Sandiaga Uno Beli Sepatu Tenun Khas Bima Jadi Oleh-oleh

Menparekraf buka Festival Rimpu Mantika di Bima

Kota Bima, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (26/4/2024). Sebelum membuka Festival Rimpu Mantika, Sandiaga lebih awal menjajal rumah tenun di Kelurahan Raba Dompu.

Pada kesempatan itu, Sandiaga terpantau berbincang banyak soal proses pembuatan kain tenun dengan sejumlah penenun. Ia jatuh hati dengan kualitas produk lokal Bima, bahkan sempat membeli sejumlah produk untuk jadi oleh-oleh untuk dibawa kembali ke Jakarta.

"Saya tadi beli motif renda dan sepatu tenun. Insyaallah nanti akan saya pakai untuk outdoor," katanya, Jumat (26/4/2024).

1. Instruksikan pemda lestarikan produk lokal Bima

Sandiaga Uno Beli Sepatu Tenun Khas Bima Jadi Oleh-olehMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat melihat proses pembuatan kain tenun Bima (IDN Times/Juliadin)

Kualitas produk lokal ini diakui merupakan kekayaan yang dimiliki warga Bima yang harus terus dilestarikan. Ia pastikan melalui pelestarian produk ini dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Tidak hanya itu, Sandiaga juga memastikan kesejahteraan para penenun. Bahkan ia meminta langsung kepada Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi NTB dan Wali Kota Bima agar terus melestarikan produk lokal.

Baca Juga: Harga Jagung di Bima Naik Jadi Rp5 Ribu Usai Didemo Warga Berhari-hari

2. Produk tenun bima harus diekspor ke luar negeri

Sandiaga Uno Beli Sepatu Tenun Khas Bima Jadi Oleh-olehFoto proses pembuatan kain tenun Bima (IDN Times/Juliadin)

Kepada pemda setempat, Sandiaga menitipkan harapan agar produk lokal tidak hanya dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Produk lokal juga harus diekspor ke luar negeri, karena kualitas bahan dan produk sangat baik.

"Ibu-ibu pengrajin ini sudah pasarkan produk ke Singapura. Kami doakan semoga semakin maju," harapnya. 

3. Sandiaga buka festival Rimpu Mantika

Sandiaga Uno Beli Sepatu Tenun Khas Bima Jadi Oleh-olehFoto Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat diwawancarai wartawan di rumah tenun Bima (IDN Times/Juliadin)

Dari rumah tenun tersebut, Sandiaga dan rombongan kemudian bergeser ke panggung utama festival Rimpu Mantika di Lapangan Serasuba Kota Bima. Tidak lama kemudian, ia membuka festival Rimpu Mantika secara resmi.

"Dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, saya buka festival Rimpu Mantika secara resmi," katanya disambut tepuk tangan meriah dari ratusan pengunjung.

Pada festival inu, ada ribuan pengunjung yang datang. Pada hari sebelumnya juga sudah dilakukan sejumlah event, salah satunya lomba fashion show dengan tema kain tenun khas Bima.

Baca Juga: Tuntut Lima Tersangka Dibebaskan, Mahasiswa Demo Polres Bima Kota

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya