50 Tim Indonesia Ikut Kompetisi Ajang Shell Eco Marathon Asia 2023 

Shell Eco Marathon digelar di Sirkuit Mandalika

Mataram, IDN Times - Sebanyak 50 tim dari berbagai universitas di Indonesia dipastikan ikut dalam ajang Shell Eco Marathon Asia yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, 4 - 9 Juli 2023. Pada tahun ini, Indonesia kembali menjadi tuan rumah, setelah tahun sebelumnya juga digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Shell Eco Marathon merupakan ajang bergengsi bagi generasi muda untuk mengembangkan ide-ide inovatif untuk kendaraan yang lebih efisien. Shell Eco Marathon Asia 2023 bakal mempertemukan lebih dari 80 tim dari 14 negara di kawasan Asia. Dari 80 tim yang ikut berkompetisi, sebanyak 50 tim berasal dari universitas di Indonesia.

1. Inovasi kendaraan hemat energi

50 Tim Indonesia Ikut Kompetisi Ajang Shell Eco Marathon Asia 2023 Direktur Utama MGPA Priandhi Satria (IDN Times/Muhammad Nasir)

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, mengatakan Shell Eco Marathon Asia 2023 di Sirkuit Mandalika menjadi tempat bagi generasi muda untuk saling berbagi dan menyampaikan ide serta inovasinya pada industri otomotif, terutama untuk kendaraan hemat energi. Ia mengaku sudah mempersiapkan Sirkuit Mandalika sebagai venue Shell Eco Marathon Asia 2023.

"Pemeriksaan trek dan pemeliharaan telah dilakukan secara berkala, koordinasi dengan Shell juga telah dilakukan dengan baik. Persiapan sudah memasuki tahap akhir, kami berharap persiapan hingga acara selesai nantinya dapat berjalan lancar," kata Priandhi dalam keterangannya, Sabtu (17/6/2023).

Selain menjadi ajang kompetisi adu inovasi, Shell Eco Marathon juga menjadi wadah konektivitas bagi pelajar, pelaku bisnis, akademisi serta pemangku kepentingan yang memiliki minat dalam mengembangkan ide sekaligus menghadirkan inovasi untuk masa depan yang berkelanjutan. Serta mereka yang memiliki misi menyatukan gagasan, ide-ide, inovasi anak-anak muda di seluruh dunia untuk menghadirkan solusi untuk mobilitas yang lebih cerdas.

Baca Juga: NTB Pasok 44.000 Ekor Sapi untuk 10 Provinsi di Indonesia  

2. Antusiasme peserta dari Indonesia meningkat

50 Tim Indonesia Ikut Kompetisi Ajang Shell Eco Marathon Asia 2023 Mobil hemat energi di ajang Shell Eco Marathon Asia 2022 di Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Vice President Corporate Relations Shell Indonesia Susi Hutapea menjelaskan melalui program Shell Eco Marathon, generasi muda diajak untuk berkreasi, berinovasi dan bersama-sama mencari solusi untuk menjawab tantangan energi di masa depan. Tahun ini, antusiasme dan partisipasi tim Indonesia terus meningkat, dengan inovasi yang senantiasa berkembang.

"Melalui Shell Eco Marathon, kami berharap dapat terus mendorong tim mahasiswa untuk menciptakan terobosan dan berkontribusi terhadap agenda transisi energi di Indonesia," ujarnya.

Pada ajang Shell Eco-marathon Asia 2023 ini, Indonesia menjadi negara dengan tim peserta terbanyak yang mengirimkan perwakilannya. Diketahui, lebih dari 50 tim yang berasal dari berbagai universitas tersebar di seluruh Indonesia telah mempersiapkan inovasinya.

Batavia Gasoline Team 2 dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang akan bertanding di kategori Urban Concept dan Team Bumi Siliwangi 2 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

"Tahun ini, untuk pertama kalinya, ada tim dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia yang juga akan ikut meramaikan ajang kompetisi internasional ini di kategori prototype," ungkap Susi.

3. Berkompetisi dalam dua kategori

50 Tim Indonesia Ikut Kompetisi Ajang Shell Eco Marathon Asia 2023 Prototipe kendaraan hemat energi di ajang Shell Eco Marathon Asia 2022. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Tim-tim mahasiswa peserta Shell Eco Marathon akan berkompetisi dalam dua kategori rancangan kendaraan yakni Urban Concept dan Prototype. Adapun sumber energi atau bahan bakar untuk kendaraan yang digunakan juga bervariasi yakni baterai listrik, hydrogen fuel-cell, bensin, etanol dan atau diesel.

Kompetisi Shell Eco Marathon Asia 2023 juga akan menghadirkan berbagai rangkaian acara lainnya yang dapat dikunjungi oleh para peserta. Seperti seminar Shell Mobility, Shell LiveWIRE, Shell NXplorers, Shell Indonesia Women’s Network, juga Paddock Tour yang akan melibatkan berbagai pihak termasuk pelajar, mitra bisnis, pemangku kepentingan dan pelaku industri lainnya.

Baca Juga: Lowongan 1 Juta ASN 2023, Dikbud NTB Usulkan 1.200 Formasi Guru PPPK 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya