Comscore Tracker

Cara Membuat Singang Super Nikmat, Dijamin Nagih!

Berbahan dasar ikan segar dengan cita rasa yang lezat 

Berkunjung ke Sumbawa tak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi destinasi wisata dan menikmati aneka kulinernya. Pulau Sumbawa memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Misalnya Pulau Moyo, Pulau Kenawa, Mantar hingga Pulau Paserang. Selain itu, terdapat banyak kuliner khas Sumbawa yang dapat dinikmati. Salah satunya adalah Singang.

Singang ini menjadi salah satu kuliner andalan di Pulau Sumbawa. Singang selalu ada pada saat acara-acara besar di pulau ini. Pengunjung juga bisa dengan mudah untuk mendapatkan Singang jika datang ke pulau yang dijuluki Tana Samawa ini.

1. Tentang Singang 

Cara Membuat Singang Super Nikmat, Dijamin Nagih!Singang nikmat khas Sumbawa. (foto: twitter @AmmanMineral)

Singang adalah salah satu makanan khas Sumbawa yang berbahan dasar ikan. Ikan itu dimasak dengan bumbu bawang merah, kunyit, kemangi Sumbawa, asam, dan lengkuas. Rasanya sangat menyegarkan, apalagi jika disantap saat baru matang.

Kuah berwarna kuning amat menggoda selara siapa saja. Warna kuah yang kekuningan dipadu dengan hijau daun kemangi dan merah cabai rawit membuat sajian ini terlihat segar. Asam Jawa dalam kuahnya membuat singang terasa agak asam tapi segara dan terasa semakin lezat.

Tidak sulit menemukan Singang di warung-warung makan di Pulau Sumbawa. Jika berkunjung, kamu bisa menikmati kuliner ini sepuasnya. Namun jika belum ada kesempatan untuk berkunjung secara langsung, berikut ini adalah resep untuk membuat Singang yang nikmat.

Baca Juga: Kajian BPS, Perputaran Uang Selama MXGP Samota Capai Rp154 Miliar 

2. Bahan-bahan

Cara Membuat Singang Super Nikmat, Dijamin Nagih!Bumbu dapur (Freepik/topntp26)

Berikut ini adalah bahan yang harus disiapkan sebelum memasak Singang. Pastikan bahan ini tersedia agar cita rasa Singang yang akan dimasak sempurna.

Bahan-bahan:

1.      Ikan nila

2.     Terong

3.     Tomat

4.     Bawang merah

5.      Cabe rawit

6.     Jeruk nipis

7.      Serai

8.     Lengkuas

9.     Kemangi

10. Daun bawang

11.   Cabai kriting

12.  Kemiri

13.  Kunyit

14.  Bawang putih

3. Cara membuat

Cara Membuat Singang Super Nikmat, Dijamin Nagih!Singang nikmat khas Sumbawa. (foto: twitter @AmmanMineral)

Berikut ini adalah cara membuat Singang. Pastikan untuk mengikuti step by step untuk mendapatkan cita rasa yang sempurna.

1.    Bersihkan isi perut ikan dan cuci hingga bersih. Potong 1 ekor jadi 2 bagian agar tidak terlalu kecil. Tambahkan perasan jeruk nipis secukupnya.

2.    Haluskan bumbu seperti bawang putih, kemiri, cabai merah keriting, cabai rawit, kunyit. Iris tipis bawang merah. Geprek lengkuas dan serai.

3.     Panaskan minyak secukupnya lalu masukkan bawang merah, tumis hingga sedikit matang, masukkan bumbu halus, serai, lengkuas. Tumis hingga aromanya harum

4.     Masukkan air asam jawa. Remas asam dan masukkan airnya saja. Kalau perlu disaring. Tambahkan air 2 gelas kecil/ belimbing. Tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan ikan. Dan bumbui kuahnya dengan garam, gula pasir, dan kaldu jamur (penyedap rasa pokoknya) secukupnya sesuaikan selera agar bumbu meresap sempurna

5.      Tunggu hingga ikan matang. Masukkan terong yang sudah dipotong. Masukkan tomat, cabai rawit utuh, ruku serta daun bawang secukupnya. Koreksi rasanya lalu hidangkan.

Singang sangat nikmati dimakan dengan nasi hangat. Apalagi saat baru matang, rasanya sangat fresh dan enak.

Jika belum sempat berkunjung ke Pulau Sumbawa, kamu bisa menggunakan resep ini untuk membuatnya di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lipstik Bagi yang Punya Bibir Kering 

4. Jenis ikan yang direkomendasikan

Cara Membuat Singang Super Nikmat, Dijamin Nagih!ikan kakap mentah (mashed.com)

Untuk memasak singang, pada dasarnya bisa menggunakan ikan jenis apa saja. Namun lebih nikmat jika membuat singang dengan ikan kakap atau ikan bandeng. Bisa juga menggunakan ikan nila.

Pada dasarnya pemilihan ikan untuk dibuat singang tergantung selera. Bagi masyarakat Sumbawa, singang paling nikmat dibuat dengan ikan kakap dan ikan nila. Namun demikian, bisa juga dibuat dengan ikan-ikan lainnya. Dengan catatan, ikan yang digunakan adalah ikan segar. Sehingga cita rasanya semakin nikmat.

Yerin Sin Photo Community Writer Yerin Sin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya