur Tengah 2024

60 Tim Lolos Inspeksi Teknis Shell Eco-marathon 2024 di MandalikaShell Eco-marathon di Sirkuit Pertamina Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebanyak 78 tim mendaftar untuk berpartisipasi tahun ini, bersaing untuk membangun dan merancang kendaraan yang paling hemat energi. Kegiatan ini digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, mulai 3 hingga 6 Juli 2024.

LH-EV Fuel Cell dari Universitas Lac Hong adalah tim pertama dari Vietnam yang berpartisipasi dalam kategori Urban Concept dengan sumber energi hidrogen sejak negara tersebut bergabung di kompetisi regional pada tahun 2011. Tim ini lolos inspeksi teknis pada Kamis (4/7/2024).

Manajer Tim LH-EV Fuel Cell Universitas Lac Hong, Truong Quoc Khanh mengatakan mahasiswa dari Universitas Lac Hong memiliki minat untuk merancang dan memproduksi mobil yang hemat bahan bakar. Ia melihat hidrogen sebagai bahan bakar masa depan karena lebih ramah lingkungan, memiliki banyak kegunaan, dan lebih efisien sebagai sumber energi.

"Tetapi masih banyak tantangan di Vietnam dalam hal teknologi, produksi, penyimpanan, dan transportasinya. Itulah mengapa kami memilih kategori ini tahun ini, untuk mendorong diri kami lebih jauh," kata Truong Quoc Khanh.

Baca Juga: Dua Kampus Asal NTB Unjuk Gigi di Shell Eco-marathon APME 2024 

2. Urban concept menyerupai mobil penumpang

60 Tim Lolos Inspeksi Teknis Shell Eco-marathon 2024 di MandalikaInovasi mobil hemat energi Tim Mandalika Desantara Unram ikut kompetisi Shell Eco-marathon APME 2024 di Sirkuit Mandalika, Rabu (3/7/2024). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Urban concept merupakan kategori kendaraan yang paling menyerupai mobil penumpang secara visual. Dengan menggunakan empat roda dan didesain dengan spesifikasi layak jalan.

Tim-tim yang mengikuti kategori ini ditantang untuk mengupayakan optimalisasi energi pada mobil yang juga memenuhi kebutuhan manusia, seperti kenyamanan pengemudi.

Setelah itu, peserta akan menggunakan salah satu dari tiga jenis bahan bakar yaitu baterai listrik, sel bahan bakar hidrogen, dan pembakaran internal atau internal combustion seperti bensin, etanol, atau diesel.

3. Ciptakan desain kendaraan masa depan

60 Tim Lolos Inspeksi Teknis Shell Eco-marathon 2024 di MandalikaMobil hemat energi Mandalika Desantara Unram lolos uji inspeksi dalam ajang Shell Eco-marathon APME 2024 di Sirkuit Mandalika, Kamis (4/7/2024). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sedangkan ketegori prototype fokus untuk menciptakan desain kendaraan masa depan (futuristik). Di mana, tim yang mengikuti kompetisi pada kategori ini menciptakan kendaraan roda tiga yang ringan dan ultra-efisien.

Bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi sumber energi yang inovatif. Manajer Tim Nakoela Arafa Maulana Abdillah yang berkompetisi dalam kategori ini mengatakan timnya berhasil menciptakan desain kendaraan futuristik yang sesuai dengan pedoman teknis, dan sangat menantang

"Kami merancang kendaraan prototype menggunakan sumber energi bensin, serta mengandalkan desain badan mobil yang sangat aerodinamis, memiliki sistem propulsi, serta kelistrikan yang efisien sehingga menghasilkan angka kehematan yang tinggi," kata Maulana.

Salah satu tim mahasiswa asal NTB yang lolos inspeksi teknis adalah Mandalika Desantara Universitas Mataram (Unram). Mobil hemat listrik dengan menggunakan sumber energi baterai elektrik ini akan ikut mengaspal di Sirkuit Mandalika.

Tim Mandalika Desantara Unram menargetkan masuk 20 besar pada ajang Shell Eco-marathon Asia Pasifik dan Timur Tengah tahun 2024.

Baca Juga: Mobil Hemat Energi Unram Lolos Uji Inspeksi Shell Eco-marathon 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya