1.018 Guru Honorer Lulus Jadi PPPK Pemprov NTB, Ini Link Pengumumannya

Ratusan formasi Guru PPPK tidak terisi

Mataram, IDN Times - Setelah tertunda selama satu minggu, hasil seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2023 akhirnya diumumkan, Sabtu (23/12/2023). Sebanyak 1.018 guru honorer dinyatakan lulus menjadi PPPK Pemprov NTB tahun 2023.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB Muhammad Nasir menjelaskan pengumuman hasil seleksi Guru PPPK 2023 berdasarkan Surat Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara Selaku Ketua Tim Pelaksana Seleksi Nasional Pengadaan CASN 2023 Nomor 13252/B-S1.02.01/SD/E.II/2023 Tanggal 22 Desember 2023.

Perihal Penyampaian Hasil Seleksi Calon PPPK Jabatan Fungsional Guru Tahun 2023 disampaikan hal-hal sebagai berikut.

"Detail pengumuman dapat dlihat di website resmi BKD Provinsi NTB, https://bkd.ntbprov.go.id," kata Nasir di Mataram.

1. Peserta yang lulus seleksi Guru PPPK dengan keterangan L dan L-2

1.018 Guru Honorer Lulus Jadi PPPK Pemprov NTB, Ini Link PengumumannyaSSCASN BKN-RI

Nasir menjelaskan dalam lampiran pengumuman sebanyak 334 halaman itu memuat nama peserta atau pelamar dan nilai kompetensi yang diperoleh dalam rekrutmen Guru PPPK Pemprov NTB 2023. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi Guru PPPK Pemprov NTB dengan keterangan L dan L-2.

Dalam pengumuman hasil seleksi Guru PPPK Pemprov NTB, ada beberapa istilah yaitu P1, P2, P3, P4, P, L, L-2, TL, TH, ApS dan S. Dengan keterangan sebagai berikut:

  • P1 : Pelamar prioritas yang merupakan THK-11, Guru Non-ASN, Lulusan PPG dan Guru Swasta yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada Seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021 dan belum pernah dinyatakan lulus pada seleksi PPPK JF guru periode sebelumnya
  • P2 : Pelamar Prioritas yang merupakan THK-Il dan bukan termasuk dalam P1
  • P3 : Pelamar Prioritas yang merupakan Guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan memiliki masa kerja paling rendah 3 (tiga) tahun dan bukan termasuk
  • P4 : Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang terdaftar pada pangkalan data (database) kelulusan pendidikan profesi guru di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi; dan guru yang terdaftar di Dapodik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
  • P : Peserta memenuhi Nilai Ambang Batas
  • L : Peserta Lulus
  • L-2 : Peserta yang Lulus berdasarkan nilai ambang batas dan atau peringkat terbaik dalam jabatan dan kualifikasi pendidikan yang sama setelah perpindahan formasi dari lokasi formasi yang berbeda pada formasi kebutuhan khusus dan umum untuk pelamar penyandang disabilitas
  • TL : Peserta Tidak Lolos dan Tidak Memenuhi Nilai Ambang Batas
  • TH : Peserta Tidak Hadir
  • APS : Peserta yang mengajukan pengunduran diri
  • S : Pelamar yang memiliki sertifikat pendidik linear dengan jabatan yang dilamar dan terdaftar dalam pangkalan data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknolog mendapat nilai paling tinggi sebesar 100 % dari nilai paling tinggi Kompetensi Teknis (Tambahan nilai dari Sertifikat Pendidik berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 649 Tahun 2023)

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok-Situbondo pada Sabtu 23 Desember 2023 

2. Ratusan formasi Guru PPPK Pemprov NTB tak terisi

1.018 Guru Honorer Lulus Jadi PPPK Pemprov NTB, Ini Link PengumumannyaKepala BKD NTB Muhammad Nasir. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Nasir menyebutkan dalam rekrutmen Guru PPPK tahun 2023, ratusan formasi tidak terisi. Dalam rekrutmen Guru PPPK 2023, Pemprov NTB membuka sebanyak 1.335 lowongan. Tetapi berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan, hanya 1.018 formasi yang terisi.

Artinya, sebanyak 1.018 guru honorer yang dinyatakan lulus menjadi PPPK Pemprov tahun 2023. Sedangkan 317 formasi tidak terisi dalam pengadaan Guru PPPK 2023. Bagi guru honorer yang dinyatakan lulus seleksi, kata Nasir, supaya mengisi daftar riwayat hidup (DRH) di akun masing-masing sampai 14 Januari 2024.

3. Jumlah pendaftar mencapai 2.806 orang

1.018 Guru Honorer Lulus Jadi PPPK Pemprov NTB, Ini Link PengumumannyaRibuan tenaga guru honorer Lotim saat melakukan aksi protes di Kantor DPRD Lotim (IDN Times / Ruhaili)

Dalam rekrutmen Guru PPPK Pemprov NTB tahun 2023, jumlah pendaftar sebanyak 2.806 orang. Hasil seleksi administrasi sebanyak 2.662 pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat, sedangkan 57 pendaftar dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Selanjutnya, pelamar yang memenuhi syarat mengikuti tahapan seleksi kompetensi. Dari hasil seleksi kompetensi sebanyak 1.018 orang yang dinyatakan lulus menjadi Guru PPPK Pemprov NTB 2023.

Baca Juga: Dikeluhkan Warga, ASDP Kayangan Bantah 'Mark Up' Harga Tiket

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya