Comscore Tracker

Sejuknya Kolam Pemandian Aik Nyet di Kaki Gunung Rinjani 

Dianggap tempat suci oleh masyarakat Gunung Rinjani 

Lombok Barat, IDN Times - Pulau Lombok menyimpan sejuta keindahan alam yang masih tersembunyi dan belum banyak di jamah manusia, sehingga keasriannya masih sangat terjaga.

Bukan hanya pantai, gunung, dan pemandangan bawah laut yang dapat dinikmati di Pulau Lombok. Tapi, wisata lain seperti air terjun, dan kolam pemandian mudah ditemukan. 

Salah satunya adalah kolam pemandian Aik Nyet. Populer di kalangan wisatawan lokal karena kejernihan airnya, keasrian lingkungan, tiket masuk yang murah, dan fasilitas yang mumpuni.

Berikut di bawah ini ada penjelasan lengkap tentang kolam pemandian Aik Nyet di Pulau Lombok, Silakan disimak dengan baik!

1. Lokasi Aik Nyet Sesaot

Sejuknya Kolam Pemandian Aik Nyet di Kaki Gunung Rinjani Lokasi pemandian Aik Kalak di Danau Segara Anak Rinjani IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Terletak di Desa Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Para wisatawan dapat menemukan kolam pemandian ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Jalur yang  harus dilalui untuk mencapai kolam pemandian terpopuler Aik Nyet ini ialah menuju jalur simpang empat Pasar Narmada, lalu belok ke kanan di simpang empat SMAN 1 Narmada.

Selanjutnya anda dapat bertanya ke warga sekitar yang dengan senang hati menjawab pertanyaan anda, guna mempermudah perjalanan menuju kolam pemandian yang sedikit lagi sampai.

Lokasi kolam pemandian ini memiliki luas 6 hektare yang berupa hutan lindung yang bernama Hutan Sesaot. Hutan ini memiliki wilayah 67 persen di antaranya adalah hutan alami dan sisanya hutan lindung buatan. 

Hutan Sesaot yang masih sangat alami ini memiliki sumber mata air jernih dari Gunung Rinjani, ini merupakan sumber air dari  kolam pemandian Aik Nyet. 

Maka tak heran bila kolam pemandian ini sangat populer karena sumber airnya berasal langsung dari Gunung Rinjani, salah satu gunung terindah di Indonesia.

Baca Juga: Pantai Klui di Mana Wisatawan Merasa Punya Pantai Sendiri

2. Keunikan Aik Nyet

Ketika para wisatawan sampai di gerbang kolam pemandian Aik Nyet, para wisatawan tersebut akan disambut dengan rimbun pohon dari hutan lindung yang mengelilingi kolam pemandian tersebut. Nuansa hutan wisata langsung dapat dirasakan oleh para wisatawan, kelestarian lingkungan di Aik Nyet ini benar-benar masih sangat terjaga.

Kata Aik Nyet sendiri memiliki arti “Air Dingin”, dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa kolam pemandian ini memiliki air yang sangat dingin. Namun, para wisatawan justru antusias untuk bermain, dan berendam di kolam pemandian Aik Nyet yang sumber airnya berasal langsung dari Gunung Rinjani.

Kolam Pemandian Aik Nyet  bukan hanya menyajikan kejernihan airnya dan pesona alam dari rimbun pohon hutan lindung yang mengelilingi kolam pemandian terpopuler tersebut. Selain kolam pemandian Aik Nyet, di Hutan Sesaot juga terdapat Sungai Sesaot yang airnya masih sangat jernih.

Di tengah-tengah sungai tersebut terdapat batu-batu yang memiliki ukuran besar, yang semakin menambah kesan alami dari kolam pemandian tersebut. Para wisatawan sebenarnya bisa saja bermain air di sini, namun karena arus sungai yang tidak dapat diprediksi disarankan langsung saja menuju ke kolam pemandian.

Sumber airnya yang langsung dari Gunung Rinjani membuat beberapa kelompok masyarakat Lombok menganggap Sesaot ini merupakan tempat suci. Mereka meyakini Sungai Sesaot merupakan tempat para dewa bermukim, yang airnya dapat menyembuhkan banyak jenis penyakit kulit.

3. Keajaiban Sungai di Wisata Aik Nyet Sesaot

Sungai Sesaot yang dianggap suci oleh beberapa kelompok masyarakat Lombok, ternyata memiliki keajaiban lainnya. Yang tentu saja membuat kepopuleran dari kolam pemandian Aik Nyet meningkat.

Sumber mata air yang berasal dari Gunung Rinjani ini tidak pernah kering walaupun musim kemarau panjang datang di Pulau Lombok.

Walaupun lokasi dari kolam pemandian terpopuler Aik Nyet ini berada di tengah-tengah hutan, para wisatawan tidak perlu khawatir mengisi perutnya ketika lapar. Karena di lokasi wisata Aik Nyet dapat dengan mudah ditemukan warung-warung makan yang menyediakan makan lezat khas Lombok.

Tiket masuk wisata kolam pemandian terpopuler Aik Nyet hanya di bandrol Rp15 ribu per orang. Tiket yang termasuk sangat murah, anda dapat langsung merasakan sensasi hutan lindung, Sungai Sesaot, dan kolam pemandian yang populer.

Demikianlah informasi lengkap mengenai kolam pemandian terpopuler Aik Nyet. Jika anda berada di Pulau Lombok jangan pernah melewatkan wisata kolam pemandian ini, karena sensasi dan pengalaman yang akan didapatkan belum tentu didapatkan di tempat lain.

Baca Juga: Destinasi Wisata Pantai Eksotik di Provinsi NTB

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya