Pelni Sediakan 325 Tiket Gratis Bima-Makassar saat Arus Balik Lebaran

Loket pendaftaran akan dibuka sekitar awal April

Bima, IDN Times - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiapkan 325 tiket gratis untuk rute pelayaran Bima-Makassar saat arus balik lebaran 2024. Kegiatan ini merupakan program Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan Pelni dari semua daerah.

"Iya program Kemenhub dan bekerja sama dengan Pelni di semua daerah," kata Kepala Pelni Cabang Bima, Agus Dzuli Hermawan dikonfirmasi Selasa (26/3/2024).

1. Pendaftaran rencananya dibuka awal April

Pelni Sediakan 325 Tiket Gratis Bima-Makassar saat Arus Balik LebaranFoto Kepala Pelni Cabang Bima, Agus Dzuli Hermawan (IDN Times/Juliadin)

Agus mengatakan, pembukaan pendaftaran hanya dibuka pada loket Kantor Pelni Cabang Bima. Kepastian jadwal pendaftaran, masih menunggu informasi dari pemerintah pusat.

Namun, ia berharap jadwal itu dapat ditentukan pada 1 April mendatang. Sehingga pada 14 April nanti, para penumpang bisa melakukan pelayaran usai lebaran.

"Maunya kami begitu jadwalnya, tapi kan kembali ke pusat," terangnya.

Baca Juga: Ombudsman NTB Temukan Penyimpangan Seleksi PPPK di Bima

2. Cukup bawa KTP dan KK

Pelni Sediakan 325 Tiket Gratis Bima-Makassar saat Arus Balik LebaranIlustrasi e-KTP (dok. IDN Times/Ita)

Sementara itu, terhadap para calon penumpang yang ingin mendapatkan tiket cukup membawa KTP asli/foto copy. Sedangkan bagi penumpang keluarga, cukup menunjukan Kartu Keluarga (KK).

"Syaratnya itu aja. Hal ini sudah kami sosialisasikan juga melalui pemasangan spanduk dan media sosial (Medsos)," bebernya.

Kemudian jika sudah dipesan, tiket tersebut tidak bisa diganti dengan nama penumpang lain. Apalagi sampai diganti untuk tujuan pelayaran pada hari berikutnya.

"Jika sudah dipesan namun tak berangkat, sudah tak berlaku lagi. Kemudian untuk barang, paling banyak 40 kilogram per orang, kalau di atas itu wajib bayar," ujarnya.

3. Berlayar pakai KM Binaiya

Pelni Sediakan 325 Tiket Gratis Bima-Makassar saat Arus Balik LebaranFoto situasi loket Kantor Pelni Cabang Bima (IDN Times/Juliadin)

Ada pun kapal yang akan mengangkut penumpang yakni KM Binaiya. Dengan kapasitas, normalnya sebanyak 1.400 penumpang belum termasuk Anak Buah Kapal (ABK).

Agus belum mengetahui pasti program tiket gratis ini, apakah akan berlanjut tahun berikutnya atau tidak. Namun ia berharap, agar dilanjutkan supaya dapat meringankan beban pelaku perjalanan yang ekonomi lemah.

"Harapannya jadi program tahunan. Lumayan bisa ringankan warga, karena normal harga tiket itu Rp242 ribu per orang Bima-Makassar," pungkasnya.

Baca Juga: Pemkot Bima Ingatkan Perusahaan Bayar THR Paling Lambat H-7 Lebaran

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya