13 Kloter CJH NTB Siap Diberangkatkan, Jemaah Tertua Berusia Satu Abad

Kloter pertama diberangkatkan 11 Mei 2024

Mataram, IDN Times - Sebanyak 4.499 calon jemaah haji (CJH) asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) siap diberangkatkan ke Tanah Suci mulai 11 - 22 Mei mendatang. Mereka akan dibagi dalam 13 kelompok terbang (kloter) yang langsung diterbangkan dari Bandara Internasional Lombok menuju Arab Saudi.

Plt Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag NTB Azharuddin menjelaskan CJH NTB akan diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang pertama sebanyak 9 kloter dan gelombang kedua sebanyak 4 kloter.

Dari ribuan CJH NTB yang akan diberangkatkan menunaikan ibadah haji, satu jemaah tertua berusia 100 tahun atau satu abad berasal dari Kabupaten Sumbawa.

"Jemaah haji tertua itu dari Sumbawa, usia lebih dari 100 tahun, jenis kelamin perempuan," ungkap Azharuddin dikonfirmasi di Mataram, Selasa (30/4/2024).

1. Dinyatakan istithaah

13 Kloter CJH NTB Siap Diberangkatkan, Jemaah Tertua Berusia Satu AbadPlt Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag NTB Azharuddin. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Azharuddin belum menyebutkan identitas jemaah yang bersangkutan. Tetapi dari hasil pemeriksaan, jemaah yang berusia satu abad itu telah dinyatakan istithaah. Artinya, jemaah tersebut telah memenuhi aspek kesehatan baik fisik dan mental melaksanakan ibadah haji.

Istithaah merupakan salah satu syarat pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih). Meski demikian, nantinya akan dilakukan pemeriksaan lagi di Embarkasi Haji Lombok sebelum jemaah diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Kondisinya jemaah sekarang normal, makanya istithaah tak terkendala. Sebelum pelunasan ada istithaah dulu, itu salah satu persyaratan pelunasan Bipih," terangnya.

Baca Juga: PT STM Kerjakan FS Proyek Tambang Emas Terbesar di NTB Mulai 2025

2. CJH Kota Mataram kloter pertama Embarkasi Lombok

13 Kloter CJH NTB Siap Diberangkatkan, Jemaah Tertua Berusia Satu Abadilustrasi jamaah umrah ke Tanah Suci Mekkah (commons.wikimedia.org/Anton arie)

Azharuddin mengatakan CJH asal Kota Mataram menjadi kloter pertama yang diberangkatkan ke Arab Saudi pada 11 Mei mendatang. Sedangkan kloter 13 atau kloter terakhir diberangkatkan pada 22 Mei 2024.

Berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah bahwa penerbangan jemaah haji Embarkasi Lombok (LOP) menggunakan maskapai Garuda Indonesia Boeing 777- 300 dengan kapasitas 393 seat. Sehingga jemaah haji Embarkasi Lombok terbagi dalam 13 kloter.

Adapun kuota haji NTB tahun 2024 sebanyak 4.499 orang. Terdiri dari jemaah reguler 4.226 orang, prioritas lansia 225 orang, pembimbing KBIHU 12 orang dan petugas haji daerah (PHD) sebanyak 36 orang.

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 130 Tahun 2024, NTB mendapatkan kuota tambahan sebanyak 287 orang jemaah haji.

3. 50 persen CJH NTB lansia

13 Kloter CJH NTB Siap Diberangkatkan, Jemaah Tertua Berusia Satu AbadManasik haji sebagai persiapan jelang pemberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci. (Dok. Kemenag Sulsel)

Azharuddin menyebutkan lebih dari 50 persen CJH NTB 2024 merupakan lansia. Sehingga nantinya mereka akan didampingi keluarga atau petugas kloter. Jemaah lansia akan didampingi jemaah yang sehat pada saat pembagian regu dan rombongan.

"Rata-rata jemaah lansia itu sudah mempersiapkan diri dari awal. Mereka sadar kondisinya, berusaha mencari pendamping dari teman kloternya," jelas Azharuddin.

Pada saat dilakukan manasik haji, jemaah juga melaksanakan senam haji. Hal ini menjadi salah satu cara menjaga kesehatan calon jemaah haji. "Gerakan-gerakan itu sangat cocok untuk perjalanan ke Tanah Suci dan menunaikan ibadah haji," tandasnya.

Baca Juga: ITDC Bundling Tiket MotoGP dan Penerbangan Demi Gaet Penonton Luar NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya