Demi Uang Mahar, Calon Pengantin Asal Bima ini Curi Uang Ratusan Juta

Pelaku ditangkap polisi ketika berada di rumah calon mertua

Bima, IDN Times - Calon pengantin pria inisial AB, warga Kecamatan Woha, Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap polisi. Pria berusia 25 tahun ini dibekuk tim Polsek Woha di rumah calon mertuanya. Ia diduga mencuri uang sebesar  Rp208.465.000 di sebuah tokoh wilayah setempat.

Uang ratusan juta tersebut rencananya akan digunakan oleh terduga pelaku untuk penuhi kebutuhan uang mahar. Karena pada 5 Juli nanti, rencananya dia akan melangsungkan pernikahan dengan sang pujaan hati. 

"Pelaku ditangkap ketika berada di rumah calon mertuanya pada 28 Juni lalu di Desa Barlau. Motifnya karena terdesak dengan kebutuhan uang mahar,"kata Kasi Humas Polres Bima, Iptu Adib Widayaka, Senin (3/7/2023).

1. Pelaku diamankan saat di rumah calon mertua

Demi Uang Mahar, Calon Pengantin Asal Bima ini Curi Uang Ratusan Jutailustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Adib mengatakan, penangkapan pelaku berawal dari laporan pemilik toko. Korban melaporkan bahwa brankas yang berisi uang tunai Rp208.465.000 di dalam tokonya tiba-tiba hilang.

Dari laporan tersebut, tim Polsek Woha langsung melakukan rangkaian penyelidikan. Hasilnya, mereka berhasil mengidentifikasi keberadaan terduga pelaku yang saat itu sedang berada di rumah calon mertuanya di Desa Barlau Kecamatan Monta. 

"Tim amankan pelaku di sana bersama barang bukti uang Rp190.465.800. Saat ini dia masih diamankan untuk diproses lebih lanjut,"terangnya.

Baca Juga: Mandi di Mata Air Tampuro Bima Diyakini Bisa Sembuhkan Penyakit

2. Curi uang usai semua karyawan pulang

Demi Uang Mahar, Calon Pengantin Asal Bima ini Curi Uang Ratusan JutaIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Dihadapan penyidik Polsek Woha, pelaku mengakui semua perbuatannya. Dalam aksinya, AB yang juga mantan karyawan toko itu memasuki toko setempat pada pukul 21.00 Wita.

Selanjutnya, dia naik ke lantai dua dan bersembunyi di antara gantungan pakaian sambil menunggu toko ditutup dan karyawan pulang. Setelah semua karyawan meninggalkan toko sekira pukul 00.20 WITA, pelaku pun mulai melakukan aksinya.

"Pertama, dia menuju lantai satu dan masuk ke dalam kamar mandi karyawan dan memanjat dinding untuk beralih ke kamar mandi direktur," bebernya.

3. Keluar dari toko melalui pipa air

Demi Uang Mahar, Calon Pengantin Asal Bima ini Curi Uang Ratusan JutaIlustrasi Maling (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah itu, pelaku langsung menuju ruangan direktur toko, lalu menguras brankas lemari besi yang berisi uang ratusan juta. Dari situ, dia lantas kembali naik ke plafon lantai 2 kemudian turun melalui pipa air sambil membawa uang hasil curian.

"Terduga pelaku ini merupakan mantan karyawan di toko itu. Sehingga ia menguasai celah untuk masuk dan keluar," tandasnya.

Baca Juga: Kecewa Pelaku Pemanahan Belum Ditangkap, Warga Bima Blokade Jalan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya