46 Ribu Tiket MotoGP Terjual, Tribun Marquez Sudah Terisi 65 Persen

Disiapkan tiga lokasi penukaran tiket MotoGP di Lombok

Mataram, IDN Times - Sembilan hari menjelang ajang balap MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika pada 13 - 15 Oktober mendatang, penjualan tiket diklaim terus mengalami peningkatan. Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2023, Jamaluddin Maladi menyebut tiket yang sudah terjual sebanyak 65 persen atau 46 ribu lembar dari 71 ribu.

Tiket itu dicetak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan Dyandra sebagai promotor dan Co-promotor IndonesianGP 2023. Sementara itu, tiket untuk tribun Marc Marquez sudah terjual hingga 65 persen.

"Dari seluruh kategori tiket MotoGP Mandalika yang sudah terjual mencapai 65 persen. Tidak menutup kemungkinan besok dan seterusnya saya yakin target tiket yang sudah dicetak akan habis dijual sebelum perhelatan MotoGP dilaksanakan," kata Jamaluddin di Mataram, Rabu malam (4/10/2023).

1. Grandstand premium paling banyak diburu

46 Ribu Tiket MotoGP Terjual, Tribun Marquez Sudah Terisi 65 PersenTampak Tribun penonton di Sirkuit Mandalika (IDN Times/Umi Kalsum)

Jamaluddin menjelaskan, dirinya bersama Tim MGPA dan Dyandra sudah mendata jumlah tiket yang terjual baik secara online dan offline pada Rabu (4/10/2023). Dari lima kategori tiket MotoGP Mandalika yang dijual, baru kategori VIP premiere yang sudah ludes terjual. Sementara untuk tiket kategori VIP deluxe masih tersisa sekitar 30 persen.

Sedangkan untuk kategori grandstand, tiket yang terjual antara 55 persen sampai 65 persen. Sebagaimana diketahui, tribun grandstand Sirkuit Mandalika memiliki kapasitas sebanyak 48.768 penonton. Tribun grandstand terdiri dari dua kategori yaitu grandstand premium dan grandstand reguler.

"Untuk grandstand premium, yang paling banyak diburu penonton sampai tadi saya bersama Tim MGPA dan Dyandra untuk mendata baik tiket yang dibeli oleh penonton secara online dan offline," tutur Jamaluddin.

Baca Juga: 111 Ton Logistik MotoGP 2023 Berisi Motor dan Sparepart Tiba di Lombok

2. Tribun Marquez sudah terisi 65 persen

46 Ribu Tiket MotoGP Terjual, Tribun Marquez Sudah Terisi 65 PersenPenonton menyaksikan balapan WSBK 2021 di tikungan 16 Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB ini menyebutkan untuk grandstand A, tiket yang terjual sudah mencapai 60 persen. Kemudian grandstand B sebanyak 55 persen. Sedangkan khusus untuk grandstand J atau tribun khusus untuk fans pembalap Repsol Honda Marc Marquez sudah terisi 65 persen.

"Khusus grandstand J bagi fans Marc Marquez, kebetulan disiapkan merchandise topi dan tas," ucap Jamaluddin.

Selain itu, tiket kategori festival, kata Jamaluddin, sudah banyak yang terjual. Tetapi, dia tidak menyebutkan persentase yang sudah terjual. Menurut Jamaluddin, tiket dengan harga termurah itu lokasi penonton sangat dekat dengan panggung hiburan dan UMKM.

Tiket MotoGP Mandalika 2023 dijual dalam lima kategori, yaitu Festival atau General Adminission, Regular Grandstand, Premium Grandstand, Deluxe Class, dan Premiere Class. Kelas General Adminission atau Festival pada sprint race hari Sabtu dilepas seharga Rp250.000 dan main race pada hari Minggu Rp500.000. Sedangkan untuk paket weekend pass dijual Rp700.000.

Kemudian untuk Regular Grandstand, harga tiket hari Sabtu dijual Rp650.000, sedangkan hari Minggu Rp1.000.000. Sementara untuk paket weekend pass dijual seharga Rp1.500.000.

Selanjutnya Premium Grandstand, harga tiket hari Sabtu dijual seharga Rp1.000.000, sedangkan hari Minggu Rp1.500.000. Sementara paket weekend pass dijual seharga Rp2.300.000.

Kategori Deluxe Class dijual seharga Rp15.000.000 untuk menonton selama 3 hari. Sedangkan Premiere Class dijual seharga Rp20.000.000 untuk menonton selama 3 hari.

3. Tiga lokasi penukaran tiket MotoGP di Lombok

46 Ribu Tiket MotoGP Terjual, Tribun Marquez Sudah Terisi 65 PersenIlustrasi penukaran tiket MotoGP Mandalika 2022. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Bagi penonton yang sudah membeli tiket, kata Jamaluddin, sudah bisa menukarkan dengan gelang mulai 11 - 15 Oktober 2023. Ada tiga lokasi penukaran tiket MotoGP yang disiapkan di Lombok, antara lain Eks Bandara Selaparang di Kota Mataram, Gelanggang

Olahraga (GOR) Lombok Barat dan Embarkasi Haji Bandara Internasional Lombok.
Sementara untuk penukaran tiket di luar NTB, disiapkan di Sarinah Jakarta, sebelum tanggal 11 Oktober. Sembilan hari menjelang perhelatan MotoGP Mandalika 2023, Jamaluddin berharap masyarakat NTB dapat memanfaatkan diskon harga tiket sebesar 50 persen untuk masyarakat umum.

Begitu juga Aparatur Sipil Negara (ASN) NTB, diberikan tiket dengan harga khusus. "Bagi ASN dan honorer disiapkan program beli satu tiket dapat 4 tiket," katanya.

Jamaluddin menjelaskan alasan MGPA memberikan harga khusus tiket MotoGP bagi ASN dan honorer. Berdasarkan hasil survei, ASN dan keluarganya bisa menjadi rombongan jadi beli (rojali) atau berbelanja di UMKM. 

Baca Juga: Puluhan Sumur Warga di Lombok Barat Diduga Tercemar BBM

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya