22 Calon TKW Korban TPPO Dipulangkan, Terbanyak dari Lombok Tengah

Pemberangkatan ke Arab Saudi digagalkan Polda Metro Jaya

Mataram, IDN Times - Polda Metro Jaya memulangkan sebanyak 22 calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (14/6/2023). Puluhan warga NTB itu menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Mereka tiba di Bandara Internasional Lombok sekitar pukul 12.30 Wita dan langsung dibawa ke Kantor Balai Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) NTB. Polda Metro Jaya menggagalkan pengiriman 22 calon TKW asal NTB dengan tujuan Arab Saudi pada 7 dan 8 Juni 2023 lalu.

"Polda Metro Jaya memfasilitasi pemulangan 22 calon PMI asal NTB. 22 orang ini semuanya perempuan, rencana ditempatkan ke Arab Saudi," kata Kepala BP3MI NTB Mangiring Hasoloan Sinaga, Rabu (14/62023).

1. Korban TPPO terbanyak dari Lombok Tengah

22 Calon TKW Korban TPPO Dipulangkan, Terbanyak dari Lombok TengahCalon TKW asal NTB korban TPPO saat tiba di Kantor BP3MI NTB, Rabu (14/6/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dari 22 calon TKW yang dipulangkan dari Jakarta ke NTB tersebut, terbanyak berasal dari Lombok Tengah. Sinaga menyebutkan korban TPPO yang berasal dari Lombok Tengah sebanyak 13 orang. Kemudian Lombok Timur 3 orang, Lombok Barat 2 orang, Dompu 2 orang dan Kota Mataram 2 orang.

Sinaga juga megungkapkan modus pengiriman 22 calon TKW asal NTB yang menjadi korban TPPO tersebut. Mereka diberangkatkan dari NTB tidak bergerombol atau berkelompok. Tetapi mereka berangkat ke Jakarta sendiri-sendiri menggunakan moda transportasi darat, laut dan udara.

"Modusnya seperti itu. Mereka tidak berangkat secara berkelompok, mereka juga tak ditampung di wilayah NTB. Mereka biasanya berangkat sendiri-sendiri. Mereka diberangkatkan menjadi PMI tidak melalui prosedur yang benar. Tidak dilakukan P3MI yang resmi. Ini perseorangan," terang Sinaga.

Baca Juga: Dijanjikan Kerja di Turki Gaji Rp7 Juta, TKW NTB Malah Dijual ke Irak 

2. Berharap pelaku yang memberangkatkan 22 korban ditangkap

22 Calon TKW Korban TPPO Dipulangkan, Terbanyak dari Lombok TengahKepala BP3MI NTB Mangiring Hasoloan Sinaga. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sinaga menambahkan kasus ini masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan Polda Metro Jaya. Pelaku atau sponsor yang memberangkatkan puluhan calon TKW asal NTB itu diharapkan segera ditangkap.

Setelah sampai di Kantor BP3MI NTB, puluhan korban selanjutnya dilakukan interview, pendataan dan diserahkan ke Disnaker Kabupaten/Kota. "Supaya nanti diberikan pembinaan juga kepada warga. Kita akan bersurat resmi sampai kepala desa bahwa warganya menjadi korban, tolong dimonitor keberadaannya," kata Sinaga.

3. 24 warga NTB korban TPPO di Lampung juga akan dipulangkan

22 Calon TKW Korban TPPO Dipulangkan, Terbanyak dari Lombok Tengah22 calon TKW asal NTB yang menjadi korban TPPO saat tiba di kantor BP3MI NTB, Rabu (14/6/2023). (dok. Istimewa)

Selain itu, lanjut Sinaga, ada 24 warga NTB yang juga menjadi korban TPPO di Lampung. Mereka juga rencananya diberangkatkan secara tidak prosedural menjadi TKW ke Arab Saudi.

Ia mengaku sudah mendapatkan informasi dari BP3MI Lampung. Bahwa 24 warga NTB tersebut akan dipulangkan ke Lombok pada Jumat (16/6/2023). Mereka akan dipulangkan lewat jalur darat dan diperkirakan tiba di Lombok pada Senin (19/6/2023), pekan depan.

Baca Juga: Polisi Bekuk 2 Pelaku Perdagangan Orang, Korban 13 Calon TKI Asal NTB 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya