Comscore Tracker

Air Terjun Sendang Gile sebagai Keindahan Panorama Gunung Rinjani  

Pintu masuk sebelum mendaki Gunung Rinjani

Lombok Utara, IDN Times - Liburan akan sangat menyenangkan jika mengunjungi destinasi wisata alam yang memberikan suasana sejuk dan asri. Anda bisa memilih Lombok sebagai tempat untuk berlibur dengan mengunjungi Air Terjun Sendang Gile.

Terutama bagi Anda yang hendak mendaki Gunung Rinjani sehingga bisa singgah menikmati keasrian  Air Terjun Sendang Gile. Sebab letaknya sejalur dengan pintu masuk untuk pendakian Gunung Rinjani.

Sebelum anda berkunjung ke air terjun yang satu ini, ketahuilah beberapa hal di bawah ini. 

Scrolling yuk. 

1. Sejarah Singkat

Air Terjun Sendang Gile sebagai Keindahan Panorama Gunung Rinjani  Dok. Pribadi/ Bayu Cunda S

Air Terjun Sendang Gile memiliki dua sejarah singkat yang menarik untuk diketahui. Pertama, terdapat kabar beredar bahwa air terjun ini tempat di mana para bidadari mandi ketika mereka sedang turun dari kahyangan. 

Kedua, terdapat sejarah mengenai nama dari Air Terjun Sendang Gile. Awalnya masyarakat sekitar sedang mencari singa yang merusak desa, pada saat itu mereka menemukan air terjun ini, sehingga menamakan dengan Sengang Gile (singa gila) yang berubah menjadi Sendang Gile. 

2. Daya Tarik

Air Terjun Sendang Gile sebagai Keindahan Panorama Gunung Rinjani  Sendang Gile (instagram.com/pijie_mhar)

Sebelum mengunjungi Air Terjun Sendang Gile, anda perlu ketahui daya tarik dari air terjun yang satu ini, antara lain:

Memiliki sejarah singkat yang menarik, seperti yang telah disebutkan.
Anda dapat menikmati tracking menuju Air Terjun Sendang Gile, sebab anda akan melalui sawah, saluran irigasi, dan hutan. Udara di sekitar air terjun terasa sejuk. Pemandangan di sekitar terlihat indah, memukau, dan menarik

Baca Juga: Ragam Budaya dan Kesenian Asli NTB yang Wajib Diketahui

3. Fasilitas

Air Terjun Sendang Gile sebagai Keindahan Panorama Gunung Rinjani  Sendang Gile (instagram.com/miqdama)

Fasilitas di sekitar Air Terjun Sendang Gile bisa dikatakan tidak terlalu lengkap, sebab anda tidak akan menemukan tempat makan atau warung di sekitar air terjun. Tetapi, anda bisa membeli berbagai kebutuhan atau makanan ringan di pintu masuk kawasan Gunung Rinjani.

Sementara bagi wisatawan yang ingin menginap di sekitar Air Terjun Sendang Gile, anda bisa kunjungi hotel atau penginapan di sekitar pintu masuk kawasan Gunung Rinjani. Tidak terlalu banyak fasilitas yang tersedia, tetapi jarak dari pintu masuk kawasan Gunung Rinjani ke Air Terjun Sendang Gile tidak terlalu jauh.

4. Lokasi dan Rute

Letak Air Terjun Sendang Gile berada di Desa Senaru Bayan Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB). Sedangkan untuk ke lokasi Air Terjun Sendang Gile, anda hanya perlu fokus menuju Desa Senaru, jika sudah tiba anda bisa bertanya ke orang sekitar.

Terdapat dua rute yang dapat Anda pilih, rute pertama yaitu melalui beberapa medan yang harus dilalui dengan berjalan kaki. Sedangkan rute kedua, Anda perlu melalui anak tangga yang cukup banyak dengan ketinggian sekitar 40 meter.

5. Aktivitas

Terdapat berbagai aktivitas yang dapat anda lakukan di Air Terjun Sendang Gile, antara lain:

Tracking ringan di perjalanan menuju Air Terjun Sendang Gile, karena anda akan melalui anak tangga yang memakan waktu hingga 20 menit.
Melalui lembah di sekitar pepohonan liar saat menuju air terjun.
Anda dapat melihat keanekaragaman hayati, seperti kupu-kupu, burung, ataupun tumbuhan hutan 
Jika sudah sampai air terjun, anda bisa bermain air, swafoto, atau menangkap pemandangan yang indah dengan kamera profesional

6. Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Anda bisa mengunjungi Air Terjun Sendang Gile dari jam 9 pagi hingga 3 sore. Untuk harga tiket masuk, sebesar Rp10  ribu per orang. 

Sekian ulasan mengenai hal-hal terkait Air Terjun Sendang Gile yang perlu anda ketahui, terdapat berbagai aktivitas dan pemandangan yang indah di sekitar air terjun ini.

Baca Juga: Rumah Adat Asli NTB, Ada Tempat Menyimpan Padi Hingga Rumah Raja

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya