Pemkab Bima Buka Rekrutmen 2.150 Formasi PPPK dan CPNS

Jadwal seleksi masih menunggu informasi Panselnas

Bima, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) membuka rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024. Sesuai yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), lowongan yang dibuka sebanyak 2.150 formasi.

"Untuk pemerintah Kabupaten Bima sudah mendapatkan persetujuan prinsip jumlah formasi dari kemenpan RB sesuai sebanyak 2.150 Formasi," kata Kabag Prokopim Setda Kabupaten Bima, Suryadin dikonfirmasi Selasa (19/3/2024).

1. CPNS hanya 100 formasi

Pemkab Bima Buka Rekrutmen 2.150 Formasi PPPK dan CPNSPinterest

2.150 formasi tersebut sudah dilakukan verifikasi dan validasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Angka ini juga sudah sesuai yang diusulkan oleh Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri beberapa waktu lalu.

"Jumlah yang yang ditetapkan ini sudah sesuai formasi yang diusulkan Bupati Bima," terangnya.

Adapun rincian 2.150 formasi tersebut antara lain, 2.050 untuk formasi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sementara 100 lainya adalah formasi Calan Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

"Lebih banyak formasi PPPK ketimbang CPNS, hal ini sudah sesuai dengan kebutuhan di daerah," bebernya.

Baca Juga: Seorang Ayah di Bima Gigit dan Tonjok Anak Balitanya Akibat Kesal

2. Jadwal seleksi masih menunggu informasi Panselnas

Pemkab Bima Buka Rekrutmen 2.150 Formasi PPPK dan CPNSPhoto by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Sementara terkait jadwal dan tahapan seleksi, diakui belum ada informasi lebih lanjut. BKD dan Diklat saat ini, masih menunggu jadwal resmi yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Untuk jadwalnya menunggu jadwal resmi yang dikeluarkan oleh BKN selaku ketua Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)," jelasnya.

Begitu juga terkait dengan penentuan lokasi pelaksana seleksi. Apakah masih menggunakan tempat yang digunakan pada tahun 2023 lalu atau tempat lain.

3. Diusulkan setelah Anjab dan ABK

Pemkab Bima Buka Rekrutmen 2.150 Formasi PPPK dan CPNSDok. Humas Kota Bandung

Diberitakan sebelumnya, awal tahun 2024 kemarin Pemkab Bima mengusulkan kebutuhan formasi CPNS dan formasi PPPK ke BKN. Usulan itu berdasarkan pembahasan analisa jabatan (Anjab) dan analisa beban kerja (ABK).

Pembahasan tersebut melibatkan seluruh sekretaris, Kasubag kepegawaian dan operator. Baik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun pemerintah kecamatan yang tersebar di Kabupaten Bima.

Baca Juga: Seorang Pemuda di Bima Bakar Rumah Orangtuanya Pakai Bensin Eceran

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya