Ini Komitmen M Rum selama Menjadi Pj Wali Kota Bima 

Pencapaian sejumlah target Kota Bima

Kota Bima, IDN Times - Penjabat (Pj) Wali Kota Bima Mohammad Rum memastikan akan berupaya memenuhi sejumlah target masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Terutama soal krisis air bersih yang merupakan bencana alam tahunan yang kerap dikeluhkan warga.

"Pertama, mengatasi masalah air bersih. Ini harus diselesaikan karena menyangkut hajat hidup orang banyak," kata dia saat dikonfirmasi pada Jumat (29/9/2023).

1. Akan industrialisasi bawang

Ini Komitmen M Rum selama Menjadi Pj Wali Kota Bima ilustrasi bawang (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Selain atasi krisis air bersih, Mohammad Rum mengaku akan mendorong industrialisasi komoditas bawang goreng di Kota Bima. Keinginan ini didasari atas rasa prihatinnya terhadap kondisi petani bawang. 

Karena selama ini, mereka terkadang harus menerima kenyataan bawang busuk, lantaran over produksi atau ketinggalan diserap oleh pengepul. Lain hal jika nanti ada pabrik pengolahan, bawang petani yang tak terjual bisa diolah jadi bawang goreng, lalu dijual di pasaran dengan harga normal.

"Akan kita upaya hadirkan. Jika gak selesai sampai saya di sini, iya paling tidak saya meletakan dasar terkait pengolahan," bebernya.

Baca Juga: Kain Tenun Bima Laris Manis Selama Kunjungan Wisatawan dari 14 Negara

2. Akan hadirkan docking kapal

Ini Komitmen M Rum selama Menjadi Pj Wali Kota Bima Foto perahu pancung bersandar di Pelabuhan Bima yang sedang menunggu penumpang, Rabu (8/6/2022).(Juliadin/IDN Times)

Selanjutnya, Mohammad Rum juga akan berupaya menghadirkan docking kapal di sekitar Pelabuhan Bima. Guna mewujudkan keinginan itu, dalam waktu dekat ia pastikan akan mencari investor untuk menjalin kerja sama.

"Orang NTB dan NTT selama ini, kalau mau docking kapal harus ke Surabaya. Kalau ada di sini nanti, orang NTT dan lombok akan datang docking kapalnya di Kota Bima dan itu lumayan untuk raup PAD," tandasnya.

3. Pastikan Kota Bima bebas sampah hingga bangun tempat joging

Ini Komitmen M Rum selama Menjadi Pj Wali Kota Bima Foto taman Amahami. (IDN Times/Juliadin)

Kemudian pada program lain, dia memastikan bakal menata wajah Kota Bima agar lebih kelihatan indah dan bersih. Sehingga tidak ada lagi sampah berserakan yang dapat mengganggu pemandangan kota.

"Kita pastikan sampah tidak lagi berserakan di Kota Bima. Pokoknya harus bersih dan berikan kenyamanan," katanya.

Selanjutnya, Mohammad Rum juga berjanji akan mempercepat penyelesaian pembangunan Masjid Agung. Ikon kebanggaan warga Kota Bima itu dipastikan akan segera dituntaskan, paling lambat pada tahun 2024 mendatang.

"Paling lambat pada tahun 2024, pembangunannya sudah selesai. Karena anggaranya juga tinggal sedikit, sisa Rp16 miliar," tuturnya.

Selain itu, dia juga akan membangun tempat joging di sekitar kawasan Pantai Amahami. Sehingga usai salat berjamaah di Masjid Terapung, warga bisa isi waktu untuk olahraga sebelum kembali ke rumah.

"Sehingga nanti, di sana warga tidak hanya datang solat, tapi juga bisa sekaligus joging," tandasnya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Bima: Aksi Blokir Jalan Bikin Investor Takut ke Bima

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya