TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

NTB Masuk 10 Provinsi Termiskin di Indonesia

Penduduk miskin di NTB tinggal 731.940 jiwa

Potret warga miskin di Kota Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mataram, IDN Times - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) masuk 10 provinsi termiskin di Indonesia berdasarkan rilis terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) periode Maret 2022. Dari 10 provinsi termiskin di Indonesia, NTB berada di peringkat 8 besar.

Adapun 10 provinsi termiskin di Indonesia adalah Papua 26,56 persen, Papua Barat 21,33 persen, Nusa Tenggara Timur 20,05 persen, Maluku 15,97 persen, Gorontalo 15,42 persen, Aceh 14,64 persen, Bengkulu 14,62 persen, Nusa Tenggara Barat 13,68 persen, Sulawesi Tengah 12,33 persen dan Sumatera Selatan 11,90 persen.

Baca Juga: Maret 2022, Penduduk Miskin di NTB Tinggal 731.940 Orang 

1. Jadi tantangan

Kepala Bappeda Provinsi NTB, Iswandi. (Dok. Bappeda Provinsi NTB)

Kepala Bappeda NTB Iswandi yang dikonfirmasi terkait posisi NTB yang masuk 10 provinsi termiskin di Indonesia tak menampik hal itu. Namun ia mengatakan angka kemiskinan di NTB terus mengalami progres penurunan.

"Memang ada penurunan yang fluktuatif karena pandemik. Situasinya memang seperti itu, kita masih tergolong 10 provinsi yang masih tinggi. Itu menjadi tantangan kita untuk mempercepat," kata Iswandi dikonfirmasi usai rapat di Pendopo Wakil Gubernur NTB, Senin (18/7/2022).

2. Pemda terus bekerja turunkan kemiskinan

Ilustrasi kemiskinan (IDN Times/Arief Rahmat)

Mantan Penjabat Sekda NTB ini menegaskan Pemda terus bekerja menurunkan angka kemiskinan di NTB. Belum lama ini telah digelar rakor dengan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) kabupaten/kota.
TKPKD provinsi dan TKPKD kabupaten/kota mengkonsolidasikan program-program di semua sektor untuk percepatan penurunan kemiskinan di NTB.

"Jadi pemerintah terus bekerja dalam percepatan penurunan kemiskinan itu. Terbukti dengan adanya progres penurunan. Bahwa belum mencapai yang lebih progresif bagian dari ikhtiar yang sedang kita laksanakan," terangnya.

Baca Juga: SMA Muhammadiyah Mataram Hanya Dapat 9 Siswa Baru

Berita Terkini Lainnya