Sandiaga Uno Meminta Festival Rimpu Mantika Naik Kelas

Tujuan untuk menggaet wisatawan mancanegara

Bima, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Memparerkraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan Festival Rimpu Mantika merupakan 1 di antara 100 festival terbaik di Indonesia. Tidak heran jika Rimpu Mantika ini lolos jadi festival Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 dari 3 ribu yang ikut bersaing.

"Ini prestasi luar biasa. Festival Rimpu Mantika 1 di antara 100 event terbaik di Indonesia dari 3 ribu yang ikut bersaing," kata Sandiaga Salahuddin Uno di Kota Bima, Jumat malam (26/4/2024).

1. Berpotensi lolos festival KEN 2025

Sandiaga Uno Meminta Festival Rimpu Mantika Naik KelasSandiaga Salahuddin Uno saat foto bersama dengan peserta festival Rimpu Mantika di atas panggung (IDN Times/Juliadin)

Menurutnya, Festival Rimpu Mantika baru kali pertama meraih predikat KEN. Jika pencapaian ini dapat dipertahankan, kemungkinan besar Rimpu Mantika akan kembali terpilih sebagai festival KEN pada tahun 2025 mendatang.

"Jika kita berhasil mempertahankan pencapaian ini, tidak menutup kemungkinan Rimpu Mantika dapat menjadi festival KEN untuk kedua atau bahkan ketiga kalinya," ujarnya.

Prestasi Festival Rimpu Mantika diakui memiliki potensi besar untuk kembali mendapatkan predikat sebagai festival KEN. Keyakinan ini didasarkan pada pengalaman Sandiaga saat menyaksikan langsung rangkaian acara Festival Rimpu Mantika di Kota Bima.

"Saya melihat potensi yang sangat besar setelah menyaksikan langsung acara Festival Rimpu Mantika," jelasnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Beli Sepatu Tenun Khas Bima Jadi Oleh-oleh

2. Rekomendasi Rimpu Mantika naik kelas

Sandiaga Uno Meminta Festival Rimpu Mantika Naik KelasFoto sejumlah peserta di atas panggung saat mengenakan Rimpu Colo dan Mpida (IDN Times/Juliadin)

Bahkan, Sandiaga rela datang langsung ke Kota Bima guna mendorong Festival Rimpu Mantika agar terpilih kembali menjadi KEN 2025 mendatang. Termasuk kepada Kemenkraf maupun pihak-pihak lainnya. 

"Kenapa saya datang langsung ke Bima, karena ingin merekomendasikan bahwa Rimpu Mantika layak dipilih kembali," terangnya.

Tidak hanya itu, ia juga akan merekomendasikan Rimpu Mantika naik kelas dengan memperluas kegiatan festival. Melalui langkah tersebut sehingga Festival Rimpu Mantika bisa menggaet wisatawan mancanegara.

3. Animo masyarakat tinggi ikuti Festival Rimpu Mantika

Sandiaga Uno Meminta Festival Rimpu Mantika Naik KelasSuasana pengunjung padati Lapangan Serasuba Kota Bima ikuti festival Rimpu Mantika (IDN Times/Juliadin)

Sandiaga menilai, partisipasi masyarakat sangat tinggi menjadi motor popularitas Festival Rimpu Mantika dari segi pariwisata. Ribuan warga masyarakat menikmati pelbagai sajian atraksi dan tari kearifan lokal. 

Tidak hanya itu, festival dapat terkenal juga berkat dukungan dan pengorbanan Pemda Bima dan pemerintah pusat dalam menyelenggarakan kegiatan. Semuanya bisa terealisasi karena ditunjang inovasi yang ditampilkan selama rangkaian kegiatan berlangsung.

"Salah satu inovasinya, peserta memakai busana dan baju-baju pengantin. Itu menarik dan unik," pungkasnya. 

Baca Juga: Tuntut Lima Tersangka Dibebaskan, Mahasiswa Demo Polres Bima Kota

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya