Viral! Oknum PNS di Bima Bagi Uang agar Pemilih Coblos Caleg DPR RI

Katanya hanya untuk konten lucu #GenZmemilih

Kota Bima, IDN Times - Video oknum pegawai negeri sipil (PNS) terlibat politik uang viral di media sosial Bima-Dompu, Sabtu (17/2/2024). Setelah ditelusuri, oknum itubernama Anto, salah satu PNS di Dinas Pertanian Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Dalam video berdurasi 18 detik itu, Anton tampak mengenakan topi koboi. Dia mendatangi dan menunjukkan jenis kertas suara DPR RI berwarna kuning kepada seorang warga.

1. Ajak warga agar coblos Caleg DPR RI

Viral! Oknum PNS di Bima Bagi Uang agar Pemilih Coblos Caleg DPR RIIlustrasi surat suara DPR RI Dapil NTB. (IDN Times/Linggauni)

Dalam percakapannya, penyuluh pertanian ini menyuruh warga untuk mencoblos Calon DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) nomor urut 1. Setelah menunjuk nama Caleg yang dicoblos, lalu dia memberikan uang kepada warga tersebut.

“Ini untuk beli rokok,” katanya dalam Bahasa Bima sembari memasukan uang ke saku seorang warga di dalam video itu.

Baca Juga: Dua Terduga Pelaku Pembakaran Kotak Suara di Bima Ditangkap

2. Alasan: hanya konten lucu

Viral! Oknum PNS di Bima Bagi Uang agar Pemilih Coblos Caleg DPR RIilustrasi tertawa karena lucu (pinterest.com/pngtree)

Anto yang dikonfirmasi terkait hal itu mengaku video tersebut hanya untuk kebutuhan konten media sosial (Medsos) saja. Tidak dalam praktik politik uang seperti yang dinilai dan dituduhkan oleh banyak orang.

"Memang itu video saya dan dibuat dalam kondisi sadar. Tapi itu hanya untuk lucu-lucuan saja sesama teman," katanya dikonfirmasi Sabtu (17/2/2024).

3. Warga yang diberikan uang merupakan ODGJ

Viral! Oknum PNS di Bima Bagi Uang agar Pemilih Coblos Caleg DPR RIPasien ODGJ memberikan memberikan hak suaranya. (IDN Times/Imam Faishal)

Ia mengatakan bahwa warga yang diberikan uang tersebut merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Untuk memastikan itu, dia bahkan mengajak agar bertanya langsung ke sejumlah rekannya.

"Kalau gak percaya, silakan tanya ke teman-teman saya. Karena video itu juga saya kirim ke grup WA teman-teman," pungkasnya.

Baca Juga: Bawaslu NTB Sebut Rekapitulasi Suara di Kecamatan Rawan Kongkalikong

Juliadin Photo Community Writer Juliadin

Terus bekerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya