2 Wakasek Dicopot Usai Demo Ratusan Siswa SMAN 1 Masbagik Lotim

Kepala SMAN 1 Masbagik penuhi tuntutan para siswa

Lombok Timur, IDN Times - Buntut aksi demonstrasi atau unjuk rasa yang dilakukan ratusan siswa SMAN 1 Masbagik, Lombok Timur (Lotim), NTB, Senin (24/7/2023), dua Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) dicopot dari jabatannya. Dua Wakasek yang dicopot yaitu Wakasek Kesiswaan dan Wakasek Humas SMAN 1 Masbagik.

Sedangkan Wakasek Kurikulum dan Wakasek Sarana tetap menduduki jabatannya. Dengan pertimbangan beberapa program sekolah masih berjalan dan tidak ada masalah di kalangan siswa. Kepala SMAN 1 Masbagik Hurman, Selasa (25/7/2023) mengatakan aksi demonstrasi ratusan siswa pada Senin (24/7/2023) diselesaikan secara kekeluargaan di internal sekolah.

1. Persoalan diselesaikan dengan mediasi

2 Wakasek Dicopot Usai Demo Ratusan Siswa SMAN 1 Masbagik LotimIlustrasi mediasi. IDN Times/ istimewa

Hurman mengatakan dirinya baru menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Masbagik sekitar tiga minggu. Namun, apa yang menjadi tuntutan para siswa agar Wakasek dicopot sudah ditindaklanjuti. Persoalan tersebut diselesaikan dengan mediasi.

"Ini masalahnya pada kepemimpinan yang lama, terutama Wakasek Humas dan Wakasek Kesiswaan. Wakasek kita reshuffle," kata Hurman.

Hurman juga merespons tuntutan para siswa mengenai transparansi dana imtaq. Dana Imtaq akan disampaikan setiap Minggu kepada siswa sebagai bentuk transparansi.

Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan Kantor Cabang Dinas Dikbud NTB Lombok Timur, M. Makmun mengatakan persoalan yang terjadi di SMAN 1 Masbagik dapat diselesaikan dengan baik. Persoalan itu dapat diselesaikan melalui mediasi, dimana ada Wakasek yang diberhentikan dan dan diangkat kembali.

Baca Juga: Ratusan Siswa SMAN 1 Masbagik Lotim Gelar Aksi Demo di Sekolahnya

2. Aksi demonstrasi siswa harus menjadi pembelajaran

2 Wakasek Dicopot Usai Demo Ratusan Siswa SMAN 1 Masbagik LotimAksi demonstrasi ratusan siswa SMAN 1 Masbagik Lotim, Senin (24/7/2023). (dok. Istimewa)

Camat Masbagik Agus Afandi berharap aksi demonstrasi ratusan siswa pada Senin (24/7/2023) dijadikan pembelajaran oleh Kepala SMAN 1 Masbagik yang baru. Kepala SMAN 1 Masbagik yang baru diharapkan agar terus berbenah dan memberikan yang terbaik kepada para siswa dan guru.

Menurutnya, langkah cepat yang dilakukan Kepala SMAN 1 Masbagik dalam mengakomodir aspirasi para siswa sudah cukup tepat. Sebelumnya, ratusan siswa SMAN 1 Masbagik menggelar aksi demonstrasi di sekolah setempat, Senin (24/7/2023).

Mereka menyampaikan sejumlah tuntutan, salah satunya meminta agar oknum-oknum guru menghentikan perundungan kepada siswa. Mereka juga menuntut Wakil Kepala Sekolah (Waka) SMAN 1 Masbagik dimutasi ke tempat lain.

3. 6 tuntutan siswa SMAN 1 Masbagik

2 Wakasek Dicopot Usai Demo Ratusan Siswa SMAN 1 Masbagik LotimSMAN 1 Masbagik Lotim. (dok. Istimewa)

Dalam aksinya, para siswa menyampaikan 6 tuntutan kepada pihak sekolah. Enam tuntutan dalam aksi unjuk rasa tersebut, antara lain :

1. Meminta perubahan yang lebih baik lagi di SMAN 1 Masbagik
2. Menuntut Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) yang tidak bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya agar dimutasi ke tempat lain
3. Siswa menuntut keadilan
4. Siswa mendesak agar hentikan perundungan, baik berkata kasar dan bermain fisik.
5.Siswa menuntut transparansi anggaran
6. Meminta fasilitas dan pelayanan yang tidak baik diperbaiki

Baca Juga: 335 Jenis Harta Karun Lombok yang Dijarah Belanda akan Dipulangkan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya