Comscore Tracker

Melihat Jejak Lady Diana di Pulau Moyo NTB

Dikunjungi juga oleh Mick Jagger hingga Rain dan Kim Tae Hee

Kabar duka menyelimuti keluarga kerajaan Inggris atas meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022). Banyak jejak ditinggalkan oleh Ratu Elizabeth II semasa hidupnya, termasuk di Indonesia. Selain Ratu Elizabet II, nampaknya Lady Diana juga pernah berkunjung ke berbagai tempat di Indonesia, salah satunya Pulau Moyo yang ada di Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lady Diana diketahui mengunjungi Pulau Moyo untuk menenangkan diri pada tahun 1993. Sebab pulau itu tidak memiliki banyak pengunjung. Pulau yang tenang itu menjadi pilihan Lady Diana untuk menyendiri dan menenangkan diri.

Berikut ini fakta menarik tentang Lady Diana selama berada di Pulau Moyo.

1. Ke Pulau Moyo bersama teman

Melihat Jejak Lady Diana di Pulau Moyo NTBksmtour.com

Lady Diana mengunjungi Pulau Moyo tanpa ditemani Pangeran Charles (Kini Raja Charles III). Dia ditemani oleh seorang pengawal dan tiga teman perempuannya.

Mereka menghabiskan waktu di pulau yang sepi tanpa hiruk pikuk kendaraan dan kehidupan ramai seperti di Inggris. Lady Diana mengunjungi banyak tempat wisata selama berada di Pulau Moyo.

2. Menginap di hotel

Melihat Jejak Lady Diana di Pulau Moyo NTBPulau Moyo, Sumbawa (instagram.com/droneflyosophy)

Demi mencapai Pulau Moyo, Lady Diana dan rombongannya pergi menggunakan kapal pesiar Aman XI. Di sana, Lady Diana menginap selama tiga hari dua malam di Amanwana Resort di Pulau Moyo.

Hotel ini masih ada hingga sekarang dan kerap kali kedatangan tamu-tamu yang merupakan pesohor dunia, misalnya Mick Jagger. Pulau Moyo juga dipilih menjadi lokasi untuk berbulan madu aktris dan aktor papan atas Korea Selatan Kim Tae Hee dan Rain pada tahun 2016 lalu.

Baca Juga: Diduga Korupsi Dana Kapitasi, Eks Kepala Puskesmas Babakan Ditahan

3. Mengunjungi air terjun mata jitu

Melihat Jejak Lady Diana di Pulau Moyo NTBPinterest

Salah satu destinasi wisata yang dikunjungi di Pulau Moyo adalah Air Terjun Mata Jitu. Air terjun ini juga disebut sebagai Air Terjun Putri Diana. Ini menjadi salah satu lokasi favorit Lady Diana selama berada di Pulau Moyo.

Air Terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan saat mendatangi Pulau Moyo. Pemandangan yang asri dengan suasana yang menyegarkan menjadi daya tarik dari air terjun ini.

4. Pulau Moyo jadi taman nasional

Melihat Jejak Lady Diana di Pulau Moyo NTBPulau Moyo (instagram.com/imilaaaa_)

Pulau Moyo dan Satonda di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan ditetapkan menjadi Taman Nasional Moyo Satonda. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya telah mengeluarkan SK Nomor SK.901/MENLHK/SETJEN/PL.2/8/2022.

SK tersebut tentang perubahan fungsi kawasan hutan dari kawasan taman buru Pulau Moyo, taman wisata alam laut Pulau Moyo dan taman wisata alam Pulau Satonda menjadi Taman Nasional Moyo Satonda di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Dompu Provinsi NTB. Luas Taman Nasional Moyo Satonda nantinya sekitar 31.200 hektare.

5. Ada danau vulkanik

Melihat Jejak Lady Diana di Pulau Moyo NTBInstagram.com/pulau_moyo

Di Pulau Satonda, ada danau vulkanik purba yang terbentuk dari letusan yang membentuk simbol cinta (love). Selain itu juga hutan musim sekunder di wilayah ini menyajikan keindahan hayati, burung gosong, burung makatua kecil jambul kuning, rusa timor, beo nusa tenggara, rusa, elang dan piton juga menjadi penghuni alam ini.

Taman Nasional Moyo Satonda juga masuk dalam delineasi Cagar Biosfer Saleh Moyo Tambora (Samota). Dengan masuknya Moyo Satonda menjadi taman nasional. Maka akan ada tiga taman nasional di NTB. Yaitu, Taman Nasional Gunung Rinjani, Taman Nasional Gunung Tambora dan Taman Nasional Moyo Satonda.

Baca Juga: 14 Hektare Lahan Hutan Sekaroh di Lombok Timur Hangus Terbakar

Yerin Sin Photo Community Writer Yerin Sin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya