175 Sanggahan Pelamar CPNS Pemprov NTB Ditolak, Hanya Puluhan Diterima

Pelamar lolos seleksi administrasi bertambah

Mataram, IDN Times - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB telah menindaklanjuti sanggahan dari 210 pelamar CPNS yang tidak lolos dalam seleksi administrasi. Dari 210 pelamar yang mengajukan sanggahan, sebanyak 175 sanggahan ditolak sedangkan 35 sanggahan diterima.

"Sebanyak 35 sanggahan diterima sehingga yang bersangkutan dinyatakan Memenuhi syarat (MS). Selebihnya 175 sanggahan ditolak sehingga yang bersangkutan tetap dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS)," kata Plt Kepala BKD NTB Yusron Hadi dikonfirmasi di Mataram, Selasa (24/9/2024) sore.

1. Gelar rapat evaluasi jawaban sanggahan

175 Sanggahan Pelamar CPNS Pemprov NTB Ditolak, Hanya Puluhan Diterimahttps://pixabay.com/photos/office-selection-write-paper-3199659/

Yusron menjelaskan sebanyak 210 sanggahan yang masuk telah rampung dijawab atau direspons pada Selasa pagi (24/9/2024). Pihaknya juga telah melakukan rapat evaluasi jawaban sanggahan untuk kemudian diupload sehingga dapat dilihat kembali oleh para penyanggah.

Setelah dilakukan kroscek ulang, menelisik berbagai aturan serta koordinasi dengan instansi terkait maka sebanyak 35 sanggahan yang diterima. Sehingga pelamar yang sebelumnya tidak lolos seleksi administrasi, sekarang dinyatakan memenuhi syarat. Sedangkan 175 sanggahan pelamar lainnya ditolak atau tetap dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi.

Baca Juga: Tak Diloloskan, Pelamar CPNS Pemprov NTB Ramai-ramai Ajukan Sanggahan

2. Formasi 35 pelamar yang sanggahannya diterima

175 Sanggahan Pelamar CPNS Pemprov NTB Ditolak, Hanya Puluhan Diterimailustrasi cpns 2024

Terkait hal ini, kata Yusron, Tim Verifikator dan Supervisor segera melakukan perbaikan sesuai ketentuan dan prosedur berlaku untuk meminimalisasi kesalahan di tingkat seleksi administrasi. Adapun 35 pelamar yang sanggahannya diterima tersebar untuk sejumlah formasi.

"Sebanyak 35 orang kembali masuk memenuhi syarat itu pada formasi pengawas koperasi, pengawas penyelenggaraan pemerintah daerah, penyuluh, penatakelolaan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, dan pranata laboratorium kesehatan," sebutnya.

3. Gagal lolos seleksi administrasi karena persoalan sepele

175 Sanggahan Pelamar CPNS Pemprov NTB Ditolak, Hanya Puluhan Diterimailustrasi masa sanggah untuk pelamar TMS CPNS 2024 (YouTube.com/Ajeng Septin)

Staf Ahli Gubernur NTB ini menyebutkan jumlah pendaftar CPNS Pemprov NTB tahun 2024 sebanyak 4.725 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.388 pelamar yang melakukan finalisasi pendaftaran. Kemudian Tim Verifikator melakukan verifikasi berkas 4.388 pelamar.

Dari hasil verifikasi, sebanyak 3.923 pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Sedangkan 465 pelamar dinyatakan tidak lolos dalam seleksi administrasi. Dari 465 pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi, sebanyak 210 orang mengajukan sanggahan.

Lima penyebab ratusan pelamar CPNS Pemprov NTB tidak lolos seleksi administrasi. Pertama, dokumen ijazah dan transkrip nilai tidak asli atau fotocopy-an. Kedua, ijazah tidak sesuai dengan persyaratan.

Ketiga, surat pernyataan, surat lamaran dan surat pengabdian tidak sesuai. Keempat, materai yang sama digunakan untuk berkas yang lain. Serta kelima, pas foto tidak berlatar merah.

Baca Juga: Mendagri Tunjuk 5 Pejabat Pemprov NTB Jadi Pjs Bupati/Wali Kota

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya