Menteri Perhubungan Siapkan Kapal Cepat Penunjang Event di Sirkuit

Menhub pastikan kesiapan moda transportasi

Mataram, IDN Times – Dukungan untuk kelancaran event di Sirkuit Pertamina juga diberikan dari Menteri Perhubungan RI Ir. Budi Karya Sumadi. Budi mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan kapal cepat sebagai sarana untuk menunjang ajang balap motor di Sirkuit Pertamina Mandalika yang ada di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Kami siapkan kapal cepat untuk di Bali dan Sumbawa," kata Budi, Mataram, Rabu (10/11/2021)

Menhub juga menyiapkan sarana transportasi darat untuk memudahkan para pengunjung datang ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Sehingga penonton dan wisatawan yang datang dapat menikmati waktunya dengan nyaman saat menyaksikan event balap itu.

"Banyak kami siapkan bus, ada yang point to point, ada juga bus gratis untuk para pengunjung ke Mandalika dan juga yang bisa keliling kawasan, tetapi tidak masuk ke dalam karena itu tidak boleh," ujarnya.

1. Menhub pastikan kesiapan alat transportasi

Menteri Perhubungan Siapkan Kapal Cepat Penunjang Event di SirkuitMenteri Perhubungan Budi Karya saat melihat simulasi pengamanan event di Lombok (IDN Times/Linggauni)

Menhub memastikan semua sarana yang disebutkan itu akan segera ditempatkan sebelum event berlangsung. Harapannya, alat trasnportasi itu dapat memudahkan wisatawan atau pengunjung yang datang ke Pulau Lombok.

"Saya akan lihat bagaimana persiapan dukungan pusat untuk kegiatan yang akan terlaksana di Mandalika sebagai tujuan dari proyek strategis nasional," ujarnya.

Dalam simulasi pengamanan kontingensi, seluruh pemangku kepentingan dari perhelatan balap di Sirkuit Mandalika memperagakan apa saja yang menjadi tugas dan perannya pada saat event berlangsung. Simulasi ini untuk memastikan persiapan akan keamanan NTB berjalan dengan baik.

2. Persiapan keamanan diutamakan

Menteri Perhubungan Siapkan Kapal Cepat Penunjang Event di SirkuitSimulasi pengamanan (Dok Polda NTB)

Simulasi yang berlangsung di ex Bandara Selaparang itu memperlihatkan tentang pengaturan arus lalu lintas para pengunjung, pengawalan tamu VVIP, pengamanan unjuk rasa, penanggulangan aksi teror serta penanganan saat bencana.

Dari kegiatan yang digagas oleh Polda NTB itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah turut hadir dan mendampingi Menteri Perhubungan RI. Demikian juga dengan Danrem 162/WB Brigjen Pol Ahmad Rizal Ramdhani, beserta seluruh pemangku kepentingan dari perhelatan IATC dan WSBK 2021.

Sirkuit Mandalika pada 12-14 November mendatang akan menjadi lokasi perdana untuk ajang balap motor IATC 2021. Setelah itu akan diselenggarakan event World Superbike (WSBK) 2021 yang sekaligus menjadi seri penutup dari gelaran balap motor kelas dunia itu.

3. Pemda NTB sudah mantapkan persiapan daerah

Menteri Perhubungan Siapkan Kapal Cepat Penunjang Event di SirkuitSimulasi pengamanan (Dok Polda NTB)

Provinsi NTB yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaran event berkelas dunia itu sudah melakukan persiapan dari jauh hari. Saat ini, persiapan sudah dianggap cukup mantap untuk melaksanakan berbagai event di sirkuit.

Semua persiapan dari sejak kedatangan logistik hingga kedatangan pembalap sudah dipersiapakan. Termasuk tempat menginap, tempat makan dan oleh-oleh, semua sudah dirancang untuk mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat NTB.

“Kita berharap semua berjalan dengan lancar. Semua persiapan sudah kita mantapkan,” kata Sekretaris Daerah Provinsi NTB Lalu Gita Aryadi.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya