Cara Modern Kampung Melayu Ampenan Antisipasi Tindakan Kriminal

Pemasangan CCTV di pintu masuk kampung

Mataram, IDN Times - Anggota DPRD Kota Mataram Nyayu Ernawati memasang CCTV tenaga surya atau matahari dan penerangan jalan lingkungan di Kampung Melayu Ampenan Minggu (4/12) kemarin. Pemasangan fasilitas ini untuk mengantisipasi tindakan kriminal dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. 

Tokoh pemuda Kampung Melayu Ampenan, Fauzi Alkaf, mengatakan sangat mendukung pemasangan fasilitas melalui dana pokok pikiran (pokir) anggota DPRD Kota Mataram Nyayu Ernawati. Pemasangan CCTV ini diharapkan bisa ditambahkan terutama dipintu masuk Kampung Melayu.

“Kampung ini merasa aman dan nyaman setelah dipasangkan CCTV. Ini untuk mencegah tindak kejahatan,” katanya Minggu (5/12) sore. 

Dia menambahkan, keberadaan CCTV ini juga bisa memantau aktivitas masyarakat di Kampung Melayu Ampenan. Tidak saja CCTV melainkan penerangan jalan lingkungan juga sudah mulai dilingkapi. “Adanya CCTV ini kedepannya aktifitas bisa terpantau. Ini sangat bermanfaat,” katanya senang.

1. Pemasangan CCTV mempermudah pengawasan aktivitas masyarakat

Cara Modern Kampung Melayu Ampenan Antisipasi Tindakan Kriminaldok/Nyayu Ernawati

Ketua KIM Ampenan Fugran Al Imran melalui Sekretarisnya, Rama Pratama, menyambut baik pemasangan CCTV di lingkungan Kampung Melayu. Dampak positif dari pemasangan CCTV tersebut sangat dirasakan oleh masyarakat terutama memberikan rasa aman dan nyaman.

“Alhamdulillah banyak manfaatnya dari sisi keamanan ya. Karena banyak masyarakat yang juga sering kehilangan tabung gas yang lainnya. Kini aktivitas masyarakat bisa dipantau,” terangnya. 

Baca Juga: Mendengar Kisah dari Pemulung di TPAR Kebon Kongok Lombok Barat

2. CCTV dengan tenaga surya atau matahari

Cara Modern Kampung Melayu Ampenan Antisipasi Tindakan Kriminaldok/Nyayu Ernawati

Idham selaku pemasangan CCTV dari CV Mataram Media menerangkan CCTV yang dipasangan tersebut berdiri sendiri. Artinya, tidak membutuhkan operator untuk mengoperasikannya. Selain itu, CTTV tersebut tidak membutuhkan tenaga listrik karena menggunakan panel surya atau matahari.

“Di dalamnya sudah ada modem ruter sehingga bisa dipantau secara online dan real time 24 jam selama 14 hari denagn memori 128 GB. CCTV ini akan menghapus secara otomatis rekaman paling lama. Tapi bisa diakses rekaman 14 hari terakhir,” terang Idham.

3. Pemasangan CCTV Dukung Program Smart City

Cara Modern Kampung Melayu Ampenan Antisipasi Tindakan Kriminaldok/Nyayu Ernawati

Anggota DPRD Kota Mataram Fraksi PDIP, Nyayu Ernawati, mengatakan selain untuk memberikan keamana kepada masyarakat, pemasangan CCTV juga untuk mendukung program smart city yang sudah digaungkan pemerintah. Sementara untuk pemasangan penerangan jalan memang sangat diharapkan oleh masyarakat. Pasalnya masih ada beberapa ruas jalan yang membutuhkan penerangan.

“Ini perminataan masyarakat khususnya tokoh pemuda untuk CCTV dan penerang jalan lingkungan ini,” katanya. 

Disebutkan, jumlah CCTV yang dipasangkan yaitu sebanyak 26 kamera di 13 titik. Untuk memaksimalkan pengawasan, di masing-masing lokasi dipasangkan dua kamera. Sedangkan untuk lokasi pemasangannya tergantung permintaan dari tokoh agama, masyarakat dan pemuda setempat.

“Ini hasil pantauan kameranya bisa di akses di smartphone dan juga computer. Jadi aktfitas masyarakat disini sekarang bisa diawasi kamera,” ujar politisi PDIP ini. 

Nyayu menambahkan, pemasangan fasilitas umum  bagi masyarakat akan dilakukan secara bertahap. Karena anggaran untuk pemasangan ini dialokasikan pada APBD Murni dan APBD Perubahan Kota Mataram. “Kita akan lakukan secara bertahap, insya Allah tahun depan kita anggarkan lagi,” kata Nyayu

Baca Juga: Penjelasan BMKG Soal Fenomena Hujan Es di Mataram

Ajm Photo Community Writer Ajm

Ku mulai menulis cerita hari ini

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya