2.261 Warga Bima Diduga Terpapar TBC, 300 Orang Dinyatakan Positif 

Penularan TBC melalui udara dari batuk dan bersin

Bima, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menemukan 2.261 warga diduga penderita TBC. Sementara yang dinyatakan positif baru tercatat sebanyak 300 orang, yang mana para pasien ini sedang proses pengobatan.

"Ribuan kasus ini ditemukan sejak Januari hingga Mei. Kalau untuk Juni, laporannya belum masuk," kata Kabib P2PL Dikes Kabupaten Bima, Alamsyah dikonfirmasi Rabu siang (21/6/2023).

1. TBC serang semua kalangan usia

2.261 Warga Bima Diduga Terpapar TBC, 300 Orang Dinyatakan Positif Pasien TBC sering dikucilkan masyarakat, padahal bukan seperti itu cara menangani pasien TBC. (freepik.com/peroplecreations)

Alamsyah mengatakan, kasus tuberkulosis ini ditemukan pada 17 kecamatan di Kabupaten Bima. Dengan rata-rata menyerang semua kalangan usia, mulai dari tingkat anak-anak hingga lanjut usia (Lansia).

"Sesuai data yang ada, penyakit TBC menyerang semua kalangan. Cuma kebanyakan saya lihat dari usia 30 hingga 60 tahun," beber mantan Kepala Puskesmas Soromandi ini.

Baca Juga: Merasa Dibohongi, Warga di Bima Segel Kantor Camat dan Blokade Jalan

2. Menular melalui udara dari batuk dan bersin

2.261 Warga Bima Diduga Terpapar TBC, 300 Orang Dinyatakan Positif ilustrasi bersin atau batuk (pexels.com/Gustavo Fring)

Menurut Alamsyah, kasus TBC tersebut berawal dari satu orang pasien positif yang berada dalam satu kelompok keluarga. Kemudian menular ke anggota keluarga lain atau warga sekitar melalui udara dari batuk dan bersin yang berlangsung terus-menerus.

"Penularan penyakit TBC ini cepat. Dia menular melalui udara, dari batuk dan bersin pasien yang positif," terangnya.

Sementara fakta lapangan, kebanyakan masyarakat dewasa ini menganggap remeh jika berada di sekitar warga yang sedang batuk. Karena mereka tidak mengetahui, apakah orang tersebut penderita TBC atau tidak.

"Mau orang itu positif TBC atau bukan, kita harus tetap waspada. Apa salahnya kita hindari saat dia batuk dan bersin, jangan sampai orang itu positif," jelasnya.

3. Intens penyuluhan dan screening kesehatan

2.261 Warga Bima Diduga Terpapar TBC, 300 Orang Dinyatakan Positif Foto Kabid P2PL Dikes Kabupaten Bima, Alamsyah (IDN Times/Juliadin)

Guna menekan kasus TBC, Dikes saat ini intens turun melakukan sosialisasi ke lapangan. Mengedukasi masyarakat mulai dari pencegahan dini hingga langkah-langkah yang akan dilakukan jika diserang penyakit TBC.

"Misalnya, jika alami batuk dan bersin selama tiga hari berturut-turut, mereka diminta segera ke dokter," bebernya.

Kemudian jika ada pasien penderita TBC di kalangan keluarga tertentu, pihaknya akan langsung turun lapangan lakukan screening kesehatan. Terhadap 20 orang warga yang dianggap dekat dengan pasien, akan diambil sampel dahak guna mengetahui ketularan TBC atau tidak.

"Misalnya positif TBC, kita akan berikan rutin obat ke mereka selama 6 bulan. Kalaupun dalam 6 bulan itu rajin minum obat, pasti dia akan sembuh," tandasnya.

Baca Juga: Trik Pelaku Perdagangan Orang di Bima, Korban Dijanjikan Gaji Rp7 Juta

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya