Bus Antar Kota di Bima Bernasib Nahas Tertimpa Pohon Tumbang

Tidak ada korban jiwa maupun terluka

Kota Bima, IDN Times - Hujan lebat disertai angin kencang mengguyur wilayah Kota Bima di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya, Jumat sore (1/12/2023). Akibatnya, bus jurusan Bima-Hu’u Dompu tertimpa pohon di jalan kawasan Kuburan Cina Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat.

"Benar ada kejadiannya, tapi korban jiwa nihil,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bima Didi Fahdiansyah dikonfirmasi jurnalis. 

1. Bus mengalami kerusakan cukup parah

Bus Antar Kota di Bima Bernasib Nahas Tertimpa Pohon TumbangIDN Times/ Muchammad Haikal

Fahdiansyah mengatakan, bencana alam tersebut menyebabkan bus mengalami kerusakan parah, terutama di bagian depan kendaraan. Batang pohon menimpa bagian depan bus seluruhnya. 

Hanya saja kejadian nahas tersebut tidak membawa korban jiwa penumpangnya. Bahkan penumpangnya tidak ada yang terluka.  

"Hanya mobil saja yang rusak parah di bagian depan. Kacanya sudah pecah dan bagian atap patah," terangnya.

2. Pohon tumbang juga terjadi di sejumlah titik lain

Bus Antar Kota di Bima Bernasib Nahas Tertimpa Pohon TumbangIlustrasi pohon yang tumbang (Dok. BPBD Purbalingga)

Selain di tempat tersebut, bencana pohon tumbang juga terjadi di sejumlah titik lain. Fahdiansyah pun menyebutkan sejumlah lokasi terkena dampak cuaca ekstrem, seperti di Kecamatan Mpunda di jalan lingkungan Samporo Kelurahan Manggemaci dan di Kelurahan Mande.

“Masih ada satu titik lagi, hanya lokasinya belum kita lihat,” jelas dia.

3. Warga diimbau waspada

Bus Antar Kota di Bima Bernasib Nahas Tertimpa Pohon TumbangIlustrasi angin kencang mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah.(Dok BPBD Purbalingga)

Menanggapi bencana alam ini, sejumlah petugas telah dikerahkan ke lokasi untuk melakukan pembersihan. Saat ini mereka tengah fokus membersihkan pohon tumbang di Kelurahan Dara.

Fahdiansyah imbau warga agar tetap waspada. Terutama bagi para pengendara roda dua dan empat yang melintas terobos hujan.

"Kami imbau warga terutama pengguna jalan agar tetap waspada pohon tumbang, mengingat cuaca saat ini sedang tidak bersahabat," pungkasnya.

Baca Juga: Polres Bima Bentuk Tim Siber Tangkal Hoaks dan Sara Jelang Pemilu 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya