Comscore Tracker

Mari Berwisata ke Air Terjun Timponan dengan Ketinggian 45 Meter

Air terjun eksotis yang menyegarkan

Salah satu pulau di Indonesia yang selalu dikunjungi untuk liburan panjang yaitu Pulau Lombok. Selain memiliki beragam wisata alam seperti gunung dan pantai, wisatawan juga bisa mengunjungi air terjun yang tidak kalah cantiknya, seperti Air Terjun Timponan.

Bagi yang berminat ke Air Terjun Timponan agar bisa merasakan suasana yang sejuk, Berikut beberapa hal yang harus diketahui sebelum berkunjung ke Air Terjun Timponan.

1. Ketinggian mencapai 45 meter

Mari Berwisata ke Air Terjun Timponan dengan Ketinggian 45 MeterAir Terjun Timponan

Saat tiba di Wisata Air Terjun Timponan, wisatawan akan melihat air terjun yang mengalir dari ketinggian 45 meter. Tebing yang berada di sekitar air terjun terdapat lumut, jadi terlihat eksotis.

Di sekitarnya juga terdapat pohon rindang yang memberikan suasana sejuk dan cocok bagi wisatawan yang ingin bersantai. Di bawah air terjun terdapat kolam kecil yang dapat digunakan untuk bermain air, sebab airnya terlihat bersih dan jernih.

2. Aktivitas

Mari Berwisata ke Air Terjun Timponan dengan Ketinggian 45 MeterAir Terjun Timponan

Terdapat beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Air Terjun Timponan agar membuat liburan terasa semakin menarik. Pengunjung bisa bermain air di kolam kecil yang terdapat di bawah air terjun, berswafoto di sekitar air terjun, dan menikmati pemandangan yang asri.

Selain itu, wisatawan juga akan melakukan tracking kecil untuk menuju ke Air Terjun Timponan, Jika berkunjung ke air terjun ini, pastikan dalam kondisi sehat. Sebab menuju air terjun ini akan melewati jalan yang licin dan sedikit jauh. Pengelola air terjun juga menyediakan tempat untuk berkemah di sekitar air terjun.

Baca Juga: Melihat Aneka Satwa di Lombok Wildlife Park

3. Rute menuju air terjun

Mari Berwisata ke Air Terjun Timponan dengan Ketinggian 45 MeterAir Terjun Timponan

Untuk menuju Air Terjun Timponan, pengunjung perlu melalui akses perjalanan yang cukup ekstrim. Sebab pengunjung akan melewati hutan yang dipenuhi dengan bebatuan yang cukup terjal dan licin, jadi pengunjung harus sangat berhati-hati.

Saat menuju ke air terjun, Anda akan melalui jalan menanjak, sempit, dan berdebu dengan menaiki sepeda motor. Setelah itu, pengunjung harus berjalan kaki hingga sekitar 5 km dengan melalui turunan yang terbilang cukup ekstrim.

Lokasi Air Terjun Timponan berada di Lingsar, Lombok Barat, NTB. Jika mengunjungi Air Terjun Timponan melalui Desa Narmada, maka jaraknya sekitar 15 km dan akan melewati Dusun Praba.

Untuk menuju lokasi air terjun dapat tempuh dengan menggunakan kendaraan, seperti mobil dan motor. Lalu mobil harus dipakirkan di tempat yang tersedia.

4. Fasilitas

Mari Berwisata ke Air Terjun Timponan dengan Ketinggian 45 MeterAir Terjun Timponan

Bagi Anda yang ingin memasuki lokasi air terjun, Hanya perlu membayar sekitar Rp.2.000 dan parkir mobil seharga Rp.2.000. Jika ingin menginap di homestay yang berada di Dusun Punikan Utara, pengunjung dapat membayar dengan harga mulai dari Rp.50.000.

Tersedia beberapa fasilitas yang cukup memadai bagi pengunjung saat ke Air Terjun Timponan, seperti terdapat warung untuk membeli makanan dan minuman ringan, toilet khusus pengunjung, dan tempat ganti baju.

Itulah ulasan mengenai beberapa hal terkait Air Terjun Timponan yang perlu Anda ketahui, terutama saat melalui rutenya yang ekstrim namun memiliki pemandangan alam yang asri dan indah. Serta pemandangan air terjun yang cukup indah dan dapat dinikmati sambil bersantai.

Baca Juga: Wow! Ini Air Terjun "Instagramable" yang Ada di Lombok

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya