Ciptakan Wartawan Berkualitas, PWI Gelar UKW di NTB

Bekerja sama dengan PT Bank Mandiri dan PT Semen Indonesia

Mataram, IDN Times – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bersama dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dua perusahaan milik negara ini yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Semuanya berharap melalui pelaksanaan UKW ini, akan menciptakan wartawan yang berkualitas.

UKW PWI bersama BUMN yang digelar di Prime Park Hotel & Convention Lombok, berlangsung selama dua hari, yaitu Kamis-Jumat (18-19/1/2024). Rangkaian UKW ini dilaksanakan di seluruh PWI provinsi di Indonesia, termasuk PWI daerah Surakarta, Solo.

1. Program prioritas PWI Pusat

Ciptakan Wartawan Berkualitas, PWI Gelar UKW di NTBPembukaan UKW oleh PWI Pusat di Provinsi NTB pada Kamis (18/1/2024). (Dok.Humas PWI)

Ketua Bidang Multimedia dan Teknologi Informasi PWI Pusat,  Eko Ardiyanto menyampaikan salam dari Ketua Umum (Ketum) PWI Pusat  Hendry Ch Bangun. Ia juga mengucapan rasa terima kasihnya untuk Kementerian BUMN yang telah membantu penuh program UKW se-Indonesia ini. Eko berharap wartawan yang kompeten akan menjadi lokomotif pemberitaan yang profesional dan berkualitas di NTB dan di Indonesia pada umumnya.

“PWI Pusat berharap dengan UKW ini, maka di NTB semakin banyak wartawan yang kompeten, sehingga bekerja secara profesional dan mematuhi kode etik,” kata Eko, di Mataram, Kamis (18/1/2024).

Eko mengatakan bahwa ini merupakan salah satu program yang diprioritaskan oleh PWI Pusat. Dengan demikian, wartawan di Indonesia merupakan wartawan yang sudah lulus uji kompetensi. Sehingga dapat berkerja dengan baik sesuai kode etik.

“UKW ini jadi program kerja prioritas kepengurusan PWI periode 2023 - 2028 dan merupakan janji dari Ketum PWI Hendry Ch Bangun saat kongres beberapa waktu lalu,” ujar Eko.

2. UKW di NTB dibuka oleh Penjabat Gubernur

Ciptakan Wartawan Berkualitas, PWI Gelar UKW di NTBPembukaan UKW oleh Penjabat Gubernur NTB pada Kamis (18/1/2024). (Dok.Humas PWI)

UKW di NTB dibuka secara resmi oleh Penjabat Gubernur NTB H Lalu Gita Ariadi. Gita mengatakan, wartawan harus cerdas dalam membuat berita, khususnya berita yang membangun untuk kemajuan daerah.

Jadi wartawan bukan sekadar membuat berita, Gita juga berpesan agar wartawan mampu menyampaikan informasi yang memberikan edukasi. Gita juga menceritakan pengalamannya saat menjadi mahasiswa aktif dalam menulis ke media.

Pj Gubernur NTB juga mengapresiasi  PWI Pusat dan BUMN yang telah membuat UKW gratis bagi wartawan di NTB. Sehingga banyak wartawan dari daerah-daerah di luar Lombok, seperti dari Bima dan Sumbawa, antusias berkesempatan mengikuti UKW. Gita juga berharap peserta yang mengikuti UKW dapat memenuhi standar pengujian UKW.

Baca Juga: Pajak Hiburan hingga 75 Persen, NTB Khawatir Kunjungan Wisatawan Turun

3. Ciptakan wartawan cerdas

Ciptakan Wartawan Berkualitas, PWI Gelar UKW di NTBPelaksanaan UKW oleh PWI di Provinsi NTB pada Kamis (18/1/2024). (Dok.Humas PWI)

Sementara itu, GM Corporate Communication PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Arif Gunawan Sulistiyono, yang juga hadir dalam pembukaan UKW PWI-BUMN, mengatakan melalui program UKW dapat melahirkan wartawan yang cerdas dalam proses menghasilkan karya jurnalistik.

Arif berhawap wartawan juga mematuhi kode etik jurnalistik (KEJ). Pada bagian lain, Arif meminta PWI berperan dalam memberikan pendidikan ke penggiat media sosial, agar menciptakan konten berkualitas.

Arif juga menambahkan PT Semen Indonesia berkomitmen mendukung penuh jurnalis yang profesional dan berakhlak melalui program UKW PWI Pusat yang rencananya akan berjalan di 38 provinsi.

4. Bank Mandiri berikan apresiasi

Ciptakan Wartawan Berkualitas, PWI Gelar UKW di NTBPembukaan UKW di Provinsi NTB pada Kamis (18/1/2024). (Dok.Humas PWI)

Pada bagian lain, M Haris Budiman, selaku VP Area Head PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyampaikan rasa senangnya. Bank Mandiri menjadi bagian dari FH-BUMN yang memberikan support program UKW PWI di Provinsi NTB.

Menurut Haris, sesuai dengan tagline ‘Bagaimana Spirit Memakmurkan Negeri’, Bank Mandiri diharapkan dapat berkontribusi besar terhadap bangsa dan negara ini.

Harris juga menyampaikan berkaitan dengan peran Bank Mandiri di NTB. Saat ini Bank Mandiri di NTB memiliki 40 cabang dan memberikan support  segmen ekonomi mikro sampai dengan korporasi.

"Karena kami di NTB, bagaimana kami berkontribusi sebesar-besarnya bagi masyarakat NTB," ujar Harris.

5. Apresiasi dari PWI NTB

Ciptakan Wartawan Berkualitas, PWI Gelar UKW di NTBPelaksanaan UKW oleh PWI di Provinsi NTB pada Kamis (18/1/2024). (IDN Times/Ruhaili)

Di tempat yang sama, Ketua PWI NTB Nasrudin Zen juga menyambut baik perhatian dan dukungan dari pemerintah daerah Pemprov NTB, Pengurus PWI Pusat, Pengurus PWI NTB dan BUMN. Ia juga apresiasi delapan penguji UKW di NTB yaitu, Diapari Sibatangkayu (DKI Jakarta), Ainur Rohim (Surabaya), Nur Wahid (Surabaya), Syamsul Huda (Semarang), Sri Mulyadi (Semarang), Emanuael Dewata Oja (Bali) dan Abdus Syukur (NTB) serta Humas PWI Pusat Riza Awaluddin.

Nasrudin menyampaikan bahwa selama ini PWI NTB sudah menyelenggarakan 11 kali UKW, sehingga karyaw dari wartawan di NTB semakin bermatabat dan profesional. Di angkatan peserta UKW kali ini, Ia berharap rekan-rekan wartawan peserta UKW dapat membangun dan mendorong NTB lebih maju dan semakin melaju.

Baca Juga: Dikes NTB Investigasi Kasus Keracunan Massal Pelajar di Lombok 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya