Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Capai 91 Persen

Lampu start mulai dipasang

Lombok Tengah, IDN Times - Kemajuan pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat memasuki pertengahan bulan Agustus 2021 disebut telah mencapai 91 persen. 

Selain itu, fasilitas pendukung lainnya mulai dikerjakan seperti konstruksi lampu start MotoGP mulai dipasang.

Baca Juga: Umumkan Pensiun, Inilah 9 Potret Valentino Rossi Saat Jadi Juara Dunia

1. Pengaspalan Sirkuit ditarget rampung Agustus 2021

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Capai 91 PersenPengaspalan lintasan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok tahap pertama/dok. Humas ITDC

Dikutip di laman Instagram @the mandalika, progres pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok khusus pekerjaan aspal talah sampai tahap pengaspalan lapis terakhir atau lapisan Stone Mastic Asphalt (SMA) di run-off dan track lane.

Ada pun proses pengaspalan terakhir Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok akan berlangsung hingga akhir Agustus 2021. 

Selanjutnya untuk progres pekerjaan di dalam trek seperti pengaspalan outer dan inner service road capai 98 persen.

Untuk pengaspalan track lane capai 68 persen. Sedangkan untuk pengaspalan run-aff capai 37 persen, run-off gravel capai 99 persen dan run-off grass capai 98 persen.

"Kemudian ada pekerjaan yang sudah selesai 100 persen seperti tunnel utara dan tunnel selatan, serta pemasangan concrete barrier," tulis dalam laman Instagram @the mandalika. 

Selain itu, untuk pekerjaan bangunan infrastruktur di dalam sirkuit seperti race control sudah mencapai 83,75 persen dan pondasi pit building capai 85,94 persen.

2. Pemasangan lampu start MotoGP Mandalika mulai dipasang

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Capai 91 PersenProses pembangunan Race Area di Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok/humas ITDC

Humas PT Indonesia Thourism Development Center (ITDC) Lombok, Anggun yang dikonfirmasi, Kamis (12/8/2021) mengaku proses pengaspalan lintasan sirkuit MotoGP Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) akan rampung akhir Agustus 2021.  

"Pemasangan lampu start MotoGP dan fasilitas pendukung di sirkuit telah dikerjakan," kata Anggun.

3. Sirkuit MotoGP Mandalika siap lakukan homologasi

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Capai 91 PersenSirkuit MotoGP Mandalika/Dok. Humas ITDC

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan, selain pengerjaan pengaspalan lintasan sirkuit, saat ini juga tengah dilakukan beberapa pekerjaan lain secara bersamaan.

Baik pengerjaan penghamparan gravel bed, proses fabrikasi, pemasangan concrete barrier, pagar debris fence, pitwall geobrugg, landscaping (pohon dan rumput) dan pekerjaan drainase permukaan kawasan JKK serta pekerjaan pondasi borepile bangunan race control.

"Race Control adalah ruangan khusus yang diperuntukkan sebagai tempat melakukan supervisi dan mengatur jalannya balapan," kata Bram belum lama ini. 

Race Control ujar Bram harus memiliki persyaratan seperti peredam suara, koneksi jaringan telepon baik nasional maupun internasional, jaringan Wi-Fi, CCTV, TV, sistem pencahayaan, sistem waktu dan transponder. 

"Kami sangat puas dengan kemajuan pekerjaan JKK," kata Bram.

Ia pun akan memastikan bahwa pekerjaan akan terus berjalan sesuai dengan timeline. Termasuk target homologasi pada semester kedua tahun 2021 ini.

"Kami berharap seluruh kegiatan konstruksi berjalan dengan lancar dan optimal untuk menyambut event World Superbike (WSBK) November mendatang di The Mandalika," pungkas Bram.

Baca Juga: Petronas Dikabarkan Mundur dari Sponsor Utama SRT MotoGP

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya