Comscore Tracker

Intip Pembuatan Benang sebagai Bahan Dasar Kain Tenun di Lombok,Yuk!

Prosesnya panjang, tapi hasilnya memuaskan!

Kain tenun menjadi salah satu kerajiinan yang kini banyak digunakan oleh masyarakat. Di Lombok juga terdapat sentra pembuatan kain tenun yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu kain tenun yang banyak dibeli oleh wisatawan adalah kain songket.

Songket harganya beragam, dari Rp750 ribu hingga lebih dari Rp1 juta. Proses pembuatannya cukup rumit, sehingga harganya lebih mahal dibandingkan kain tenun dengan motif lain. Intip yuk proses pembuatannya!

1. Proses pemilahan biji kapas

Intip Pembuatan Benang sebagai Bahan Dasar Kain Tenun di Lombok,Yuk!Dok Pribadi

Kapas menjadi bahan baku pembuatan kain tenun. Karena nantinya kapas-kapas tersebut akan diolah hingga menjadi benang. 

Pemilihan kapas ini sangat penting, karena berkaitan dengan kualitas benang yang dihasilkan. Biasanya kapas yang digunakan adalah kapas yang benar-benar sudah kering sempurna. Sehingga benang yang dihasilkan punya kualitas yang lebih kuat.

2. Proses menghaluskan kapas yang sudah bersih

Intip Pembuatan Benang sebagai Bahan Dasar Kain Tenun di Lombok,Yuk!Dok Pribadi

Proses ini untuk mempermudah pembuatan benang. Karena jika kapas-kapas tersebut tidak haluskan maka tidak bisa dijadikan benang.

Kapas harus dibersihkan terlebih dahulu agar mendapatkan kualitas benang yang sempurna. Dengan demikian, proses pewarnaan dan pembuatan motif menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Lokasi Samsat Keliling Lombok Timur 28 November - 3 Desember 2022  

3. Bonjol Kapas

Intip Pembuatan Benang sebagai Bahan Dasar Kain Tenun di Lombok,Yuk!Dok Pribadi

Penenun akan membentuk kapas-kapas yang sudah lembut tersebut memanjang. Sehingga pembuatan benang bisa lebih cepat dan kuat.

Proses ini merupakan salah satu tahapan pembuatan benang yang biasa dilakukan oleh penenun di Lombok. Jika ingin lebih praktis, bisa saja membeli benang pabrikan. Namun kualitasnya jauh berbeda jika dibandingkan dengan benang yang dibuat oleh penenun secara manual.

4. Arah

Intip Pembuatan Benang sebagai Bahan Dasar Kain Tenun di Lombok,Yuk!Dok Pribadi

Pada proses ini, kapas-kapas tadi akan dipintal sehingga berbentuk benang. Kapas diputar dengan bantuan alat khusus. Proses ini disebut sebagai Arah.

Setelah melakukan Arah, biasanya penenun akan melukan Rane. Dengan demikian, benang yang dihasilkan terpintal sempurna. Hal ini akan memudahkan proses pembuatan motif kain dan pewarnaan benang.

5. Menenun

Intip Pembuatan Benang sebagai Bahan Dasar Kain Tenun di Lombok,Yuk!Dok Pribadi

Setelah melakukan rane, biasanya akan dilakukan proses menusuk suri atau biasa disebut nyusuk suri. Ini tujuannya untuk membuat pola songket. Sehingga bisa menghasilkan songket dengan pola yang khas.

Setelah itu, barulah proses menenun dapat dilakukan. Satu kain tenun bisa dibuat dalam waktu satu minggu hingga satu bulan. Tergantung panjang kain yang ingin dibuat.

Setelah kain tenun sudah jadi, kain sudah dapat digunakan. Ada yang membuatnya menjadi kain untuk salat, ada yang membuatnya menjadi baju, gaun dan banyak desain lainnya.

Itulah beberapa tahapan pembuatan benang untuk bahan baku pembuatan kain tenun. Terlihat rumit bukan? Kalau mau beli, jangan menawar terlalu murah ya, hehehe. Yuk, berkunjung ke sentra pembuatan kain tenun di Lombok!

Baca Juga: Asyiknya Berwisata di Desa Kebon Ayu Lombok, Ramaikan Yuk!

Ajm Photo Community Writer Ajm

Ku mulai menulis cerita hari ini

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya