Comscore Tracker

Gak Cuma Sayur dan Buah, ini 5 Sumber Vitamin A Hewani

Keju ternyata punya kandungan Vitamin A, lho!

Vitamin A merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Karena antioksidannya yang tinggi, Vitamin A punya pengaruh penting dalam memerangi sel-sel asing berbahaya yang dapat mendatangkan penyakit. Sehingga, Vitamin ini berguna untuk membantu menjaga kekebalan dan imunitas tubuh. 

Melansir Healthline, kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA) untuk vitamin A adalah 900 mcg per hari untuk pria dan 700 mcg per hari untuk wanita. Namun, mengonsumsi asupan Vitamin A juga perlu dibatasi, tidak boleh melebihi 10.000 IU atau setara 3.000 mcg per hari, karena bisa berbahaya bagi tubuh. 

Vitamin A bisa dengan mudah ditemukan dalam beberapa jenis makanan baik hewani maupun nabati. Umumnya Vitamin A identik dengan buah dan sayur seperti wortel. Tapi, ternyata Vitamin A juga bisa ditemukan dalam asupan dari kalangan hewani. Lima jenis asupan di bawah ini merupakan sumber Vitamin A terbaik dari kalangan hewani. 

1. Hati sapi

Gak Cuma Sayur dan Buah, ini 5 Sumber Vitamin A HewaniPexels.com/Lukas

Hati sapi adalah menu yang bisa kamu pilih untuk mencukupi kebutuhan harian Vitamin A. Sebab, hati sapi menduduki peringkat pertama yang memiliki kandungan Vitamin A terbanyak dari kalangan hewani. 

Untuk 100 gram hati sapi terkandung lebih dari 4000 mcg atau setara 17.977 IU Vitamin A. Melansir Healthline, dalam 3,5 ons atau sekitar 100 gram hati sapi matang mampu memenuhi 522% dari kebutuhan harian Vitamin A. 

Karena tingginya kandungan Vitamin A, hati sapi berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh serta kesehatan mata. Selain itu, mengonsumsi Vitamin A bisa membantu jalannya sistem fungsi organ jantung, paru-paru dan ginjal. Hati sapi juga dikenal baik manfaatnya untuk meningkatkan stamina serta pembentukan otot. 

Meski begitu, konsumsi hati sapi perlu dilakukan dengan hati-hati. Hati paling banyak menyimpan kolesterol, karena hati adalah organ yang memproduksi kolesterol itu sendiri. Batas kolesterol bagi orang dewasa disarankan tidak lebih dari 300 mg per hari. Setiap 85 gram hati sapi bisa mengandung kolesterol sebanyak 330 mg. Sehingga, sangat disarankan untuk mengonsumsinya tidak berlebihan, serta pertimbangakan risiko kesehatan yang kamu miliki. 

2. Berbagai jenis ikan

Gak Cuma Sayur dan Buah, ini 5 Sumber Vitamin A HewaniPexels.com/Alexander Zvir

Ikan terkenal dengan kandungan minyak ikan serta asam lemak omega-3 yang bagus bagi kecerdasan otak dan kesehatan jantung. Ikan juga dinilai memiliki kandungan protein tinggi yang tentunya sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh. Selain itu, beberapa jenis ikan juga dilengkapi dengan Vitamin A yang baik bagi kesehatan mata dan kulit. 

Contoh jenis ikan yang bisa kamu pilih antara lain ikan salmon, tuna, makarel, dan sarden. Mereka memiliki kandungan Vitamin A yang bisa membantu mencukupi kebutuhan harianmu. 

Melansir Healthline, setiap 100 gram ikan salmon mampu mencukupi 17% dari nilai harian kebutuhan Vitamin A yakni senilai 149 mcg. Setiap 100 gram ikan king makarel mengandung 252 mcg atau setara dengan 28% nilai kebutuhan harian Vitamin A. Sementara untuk 100 gram bluefi tuna mengandung 757 mcg Vitamin A atau setara dengan 84% kebutuhan harian akan Vitamin A. 

Baca Juga: Punya Penghasilan Tetap Tapi Belum Punya Rumah? 5 Hal ini Sebabnya!

3. Keju

Gak Cuma Sayur dan Buah, ini 5 Sumber Vitamin A HewaniPexels.com/Tabitha Mort

Keju adalah makanan olahan dari susu yang juga dihasilkan dari kalangan hewani. Keju banyak digunakan sebagai bahan pelengkap atau varian dari suatu hidangan. Tidak aneh jika keju banyak mendapat tempat spesial sebagai hidangan favorit. 

Keju ternyata tidak hanya sebatas hidangan lezat saja, lho. Keju dilengkapi oleh kandungan Vitamin A. Setiap 28 gram keju cheddar memiliki sekitar 400 IU Vitamin A.  (International unit; satuan vitamin dalam satuan internasional). 

Keju mengandung protein, magnesium, kalsium, dan Vitamin K yang bagus bagi kesehatan tulang. Selain itu, keju juga mengandung Vitamin B-12, zinc, fosfor dan riboflabin. 

Namun demikian konsumsi keju perlu diperhatikan bagi beberapa orang. Sebab, keju mengandung laktosa yang tidak bisa dicerna oleh orang dengan gangguan intoleransi laktosa (dialami oleh tubuh yang kekurangan enzim yang berfungsi memecah laktosa). 

4. Hati ayam

Gak Cuma Sayur dan Buah, ini 5 Sumber Vitamin A HewaniPexels.com/JE`SHOOTS

Dikenal sebagai bagian ayam yang kurang sehat, ternyata hati ayam bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh selama dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Sekitar 28 gram hati ayam mengandung 100 mikrogram Vitamin A. Hati ayam juga dilengkapi nutrisi lain serta antioksidan yang penting bagi kesehatan bayi, seperti lutein, likopen, Vitamin E dan Vitamin B.Tidak heran kalau ternyata hidangan satu ini kerap dijadikan Makanan Pendamping Asi (MPASI) untuk bayi. 

Kandungan tinggi Vitamin A di dalamnya akan sangat bermanfaat bagi perkembangan kesehatan mata pada bayi. Tetapi, karena kandungan tinggi Vitamin A pula, konsumsi hati ayam juga perlu dilakukan dengan hati hati, karena dapat memicu hipervitaminosis A (kelebihan vitamin A) jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, mengonsumsi hati ayam berlebihan juga dapat memicu kolestrol hingga penyakit kardiovaskular. 

5. Telur ayam rebus

Gak Cuma Sayur dan Buah, ini 5 Sumber Vitamin A HewaniTelur ayam (pexels.com/Julia Filirovska)

Telur ayam merupakan salah satu kebutuhan pangan yang penting dalam memenuhi kebutuhan harian. Telur ayam juga banyak digunakan sebagai bahan pelengkap suatu hidangan lain. 

Nutrisi yang melimpah dari telur ayam juga tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Termasuk kandungan Vitami A di dalamnya. Selain berguna bagi kesehatan mata, Vitamin A juga berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga imun tubuh dari bahaya sel radikal bebas. 

Melansir Healthline, Satu butir telur rebus besar mampu memenuhi sebanyak 6% dari total rekomendasi konsumsi harian Vitamin A. Telur ayam dilengkapi dengan kandungan Vitamin B5, B6, B12, D, E, K, folat dan fosfor. Selain itu, telur ayam juga mengandung kalsium, seng, protein dan lemak sehat. 

Ternyata Vitamin A gak cuma bisa ditemukan pada buah dan sayuran saja, ya. Beragam asupan dari kalangan hewani juga mampu memenuhi kebutuhan Vitamin A harian bagi tubuh. Pastikan nutrisi harianmu tercukupi dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. 

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Wisatawan Gak Mau Pulang dari Lombok

Nurul Zahara Photo Community Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya