TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BPBD Mataram Imbau Warga Antisipasi Dampak La Nina

Perubahan cuaca dari kemarau ke musim hujan

ilustrasi cuaca buruk (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Mataram, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengimbau warga di daerah itu agar waspada terhadap fenomena La Nina yang bisa meningkatkan curah hujan.

"Berdasarkan prediksi BMKG fenomena La Nina mulai dirasakan, dengan terjadinya perubahan cuaca dari kemarau ke musim hujan sehingga berbagai potensi dampaknya perlu diwaspadai," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Mahfuddin Noor seperti dikutip dari Antara pada Rabu (12/7/2023).

Baca Juga: Tata Ruang Kreatif Kota Tua Ampenan, Dispar Mataram Siapkan Rp180 Juta

1. Potensi bencana

Ilustrasi banjir (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Pernyataan itu disampaikan menanggapi kondisi cuaca di Kota Mataram, yang dalam beberapa hari terakhir ini terjadi hujan disertai angin kencang.

Fenomena La Nina, katanya, bisa berdampak meningkatkan potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, gelombang pasang, longsor dan lainnya.

"Beberapa waktu lalu sempat terjadi gelombang pasang di Pantai Ampenan, tapi tidak terlalu berdampak terhadap kerusakan rumah warga sekitar," katanya.

2. Nelayan antisipasi cuaca buruk

Ilustrasi nelayan melaut. (Dok. KNTI)

Menurutnya, berdasarkan pantauan dan asesmen, di Mataram terjadi hujan lama, dengan intensitas sedang tapi disertai angin kencang sehingga tidak ada dampak genangan air signifikan.

Sementara, untuk saat ini nelayan masih bisa melaut sebab ketinggian gelombang sudah mulai normal yakni 1-1,5 meter. Terhadap kondisi itu, nelayan sebenarnya sudah paham sebab mereka memiliki kearifan lokal yang sangat kuat.

“Tapi tugas kami tetap harus memberikan informasi kepada nelayan dan aparat setempat,” katanya

Baca Juga: Pemkot Mataram Kini Gencarkan Program Smart City

Verified Writer

Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya