Mobil Angkut Sembilan Penumpang Terguling saat Hujan Deras di Lombok

Selamatkan diri dengan memecah kaca mobil

Lombok Tengah, IDN Times - Satu unit mobil jenis Toyota Avanza terguling di jalan Gajah Mada Praya Kabupaten Lombok Tengah, Minggu malam (5/12/2021) sekitar pukul 20:00 WITA. Dari keterangan saksi, suara mobil yang terguling sempat membuat beberapa warga yang bermukim di Dusun Wakan Daye Kecamatan Praya sontak kaget.

Sebanyak sembilan orang termasuk sopir berhasil selamat dari peristiwa nahas itu. Mereka berusaha keluar dari mobil yang terguling dengan memecahkan kaca mobil.

1. Datang dari arah barat

Mobil Angkut Sembilan Penumpang Terguling saat Hujan Deras di LombokMobil terbalik di Lombok Tengah IDN Times/Ahmad Viqi

Menurut keterangan warga, Marzuki, mengatakan bahwa mobil Avanza dengan nomor kendaraan DR 1358 VD itu datang dari arah barat hendak menuju Kota Praya. Tiba-tiba kata Marzuki, mobil oleng ke arah kanan sehingga menabrak trotoar jalan dan tiang listrik yang ada di Jalan Gajah Mada dekat kantor Bupati Lombok Tengah.

"Nabrak terus terbalik. Untungnya tidak sampai meledak," katanya di lokasi Kejadian sekitar pukul 20:17 WITA.

Sesaat setelah kejadian, tampak warga mulai membantu proses evakuasi seluruh penumpang. Warga beramai-ramai mengembalikan posisi mobil yang terbalik.

2. Sopir mobil tak lihat jalan

Mobil Angkut Sembilan Penumpang Terguling saat Hujan Deras di LombokWarga bantu membalikkan mobil terbalik IDN Times/Ahmad Viqi

Ditemui di lokasi kejadian, Ari yang merupakan satu penumpang Toyota Avanza itu mengatakan bahwa mobil yang dia tumpangi tiba-tiba terjungkal.  Padahal sebelumnya, kata Ari, dari arah barat, mobil tak melaju kencang.

"Sekitar 40-50 km/jam kalau ga salah tadi. Tiba-tiba saya merasa terjungkal," kata Ari di lokasi.

Dia bersama 8 orang penumpang mobil lainnya sempat memecahkan kaca mobil untuk keluar dari dalam mobil saat dalam posisi terbalik.

Ari juga menambahkan, sebelumnya ia bersama keluarganya dari Dusun Perbawe Kecamatan Praya Lombok Tengah pergi ke Pantai Tanjung Bias di Desa Batulayar Lombok Barat.

3. Penglihatan sopir kabur karena hujan

Mobil Angkut Sembilan Penumpang Terguling saat Hujan Deras di LombokWarga ramai-ramai bantu membalikkan badan mobil IDN Times/Ahmad Viqi

Dari keterangan Ari, beberapa penumpang merasa pusing di dalam mobil akibat kaca mobil tertutup. Beberapa penumpang mengalami mabuk darat.

"Ada penumpang mau muntah. Makanya sopir membuka kaca mobil saat hujan," katanya.

Usai kaca dibuka, kaca bagian depan mobil berembun. Sopir kemudian menurunkan laju kendaraan.

"Dia sempat bilang nggak lihat jalan. Tiba-tiba mobil nabrak dan terbalik. Saya teriak dan kaget," cerita Ari.

Mobil berhasil dievakuasi oleh warga. Dari laporan Ari, tiga orang di antaranya alami luka ringan. Atas kejadian tersebut jalan Raya Gajah Mada sempat mengalami kemacetan saat badan mobil memenuhi bahu jalan.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya