Comscore Tracker

Kostum Karnaval Unik yang Menggambarkan Budaya Lombok, Keren Banget!

Kostumnya unik-unik dan penuh nilai budaya

Pada kegiatan Lombok Sumbawa Tenun Festival yang digelar pada 3 Desember 2022 ini, dirangkaikan dengan penampilan peserta karnaval. Kali ini kostum yang digunakan oleh perserta karnaval mengangkat tema Pulau Lombok.

Sebanyak empat peserta menggunakan kostum yang menjadi ciri khas Pulau Lombok. Kostum yang digunakan unik-unik dan sangat menarik. Bagaimana kostum yang digunakan? yuks kita lihat sama-sama!

1. Kostum Tudung Saji

Kostum Karnaval Unik yang Menggambarkan Budaya Lombok, Keren Banget!Dok Pribadi

Tembolak atau tembolak (tudung saji) yang warna merah merupakan tudung saji khas Suku Sasak yang terbuat dari anyaman daun lontar dengan pewarna alam. Sedangkan batang bambu itu yang menjadi rangkanya.

Ini memiliki makna filosofis untuk kami siap menerima tamu dengan tangan terbuka dan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur yang kami miliki. Waah, sangat menarik bukan?

2. Kadal Nongak

Kostum Karnaval Unik yang Menggambarkan Budaya Lombok, Keren Banget!Dok Pribadi

Kadal Nongak berasal dari Suku Sasak. Lagu daerah ini mengisahkan nasihat untuk anak-anak.

Diceritakan dalam lagu, seorang anak gadis mengalami masalah karena tidak mendengarkan nasihat kakaknya. Sang ibu kemudian menasihatinya, dan anak gadis tersebut memperbaiki diri dan menyesali kesalahannya.

Itulah kisah di balik kostum Kadal Nongak yang digunakan oleh peserta karnaval yang satu ini. Sangat inspiratif ya.

Baca Juga: Asyiknya Berwisata di Desa Kebon Ayu Lombok, Ramaikan Yuk!

3. Gunung Rinjani

Kostum Karnaval Unik yang Menggambarkan Budaya Lombok, Keren Banget!Dok Pribadi

Gunung Rinjani menjadi gunung tberapi ertinggi ketiga di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.762 mdpl. Keberadaan Gunung Rinjani menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke Lombok. 

Kostum yang digunakan kali ini sangat menarik. Ini juga menjadi ajang promosi wisata di Gunung Rinjani. Waah, pesertanya sangat kreatif ya.

4. Kostum Burung

Kostum Karnaval Unik yang Menggambarkan Budaya Lombok, Keren Banget!Dok Pribadi

Peserta karnaval ini mengangkat tema burung yang ada di Rinjani. Burung-burung ini menjadi fauna yang masih ada di NTB, tepatnya di Taman Nasional Gunung Rinjani dan Taman Nasional Gunung Tambora.

Ini juga menjadi inspirasi jika ada lomba-lomba serupa. Kostum dan temanya sangat inspiratif dan mengusung nilai-nilai budaya.

5. Tentang Lombok

Lombok menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia. Selain gunung, Lombok juga terkenal dengan Gili Trawangan dan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Belum lama ini juga Lombok sukses menggelar event balap World Superbike di Sirkuit Mandalika.

Di Lombok, wisatawan bisa menikmati aneka kuliner dan berbagai destinasi wisata yang menarik. Mulai dari desa wisata, wisata pantai, sentra kerajinan, wisata air terjun dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk rencanakan liburanmu ke Lombok.

Baca Juga: Intip Pembuatan Benang sebagai Bahan Dasar Kain Tenun di Lombok,Yuk!

Ajm Photo Community Writer Ajm

Ku mulai menulis cerita hari ini

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya