TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menparekraf Pastikan MotoGP Mandalika Berlanjut hingga 2027

Pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika 2024 tuntas

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Lombok Tengah, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan gelaran MotoGP Mandalika berlanjut hingga 2027. Sandi menegaskan Pemerintah berkomitmen bersama BUMN PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney dan Dorna Sport untuk melanjutkan kemitraan gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika.

"Berulangkali kami sampaikan bahwa MotoGP ini akan berlanjut. Komitmen pemerintah bersama BUMN InJourney dan Dorna berlanjut. Jadi di 2025, 2026 dan 2027 akan terus berlanjut kemitraan ini," kata Sandi di Sirkuit Mandalika, Jumat (27/9/2024).

1. Hosting fee MotoGP Mandalika 2024

Marc Marquez pada Sesi Latihan Bebas 1 (FP1) MotoGP Mandalika, Jumat (27/9/2024) (IDN Times / Linggauni)

Sandi berharap masyarakat terus mendukung gelaran MotoGP Mandalika. Karena perhelatan balap motor bergengsi di dunia itu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia khususnya ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Terkait pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika 2024 sebesar Rp231 miliar, Sandi menyatakan sudah tuntas. Untuk tahun depan, hosting fee akan menggunakan sumber pembiayaan Indonesia Quality Tourism Fund (IQTF).

"Jadi alhamdulilah (hosting fee) selesai. Alhamdulillah sudah ditandatangani. Kerja sama semua sudah selesai. Kita kerjanya sangat cepat," tutur Sandi.

Baca Juga: Nyaris Jatuh di Tikungan 10 Mandalika, Marc Marquez Ngaku Kesulitan

2. Dampak MotoGP Mandalika

Sandi menambahkan gelaran MotoGP Mandalika memberikan dampak bagi perekonomian. Pada 2022, perhelatan MotoGP Mandalika memberikan dampak ekonomi sebesar Rp8 triliun. Tahun lalu, kontribusi gelaran MotoGP terhadap pertumbuhan ekonomi sekitar satu persen.

"Dari lapangan kerja sudah tercipta 23 ribu. Tapi secara keseluruhan kita akan menurunkan tim untuk mengkaji dampak MotoGP Mandalika 2024," kata Sandi.

3. Gelaran MotoGP Mandalika 2024 jauh lebih baik

Sandi mengungkapkan gelaran MotoGP Mandalika 2024 diapresiasi oleh Dorna Sports dan para pembalap. Ia mengatakan Dorna dan pembalap mengatakan gelaran MotoGP Mandalika 2024 jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun, kata Sandi, Dorna memberikan catatan terkait fasilitas akomodasi. Mereka menginginkan lama menginap jangan dipatok minimal 6 hari. Tetapi perlu ada fleksibilitas misalnya tiga hari atau empat hari.

"Sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang mampu menjangkau harga fasilitas akomodasi. Hosting fee tetap dibayar oleh ITDC tetapi kami mendukung melalui aktivasi dan promosi Wonderful Indonesia," tandasnya.

Baca Juga: Dorna Komplain Melambungnya Tarif Kamar Hotel saat MotoGP Mandalika  

Berita Terkini Lainnya