361 Nakes Diangkat Jadi ASN PPPK, Pemprov NTB Wajibkan Tanam Pohon 

Gaji dan tunjangan PPPK mencapai Rp6 juta

Mataram, IDN Times - Sebanyak 361 tenaga kesehatan (nakes) akan mendapatkan SK pengangkatan sebagai Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK) Pemprov NTB, Kamis (25/5/2023) besok. Ratusan nakes yang diangkat menjadi ASN PPPK itu diwajibkan menanam masing-masing dua pohon buah oleh Pemprov NTB.
"Sebanyak 361 yang akan mendapatkan SK PPPK Nakes besok. Sebenarnya 363 orang tetapi masih ada kendala dua orang. Belum keluar perteknya (pertimbangan teknis)," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB Muhammad Nasir di Kantor Gubernur, Rabu (24/5/2023).

1. Masing-masing ASN PPPK diwajibkan menanam dua pohon buah

361 Nakes Diangkat Jadi ASN PPPK, Pemprov NTB Wajibkan Tanam Pohon ilustrasi menanam pohon (unsplash.com/@danteov_seen)

Nasir menjelaskan dalam rekrutmen ASN PPPK 2022, Pemprov NTB mendapatkan kuota sebanyak 406 formasi nakes. Dari 406 formasi, hanya terisi 363 formasi. Namun dari 363 nakes yang lulus menjadi ASN PPPK, baru 361 orang yang sudah keluar perteknya sehingga mereka diberikan SK pengangkatan. Sedangkan dua orang masih belum keluar perteknya.

Ratusan nakes yang diangkat menjadi ASN PPPK Pemprov NTB diwajibkan menanam masing-masing dua pohon buah. Hal itu berdsarkan Surat Edaran Gubernur NTB Nomor 522/2677/DISLHK/9/2020 tanggal 28 September 2020 tentang Gerakan ASN Menanam.

Baca Juga: Ada Fenomena Kabut Tebal di Lombok, BMKG Sebut Itu Kabut Radiasi

2. Gaji dan tunjangan PPPK mencapai Rp6 juta

361 Nakes Diangkat Jadi ASN PPPK, Pemprov NTB Wajibkan Tanam Pohon Ilustrasi gaji.google

Nasir menyebutkan gaji dan tunjangan yang diperoleh PPPK mencapai Rp6 jutaan. Dengan rincian gaji pokok sebesar Rp2,9 juta, tambahan penghasilan pegawai (TPP) Rp3 juta lebih serta tunjangan anak dan istri maaing-masing 2,5 persen dari jumlah gaji pokok.

Untuk gaji pokok ditanggung pemerintah pusat lewat dana alokasi umum, sedangkan TPP ditanggung oleh Pemda. Dananya berasal dari pendapatan asli daerah (PAD). Rata-rata ASN PPPK Nakes Pemprov NTB berusia di bawah 40 tahun ke bawah.

3. NTB tunggu kuota untuk rekrutmen PPPK 2023

361 Nakes Diangkat Jadi ASN PPPK, Pemprov NTB Wajibkan Tanam Pohon Kepala BKD NTB Muhammad Nasir. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara untuk rekrutmen calon ASN PPPK 2023, Pemprov NTB mengusulkan sebanyak 2.082 formasi ke Menteri PAN-RB. Terdiri dari formasi tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Adapun jumlah formasi tenaga guru yang diajukan sebanyak 1.335 formasi. Kemudian, tenaga kesehatan sebanyak 525 formasi dan tenaga teknis sebanyak 222 formasi.

"Untuk rekrutmen ASN 2023, sudah kami usulkan tinggal penetapan formasi dari Menpan-RB. Setelah ada formasi baru kita umumkan untuk dilakukan seleksi," tandas Nasir.

Baca Juga: Harga Mulai Rp7 Juta, Ribuan Paket Nonton MotoGP 2023 Sudah Terjual  

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya