BKD NTB Ungkap Banyak Pelamar PPPK Beda Foto dengan Wajah Aslinya

Belum ditemukan kasus perjokian seleksi ASN di NTB

Mataram, IDN Times - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB mengungkapkan banyak pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang berbeda foto dengan wajah aslinya. BKD NTB memperketat pengecekan pelamar yang ikut seleksi kompetensi PPPK untuk mencegah terjadinya perjokian.

"Kita benar-benar mengecek supaya jangan sampai terjadi perjokian. Karena banyak yang beda foto dengan wajah aslinya. Karena fotonya dulu saat masih belum menikah, setelah melahirkan beda fotonya," kata Kepala BKD NTB Muhammad Nasir dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Jumat (17/11/2023).

1. BKN warning daerah untuk mencegah perjokian seleksi ASN

BKD NTB Ungkap Banyak Pelamar PPPK Beda Foto dengan Wajah Aslinyawww.bkn.go.id

Nasir menjelaskan sampai sesi ke-20 pelaksanaan seleksi ASN PPPK Pemprov NTB, belum ditemukan adanya kasus perjokian. Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga sudah memberikan warning kepada pemerintah daerah untuk mencegah terjadinya kasus perjokian dalam seleksi ASN 2023.

Langkah yang dilakukan BKD NTB sebagai Panitia Seleksi Daerah (Panselda) ASN PPPK 2023 dengan memperketat pengecekan identitas para pelamar sebelum memasuki ruang Computered Assisted Test (CAT).

"Peserta sebelum masuk ruangan CAT harus dipastikan benar-benar sesuai KTP dan kartu peserta. Makanya mereka kita suruh datang 90 menit sebelum ujian untuk dilakukan pengecekan," terang Nasir.

Untuk memastikan peserta atau pelamar yang ikut seleksi, pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Dukcapil. Sehingga peserta yang ikut seleksi benar-benar sesuai nomor peserta dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Baca Juga: KSPN Tuntut UMP NTB 2024 Minimal Rp2,5 Juta

2. 18 pelamar langsung digugurkan

BKD NTB Ungkap Banyak Pelamar PPPK Beda Foto dengan Wajah AslinyaKepala BKD NTB Muhammad Nasir. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Nasir menyebutkan hingga hari ketujuh pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK Pemprov NTB tahun 2023, sebanyak 18 pelamar langsung digugurkan. Karena ada yang tidak hadir dan terlambat datang ke lokasi seleksi PPPK 2023.

"Itu langsung gugur. Ada yang tidak hadir dan terlambat datang. Karena terlambat satu menit pun tidak boleh masuk ruangan CAT," tegasnya.

Nasir memastikan perlakuan yang sama diterapkan bagi pelamar yang ikut seleksi di luar NTB dan luar negeri. Selain titik lokasi tes di Ruang CAT BKD Provinsi NTB, ada 50 pelamar yang melaksanakan tes di luar NTB.

Titik lokasinya tersebar pada 26 tempat di luar NTB dan luar negeri. Titik lokasi terjauh berada di Konsulat Jenderal RI Johor Baru Malaysia. Ada satu pelamar yang melaksanakan tes seleksi kompetensi di Konsulat Jenderal RI Johor Baru Malaysia 

3. 412 guru honorer P1 lulus jadi PPPK tanpa tes

BKD NTB Ungkap Banyak Pelamar PPPK Beda Foto dengan Wajah AslinyaSeleksi ASN PPPK di Ruang CAT BKD NTB. (dok. BKD NTB)

Dari 5.379 pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat dari hasil seleksi administrasi dan pascasanggah pada 31 Oktober 2023 lalu, hanya sebanyak 4.967 orang yang ikut seleksi. Sedangkan 412 pelamar yang merupakan guru honorer P1 tidak ikut seleksi karena langsung dinyatakan lulus menjadi PPPK Pemprov NTB.

Sebanyak 4.967 pelamar tersebut akan melaksanakan seleksi kompetensi mulai 10 November 2023. Terdiri dari 4.917 pelamar ikut seleksi kompetensi di Ruang Computer Assisted Test (CAT) BKD Provinsi NTB di Jalan Pejanggik No.14 Kota Mataram. Sedangkan 50 pelamar melaksanakan tes seleksi kompetensi di 26 titik lokasi yang berada di luar NTB hingga luar negeri.

Jumlah pelamar yang akan tes di CAT BKD Provinsi di Kota Mataram. Untuk formasi guru sebanyak 2.247 orang, formasi tenaga kesehatan 1.475 orang dan formasi tenaga teknis sebanyak 1.195 orang. Sehingga total peserta yang tes di CAT BKD Provinsi NTB sebanyak 4.917 orang.

Dengan jumlah pelamar sebanyak 4.917 orang, BKD NTB menyiapkan sebanyak 100 unit personal computer (PC) dan 10 PC cadangan di Ruang CAT BKD Provinsi NTB. Nasir menyebutkan setiap hari ada 3 sesi tes, kecuali Jumat hanya satu sesi. Dengan jumlah peserta per sesi sebanyak 100 orang.

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok - Bali pada Jumat 17 November 2023 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya