Pemkab Loteng dan ITDC Kerja Sama Optimalkan BMD di Mandalika

ITDC dan Pemkab Loteng lakukan penandatanganan MoU

Lombok Tengah, IDN Times – PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Pemkab Loteng) melakukan penandatanganan dua Memorandum of Understanding (MoU). Kerja sama itu tentang rencana optimalisasi aset barang milik daerah (BMD) Pemkab Loteng dan bantuan pos pemadam kebakaran dan penyelamatan Kabupaten Lombok Tengah di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Selain itu, dilakukan pula penandatanganan Kesepakatan Rencana Bersama dan Perjanjian Kerja sama (PKS) mengenai Pos Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di KEK Mandalika periode tahun 2023-2024. Penandatangan ini dilakukan pada Rabu, (31/1/2024) di Pertamina Mandalika International Circuit.

1. Komitmen bersama

Pemkab Loteng dan ITDC Kerja Sama Optimalkan BMD di MandalikaPenandatanganan kerja sama antara ITDC dengan Pemkab Lombok Tengah (DOK ITDC)

Kesepakatan ini menjadi payung dari komitmen bersama untuk mempercepat pembangunan KEK Mandalika. Dengan fokus pada pengelolaan dan pemanfaatan optimalisasi aset BMD untuk mendukung pengembangan KEK Mandalika.

"Kesepakatan dan kerja sama ini merupakan wujud tanggung jawab bersama ITDC dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dalam upaya untuk meningkatkan keamanan, kesejahteraan, dan keberlanjutan di KEK Mandalika. Hal ini dilakukan melalui langkah-langkah pencegahan dan respons yang efektif terhadap potensi risiko. Ketersediaan pos pemadam kebakaran dan alat penyelamatan menjadi indikator dari stabilitas suatu kawasan," kata Direktur Utama ITDC, Ari Respati dalam siaran pers yang diterima pada Kamis (1/2/2024).

Baca Juga: Audit BPKP, Penanganan Kemiskinan Ekstrem NTB Belum Gunakan Data P3KE

2. Bantuan yang diberikan

Pemkab Loteng dan ITDC Kerja Sama Optimalkan BMD di MandalikaPenandatanganan kerja sama antara ITDC dengan Pemkab Lombok Tengah (DOK ITDC)

Kerja sama ini juga didukung dengan bantuan yang diberikan mencakup satu unit armada pemadam kebakaran. Ini akan beroperasi selama 24 jam dengan enam personel ahli pemadam kebakaran setiap harinya.

Melalui perjanjian ini, kedua belah pihak berkomitmen untuk bekerja sama dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyelamatan di KEK Mandalika. Harapannya, warga setempat dan pengunjung bisa semakin aman saat berada di sekitar Mandalika.

3. Pemda berikan apresiasi

Pemkab Loteng dan ITDC Kerja Sama Optimalkan BMD di MandalikaPenandatanganan kerja sama antara ITDC dengan Pemkab Lombok Tengah (DOK ITDC)

Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri juga mengapresiasi kerja sama itu. Ia berharap kerja sama itu dapat berlangsung secara berkelanjutan. Sehingga dapat menghasilkan manfaat bagi masyarakat dan generasi berikutnya di masa mendatang.

“Melalui kerja sama ini, kami harapkan dapat memberikan dampak positif dan melibatkan langkah-langkah hebat ke depan. Bersama-sama, kita mencapai standar keamanan yang tinggi dan menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan terkendali untuk keberlanjutan KEK Mandalika,” tutupnya.

Baca Juga: Setengah Juta Warga NTB Tercatat Beli LPG Subsidi Pakai KTP

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya