Comscore Tracker

Wisata Snorkeling di Lombok Barat: Lokasi, Biaya, Rute, dan Tips

Cocok banget buat kamu yang pengen liburan bareng keluarga!

Snorkeling merupakan kegiatan menyelam di permukaan laut yang sayang untuk dilewatkan bagi kamu para penggemar pantai. Kegiatan ini juga bisa dilakukan tanpa harus bisa berenang, lho! Kamu bisa menikmati keindahan bawah laut hanya dengan mengapung santai di pinggir pantai.

Jika mendengar nama Lombok, pasti kamu akan terpikirkan wisata Gili Trawangan di Lombok Utara yang sangat terkenal di Nusa Tenggara Barat ini. Akan tetapi, kali ini pembahasan akan terfokus pada sebuah tempat wisata di daerah Lombok Barat. 

1. Sekilas Tentang Wisata Snorkeling di  Lombok Barat

Wisata Snorkeling di Lombok Barat: Lokasi, Biaya, Rute, dan Tipsdok. Pribadi/Sri Yunita

Bila berbicara tentang pantai dan gili (pulau kecil), maka Lombok adalah pemenangnya. Daerah pemilik beraneka ragam jenis pantai ini keindahannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Ada begitu banyak wisata pantai, termasuk di daerah Lombok Barat.

Penduduk setempat pun mengembangkan wisata snorkeling di Gili Nanggu. Karena keindahannya yang luar biasa dan lokasi yang cukup dekat dari kota, wisatawan lebih memilih lokasi ini sebagai alternatif daripada beberapa gili lainnya.

Akses jalannya pun terbilang cukup baik. Meskipun tak sepopuler Gili Trawangan, Gili Nanggu menyuguhkan pemandangan yang tak kalah cantik.

2. Rute dan Harga Snorkeling di Gili Nanggu

Wisata Snorkeling di Lombok Barat: Lokasi, Biaya, Rute, dan TipsPemandangan Gili Nanggu dari Atas (islander.io/indonesia/lombok/south-gilis/gili-nanggu)

Gili Nanggu terletak di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Untuk dapat sampai ke sana, kamu bisa tempuh dari Kota Mataram dengan perjalanan darat menuju Pelabuhan Lembar. Pelabuhan ini adalah pelabuhan kapal ferry Lombok dan Bali.

Perjalanan dari kota menuju pesisir Lombok Barat membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam dengan mobil. Sedangkan untuk sampai ke Gili Nanggu dengan menggunakan kapal kecil hanya membutuhkan waktu lima belas menit.

Akses ke Gili Nanggu sendiri tidak dikenakan tarif apapun, hanya perlu menyewa sebuah pondok untuk duduk dan menaruh barang-barang seharga Rp30.000.

Untuk sampai ke Gili Nanggu, kamu perlu menyewa satu kapal kecil dikarenakan daerah ini belum menyediakan transportasi publik seperti di Gili Trawangan. Kapal-kapal kecil ini dapat menampung hingga dua belas orang, cocok sekali untuk kamu yang ingin berlibur dengan keluarga! 

Tarif harga kapal berada di angka Rp350.000. Penyewaannya pun untuk satu hari penuh. Kapal kecil ini sudah termasuk dengan kapten dan satu orang guide yang siap untuk menemanimu menjelajahi wisata snorkeling.

Kamu juga bisa meminta untuk mengunjungi gili-gili lain, seperti Gili Kedis dan Gili Sudak. Tempat penyewaan juga menyediakan alat-alat untuk snorkeling serta pelampung. Jadi, tak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki peralatan pribadi!

Baca Juga: Ini 9 Rekomendasi Wisata Air Terjun di Pulau Lombok, Sejuk Banget!

3. Aktivitas Selain Snorkeling

Wisata Snorkeling di Lombok Barat: Lokasi, Biaya, Rute, dan Tipsunsplash.com/nofish

Selain snorkeling sambil memberi makan ikan, kamu juga bisa menjelajahi Gili Nanggu dan memutarinya dengan kapal. Jika beruntung, kamu juga dapat melihat penyu. Kamu pun bisa mendirikan tenda, asal tetap menjaga kebersihan ya!

Setelah melakukan snorkeling, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Gili Sudak untuk makan siang, kemudian menuju Gili Kedis pada sore harinya untuk swafoto. Gili Kedis ini sangat kecil, kamu dapat mengelilinginya hanya dengan berjalan kaki sekitar sepuluh menit. Keindahan pasir putih dan pantai yang landai, serta banyaknya bintang laut buat kamu enggan pulang!

4. Tips Perjalanan

Wisata Snorkeling di Lombok Barat: Lokasi, Biaya, Rute, dan Tipsunsplash.com/kevindelvecchio

Beberapa tips untuk kamu yang berencana snorkeling:

  1. Pilihlah waktu yang tepat dan cuaca yang cerah. Pantai akan cenderung keruh saat hujan.
  2. Bawalah barang-barang berharga ketika snorkeling, bila perlu bergantian menyelam agar tetap ada yang menjaga barang.
  3. Bagi kamu yang ingin beribadah, sebaiknya membawa alat-alat pribadi.
  4. Untuk hasil foto dalam air yang bagus, kamu perlu membawa kamera tahan air milik pribadi.
  5. Sebaiknya membawa alat-alat untuk mandi bilas.
  6. Jaga kebersihan selama perjalanan.
  7. Patuhi protokol kesehatan di mana pun kamu berada.

Wisata snorkeling ini dapat kamu kunjungi bila menginginkan suasana snorkeling yang cukup private. Dijamin bakal nagih!

Baca Juga: Resep Opor Ayam Khas Lombok, Cocok Dijadikan Lauk untuk Berbuka Puasa

Sri Yunita Photo Community Writer Sri Yunita

blogger, traveler (sometimes), and health facts enthusiasts.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya