Comscore Tracker

Pantai Pangsing: Info, Rute, & Lokasi

Destinasi wisata di Pulau Lombok

Lombok, IDN Times - Lombok Barat merupakan salah satu kabupaten yang berada di bawah wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan pusat kota di Kecamatan Gerung.

Pulau Lombok sendiri terdapat sejumlah kabupaten, di antaranya Lombok Timur, Lombok Utara, dan Lombok Tengah. Lombok sudah dikenal sebagai pulau 1000 masjid karena banyaknya masjid yang dibangun di atasnya. Namun kini saatnya menambah julukan lain untuk pulau eksotis ini, Pulau Seribu Pantai!

Tidak ada yang tahu keindahan garis pantai di pulau ini, pantai indah dan alami lainnya ditambahkan ke pulau pedas ini. Salah satunya adalah pantai indah Pantai Pangsing.

1. Lokasi wisata Pantai Pangsing

Pantai Pangsing berada di Dusun Pangsing Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Dari Mataram, dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat sekitar 2 jam perjalanan. 

Rutenya, Mataram menuju ke Gerung lalu ke Lembar dilanjutkan sampai ke Pertigaan Sekotong. Dari pertigaan itu, langsung belok ke kiri menuju arah Sepi dan Buwun Mas.  Sebelum SDN 1 Buwun Mas, ada tempat penyeberangan kapal nelayan ke menuju Pantai Pangsing.

Penyeberangan kapal membutuhkan waktu selama 15 menit saja. Penyeberangan ini adalah jalur alternatif, karena jika menggunakan jalan darat memakan waktu 45 menit dengan kondisi jalan rusak. 

2. Suasana pantai yang masih alami

Suasana Pantai Pangsing masih sangat alami, seperti Gili Air di Lombok Utara. Terdapat beberapa bangunan tempat tinggal dan sekolah serta mini resor, vila, dan penginapan bungalow milik warga negara Australia.

Menurut informasi dari warga sekitar pantai, bungalow disewakan kepada wisatawan dengan harga sekitar Rp800.000 hingga Rp850.000 per malam dengan fasilitas sarapan pagi dan bebas simpang dari Teluk Sepi/Buwun Mas.

Bungalo ini memiliki delapan kamar berbentuk paviliun, tetapi hanya sedikit yang disewakan karena pemiliknya menggunakannya sebagai rumah. Resor ini juga menawarkan paket menyelam bagi wisatawan. Sebagian besar wisatawan yang datang seharusnya hanya menyelam tanpa menginap. 

3. Destinasi wisata selam bagi wisatawan

Pantai Pangsing Indah, berbatasan langsung dengan Teluk Belongas dengan beberapa destinasi wisata selam yang sangat bagus. Dikelilingi oleh tanaman hijau dan bukit-bukit yang menjulang tinggi, pasir putih dan air yang jernih, mare undarum yang tenang menawarkan panorama alam yang benar-benar menakjubkan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kawasan Sekotong memiliki potensi wisata yang luar biasa selain potensi pertambangan emas. Banyak investor mulai melihat-lihat Sekotong dan menginvestasikan uang untuk membangun resor kelas dunia.

Jadi penasaran nih berwisata ke Lombok guys. 

Baca Juga: 8 Ternak di Lombok Mati Akibat Terjangkit Virus PMK 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya