TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dorna Komplain Melambungnya Tarif Kamar Hotel saat MotoGP Mandalika  

Perlu penambahan jumlah akomodasi di Mandalika

Sesi Latihan Bebas 1 (FP1) MotoGP Mandalika, Jumat (27/9/2024) (IDN Times / Linggauni)

Lombok Tengah, IDN Times - Promotor MotoGP, Dorna Sports komplain atas melambungnya tarif kamar hotel di kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dorna memberikan masukan agar booking hotel jangan dipatok minimal selama enam hari, tetapi perlu fleksibel tiga atau empat hari.

Komplain Dorna Sports tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Sirkuit Mandalika, Jumat (27/9/2024). Sembari menyaksikan latihan bebas MotoGP Mandalika 2024, Sandi bertemu beberapa pembalap dan CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.

"Akomodasi ini tadi saya sudah memberikan masukan. Tadi diperkuat oleh pandangan Dorna sendiri bahwa akomodasi di sini perlu harganya sangat tinggi. Oleh karena itu saya memberikan arahan kepada pak Kadis Pariwisata dan teman-teman agar fasilitas akomodasinya bisa lebih terjangkau," kata Sandi.

1. Perlu penambahan jumlah akomodasi di Mandalika

Tribun penonton di Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Linggauni)

Sandi menjelaskan melambungnya tarif kamar hotel di kawasan Mandalika saat event MotoGP karena masih terbatasnya fasilitas akomodasi. Pemerintah daerah telah membuat kebijakan tarif kamar hotel di Mandalika maksimal naik tiga kali lipat.

Namun, akibat permintaan yang tinggi sehingga tarif kamar hotel di Mandalika naik sampai empat kali lipat. "Jadi ke depan harus dipersiapkan dengan lebih baik dengan tambahan akomodasi," ujar Sandi.

Baca Juga: Tanpa Drama Crash, Marc Marquez Finis ke-6 saat FP1 di Mandalika

2. Dorna menginginkan ada fleksibilitas lama menginap

Sandi menambahkan perlu ada regulasi yang dibuat pemerintah daerah supaya pengelola hotel tidak mematok lama menginap minimal 6 hari. Tetapi perlu ada fleksibilitas yang diberikan kepada tamu yang menginap misalnya tiga hari atau empat hari.

"Tapi Dorna meyakini dengan pendekatan yang fleksibel itu walaupun harga naik. Jadi tidak membuat orang kapok. Tetapi ada fleksibilitas sehingga akomodasi ini bisa lebih terjangkau untuk masyarakat," tambahnya.

3. Dorna puas dengan kondisi trek Sirkuit Mandalika

Meskipun ada komplain terkait akomodasi, tetapi Dorna dan para pembalap mengaku puas dengan kondisi trek Sirkuit Mandalika. Sandi berharap gelaran MotoGP Mandalika 2024 bisa berjalan sukses dan melebihi jumlah penonton tahun lalu yang mencapai 102 ribu orang.

"Tadi kami bertemu dengan beberapa pembalap dan pemilik Dorna, mereka menyatakan kepuasan terhadap kondisi trek dan diharapkan cuaca mendukung untuk berlangsungnya MotoGP Mandalika yang ketiga tahun ini," tandas Sandi.

Baca Juga: Nyaris Jatuh di Tikungan 10 Mandalika, Marc Marquez Ngaku Kesulitan

Berita Terkini Lainnya